KISI-KISI UJI KOMPENTENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
BIDANG KEAHLIAN: AKUNTANSI/KEUANGAN
TAHUN 2012
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
1. Menerapkan prinsip praktik
profesional dalam bekerja
1.1. Merencanakan penyelesaian pekerjaan
dengan mempertimbangkan keterbatasan
waktu dan sumber daya
1.1.1 Menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana
1.2. Mengelola kompetensi personal
1.2.1. Melakukan program pengembangan profesi
2. Menerapkan praktik-praktik
kesehatan dan keselamatan d
tempat kerja
2.1. Berpartisipasi dalam pengaturan
manajemen kesehatan dan keselamatan
kerja
2.1.1. Melakukan pencegahan kecelakaan kerja
2.2. Menerapkan praktik-praktik keselamatan
kerja
2.2.1. Memberikan Pertolongan pertama pada kecelakaan
3. Mengetahui pekerjaan akunt
3.1. Mengidentifikasi profesi akuntan
3.1.1. Membedakan tugas profesi akuntan
4. Mengerjakan persamaan das
akuntansi
4.1. Menelaah dasar-dasar akuntansi
4.1.1. Mengidentifikasi pihak-pihak yang membutuhkan
informasi akuntansi
4.2. Menganalisis transaksi dalam persamaan
dasar akuntansi
4.2.1. Mencatat hasil analisis transaksi ke dalam persamaan
dasar akuntansi
5. Mengelola dokumen transaks
5.1. Memproses dokumen transaksi
5.1.1. Mengidentifikasi bukti transaksi
5.2. Memverifikasi dokumen transaksi
5.2.1. Menganalisis transaksi keuangan
6. Memproses entri jurnal
6.1. Memeriksa dokumen sumber
6.1.1. Mengidentifikasi dokumen sumber
6.2. Mencatat dokumen ke dalam jurnal dan
buku pembantu
6.2.1. Mencatat transaksi dalam jurnal Umum
6.2.2. Mencatat transaksi dalam jurnal khusus
6.2.3. Membuat jurnal pengembalian barang dagang
6.2.4. Mencatat transaksi dalam buku pembantu
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
7. Memproses buku besar
7.1. Membukukan jurnal ke buku besar
7.1.1. Memposting jurnal ke buku besar
8. Membuat jurnal koreksi
8.1. Membuat jurnakkoreksi
8.1.1. Membuat jurnal koreksi kesalahan
9. Menyusun neraca saldo
9.1. Menyusun neraca saldo
9.1.1. Menyusun neraca saldo
10. Menyusun Laporan
Keuangan
10.1. Membukukan jurnal penyesuaian
10.1.1. Membuat jurnal penyesuaian
10.2. Menyajikan laporan keuangan
10.2.1. Mennyusun laporan laba-rugi
10.2.2. Menyusun laporan neraca
10.2.3. Menyusun laporan perubahan ekuitas
10.2.4. Menyusun laporan arus kas
10.3. Membukukan jurnal penutup
10.3.1. Mengidentikasi akun yang memerlukan jurnal penutup
10.3.2. Menjelaskan fungsi jurnal penutup
10.3.3. Membuat jurnal penutup
10.4. Menyusun daftar saldo akun setelah
penutupan
10.4.1. Menyusun neraca saldo setelah jurnal penutup
11. Memproses dokumen
Dana kas kecil
11.1. Menghitung mutasi dana kas kecil
8.1.1. Menghitung pemakaian dana kas kecil
12. Memproses dokumen
dana kas di bank
12.1. Menyusun laporan rekonsiliasi bank
12.1.1. Menganalisis penyebab selisih rekening koran bank
dengan catatan perusahaan
12.1.2. Menyusun rekonsiliasi bank
13. Mengelola Kartu piutang
13.1. Mempersiapkan pengelolaan kartu piutang
13.1.1. Menjelaskan fungsi kartu piutang
13.2. Membukukan mutasi piutang ke kartu
piutang
13.2.1. Mengidentifikasi umur piutang
13.3. Menyusun laporan piutang
13.3.1. Mencatat mutasi dari kartu piutang
14. Mengelola Kartu utang
14.1. Mempersiapkan pengelolaan kartu utang
14.1.1. Menjelaskan fungsi kartu utang
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
15. Mengelola Kartu Persediaa
15.1. Membukukan mutasi persediaan ke kartu
persediaan
15.1.1. Menjelaskan fungsi kartu persediaan
16. Mengelola kartu aset teta
16.1. Mengidentifikasi penyusutan dan
akumulasi penyusutan aset tetap
16.1.1. Menghitung harga perolehan aset tetap
16.2. Membukukan mutasi penyusutan dan
akumulasi penyusutan aset tetap
16.2.1. Menghitung penyusutan aset tetap
17. Menyajikan laporan
harga pokok produk
17.1. Menghitung pembebanan biaya
17.1.1. Menghitung harga produk
18. Menyiapkan surat
pemberitahuan pajak
18.1. Menyajikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak
Orang Pribadi
18.1.1. Menghitung PPh orang pribadi
18.2. Menghitung jumlah pajak kurang bayar
18.2.1. Menghitung Pph kurang bayar
18.3. Menyajikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak
Badan
18.3.1. Menganalisis laporan keuangan fiskal
18.3.2. Menghitung PPh Badan yang kurang bayar
18.4. Menyajikan SPT Masa pajak pertambahan
nilai (PPN) dan pajak penjualan atas
barang mewah (PPn-BM)
18.4.1. Menjelaskan obyek PPN dan PPn BM
18.4.2. Menyiapkan dokumen sumber PPN dan PPn BM
16. Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip
pembelajaran untuk mata
pelajaran akuntansi
16.1. Mengidentifikasi berbagai teori belajar
dan prinsip pembelajaran yang sesuai
dengan mata pelajaran akuntansi
16.1.1 Memilih teori pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran akuntansi
16.1.2 Menerapkan pembelajaran kreatif dan inovatif yang
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi
17. Memahami berbagai model,
strategi, pendekatan, dan
teknik pembelajaran mata
pelajaran akuntansi
17.1. Mengidentifikasi model, strategi,
pendekatan, dan teknik pembelajaran yang
sesuai dengan mata pelajaran akuntansi
17.1.1. Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan mata pelajaran akuntansi
17.1.2. Memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan mata pelajaran akuntansi
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
17.1.3. Memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan mata pelajaran akuntansi
17.1.4.Memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
mata pelajaran akuntansi
18. Merancang perangkat
pembelajaran mata pelajaran
akuntansi
18.1. Mengembangkan silabus mata pelajaran
akuntansi
18.1.1 Merumuskan tujuan pembelajaran mata pelajaran
akuntansi
18.1.2 Menyusun materi ajar mata pelajaran akuntansi
18.1.3 Menentukan alokasi waktu
18.1.4 Memilih sumber belajar akuntansi
18.1.5 Menentukan indikator pencapaian kompetensi
18.1.6 Memilih kegiatan pembelajaran
18.2. Menyusun RPP akuntansi
18.2.1 Merumuskan standar kompetensi mata pelajaran
akuntansi
18.2.2 Merumuskan kompetensi dasar sesuai dengan standar
kompetensi
18.2.3 Merumuskan indikator pembelajaran sesuai dengan
kompetensi dasar
18.2.4 Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan
indikator
18.2.5 M enetapkan pengalaman belajar sesuai life skill
18.2.6. Menggunakan model pembelajaran
18.2.7 Memilih metode pembelajaran kontekstual
18.2.8 Mengembangkan media/alat pembelajaran akuntansi
18.2.9 Menciptakan suasana pembelajaran untuk mencapai
kompetensi
19. Melaksanakan kegiatan
19.1. Melaksanakan kegiatan awal
19.1.1 Memotivasi siawa untuk belajar akuntansi
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
pembelajaran
pembelajaran
19.1.2 Melakukan kegiatan apersepsi
19.2. Melaksanakan kegiatan inti pembelajaran
19.2.1 Melaksanakan pembelajaran kontekstual
19.3. Melaksanakan kegiatan akhir
pembelajaran
19.3.1 Merefleksi kegiatan pembelajaran
19.3.2 Merangkum materi pembelajaran
20. Melakukan Evaluasi
Pembelajaran
20.1. Menentukan bentuk instrumen penilaian
20.1.1 Menyusun instrumen penilaian hasil pembelajaran
20.2. Melaksanakan penilaian hasil belajar
20.2.1 Mengukur tingkat ketuntasan hasil belajar siswa
20.3. Melaksanakan program
remedi dan pengayaan.
20.3.1 Melakukan program remedi untuk siswa yang belum
tuntas belajar
20.3.2 Melakukan program pengayaan untuk siswa yang
mencapai ketuntasan minimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar