DAFTAR BERITA

Senin, 13 Februari 2012

KISI-KISI UJI KOMPENTENSI AWAL AKUNTANSI/KEUANGAN



KISI-KISI UJI KOMPENTENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

BIDANG KEAHLIAN: AKUNTANSI/KEUANGAN

TAHUN 2012



Kompetensi Inti Guru

(Standar Kompetensi)

Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)

Indikator Esensial

1. Menerapkan prinsip praktik
profesional dalam bekerja


1.1. Merencanakan penyelesaian pekerjaan
dengan mempertimbangkan keterbatasan
waktu dan sumber daya




1.1.1 Menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana








1.2. Mengelola kompetensi personal




1.2.1. Melakukan program pengembangan profesi






2. Menerapkan praktik-praktik
kesehatan dan keselamatan d
tempat kerja


2.1. Berpartisipasi dalam pengaturan
manajemen kesehatan dan keselamatan
kerja




2.1.1. Melakukan pencegahan kecelakaan kerja








2.2. Menerapkan praktik-praktik keselamatan
kerja




2.2.1. Memberikan Pertolongan pertama pada kecelakaan






3. Mengetahui pekerjaan akunt


3.1. Mengidentifikasi profesi akuntan




3.1.1. Membedakan tugas profesi akuntan






4. Mengerjakan persamaan das
akuntansi


4.1. Menelaah dasar-dasar akuntansi




4.1.1. Mengidentifikasi pihak-pihak yang membutuhkan
informasi akuntansi












4.2. Menganalisis transaksi dalam persamaan
dasar akuntansi




4.2.1. Mencatat hasil analisis transaksi ke dalam persamaan
dasar akuntansi






5. Mengelola dokumen transaks


5.1. Memproses dokumen transaksi




5.1.1. Mengidentifikasi bukti transaksi








5.2. Memverifikasi dokumen transaksi




5.2.1. Menganalisis transaksi keuangan






6. Memproses entri jurnal


6.1. Memeriksa dokumen sumber




6.1.1. Mengidentifikasi dokumen sumber








6.2. Mencatat dokumen ke dalam jurnal dan
buku pembantu




6.2.1. Mencatat transaksi dalam jurnal Umum






6.2.2. Mencatat transaksi dalam jurnal khusus






6.2.3. Membuat jurnal pengembalian barang dagang






6.2.4. Mencatat transaksi dalam buku pembantu













Kompetensi Inti Guru

(Standar Kompetensi)

Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)

Indikator Esensial



7. Memproses buku besar


7.1. Membukukan jurnal ke buku besar




7.1.1. Memposting jurnal ke buku besar






8. Membuat jurnal koreksi


8.1. Membuat jurnakkoreksi




8.1.1. Membuat jurnal koreksi kesalahan






9. Menyusun neraca saldo


9.1. Menyusun neraca saldo




9.1.1. Menyusun neraca saldo






10. Menyusun Laporan
Keuangan


10.1. Membukukan jurnal penyesuaian




10.1.1. Membuat jurnal penyesuaian






10.2. Menyajikan laporan keuangan




10.2.1. Mennyusun laporan laba-rugi






10.2.2. Menyusun laporan neraca






10.2.3. Menyusun laporan perubahan ekuitas






10.2.4. Menyusun laporan arus kas






10.3. Membukukan jurnal penutup




10.3.1. Mengidentikasi akun yang memerlukan jurnal penutup






10.3.2. Menjelaskan fungsi jurnal penutup






10.3.3. Membuat jurnal penutup






10.4. Menyusun daftar saldo akun setelah
penutupan




10.4.1. Menyusun neraca saldo setelah jurnal penutup






11. Memproses dokumen


Dana kas kecil

11.1. Menghitung mutasi dana kas kecil

8.1.1. Menghitung pemakaian dana kas kecil

12. Memproses dokumen
dana kas di bank


12.1. Menyusun laporan rekonsiliasi bank




12.1.1. Menganalisis penyebab selisih rekening koran bank
dengan catatan perusahaan






12.1.2. Menyusun rekonsiliasi bank






13. Mengelola Kartu piutang


13.1. Mempersiapkan pengelolaan kartu piutang




13.1.1. Menjelaskan fungsi kartu piutang








13.2. Membukukan mutasi piutang ke kartu
piutang




13.2.1. Mengidentifikasi umur piutang








13.3. Menyusun laporan piutang




13.3.1. Mencatat mutasi dari kartu piutang






14. Mengelola Kartu utang


14.1. Mempersiapkan pengelolaan kartu utang




14.1.1. Menjelaskan fungsi kartu utang









Kompetensi Inti Guru

(Standar Kompetensi)

Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)

Indikator Esensial



15. Mengelola Kartu Persediaa


15.1. Membukukan mutasi persediaan ke kartu
persediaan




15.1.1. Menjelaskan fungsi kartu persediaan






16. Mengelola kartu aset teta


16.1. Mengidentifikasi penyusutan dan
akumulasi penyusutan aset tetap




16.1.1. Menghitung harga perolehan aset tetap










16.2. Membukukan mutasi penyusutan dan
akumulasi penyusutan aset tetap




16.2.1. Menghitung penyusutan aset tetap






17. Menyajikan laporan


 harga pokok produk

17.1. Menghitung pembebanan biaya




17.1.1. Menghitung harga produk








18. Menyiapkan surat
pemberitahuan pajak


18.1. Menyajikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak
Orang Pribadi




18.1.1. Menghitung PPh orang pribadi






18.2. Menghitung jumlah pajak kurang bayar




18.2.1. Menghitung Pph kurang bayar






18.3. Menyajikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak
Badan




18.3.1. Menganalisis laporan keuangan fiskal








18.3.2. Menghitung PPh Badan yang kurang bayar






18.4. Menyajikan SPT Masa pajak pertambahan
nilai (PPN) dan pajak penjualan atas
barang mewah (PPn-BM)




18.4.1. Menjelaskan obyek PPN dan PPn BM






18.4.2. Menyiapkan dokumen sumber PPN dan PPn BM






16. Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip
pembelajaran untuk mata
pelajaran akuntansi


16.1. Mengidentifikasi berbagai teori belajar
dan prinsip pembelajaran yang sesuai
dengan mata pelajaran akuntansi

16.1.1 Memilih teori pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran akuntansi

16.1.2 Menerapkan pembelajaran kreatif dan inovatif yang
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran akuntansi

17. Memahami berbagai model,
strategi, pendekatan, dan
teknik pembelajaran mata
pelajaran akuntansi


17.1. Mengidentifikasi model, strategi,
pendekatan, dan teknik pembelajaran yang
sesuai dengan mata pelajaran akuntansi

17.1.1. Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan mata pelajaran akuntansi

17.1.2. Memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan mata pelajaran akuntansi




Kompetensi Inti Guru

(Standar Kompetensi)

Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)

Indikator Esensial



17.1.3. Memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan mata pelajaran akuntansi

17.1.4.Memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
mata pelajaran akuntansi

18. Merancang perangkat
pembelajaran mata pelajaran
akuntansi


18.1. Mengembangkan silabus mata pelajaran
akuntansi




18.1.1 Merumuskan tujuan pembelajaran mata pelajaran
akuntansi

18.1.2 Menyusun materi ajar mata pelajaran akuntansi

18.1.3 Menentukan alokasi waktu

18.1.4 Memilih sumber belajar akuntansi

18.1.5 Menentukan indikator pencapaian kompetensi

18.1.6 Memilih kegiatan pembelajaran

18.2. Menyusun RPP akuntansi

18.2.1 Merumuskan standar kompetensi mata pelajaran
akuntansi

18.2.2 Merumuskan kompetensi dasar sesuai dengan standar
kompetensi





18.2.3 Merumuskan indikator pembelajaran sesuai dengan
kompetensi dasar

18.2.4 Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan
indikator

18.2.5 M enetapkan pengalaman belajar sesuai life skill

18.2.6. Menggunakan model pembelajaran

18.2.7 Memilih metode pembelajaran kontekstual

18.2.8 Mengembangkan media/alat pembelajaran akuntansi

18.2.9 Menciptakan suasana pembelajaran untuk mencapai
kompetensi

19. Melaksanakan kegiatan


19.1. Melaksanakan kegiatan awal

19.1.1 Memotivasi siawa untuk belajar akuntansi




Kompetensi Inti Guru

(Standar Kompetensi)

Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar)

Indikator Esensial



pembelajaran


pembelajaran

19.1.2 Melakukan kegiatan apersepsi

19.2. Melaksanakan kegiatan inti pembelajaran

19.2.1 Melaksanakan pembelajaran kontekstual

19.3. Melaksanakan kegiatan akhir
pembelajaran

19.3.1 Merefleksi kegiatan pembelajaran

19.3.2 Merangkum materi pembelajaran

20. Melakukan Evaluasi
Pembelajaran


20.1. Menentukan bentuk instrumen penilaian

20.1.1 Menyusun instrumen penilaian hasil pembelajaran

20.2. Melaksanakan penilaian hasil belajar

20.2.1 Mengukur tingkat ketuntasan hasil belajar siswa

20.3. Melaksanakan program

 remedi dan pengayaan.

20.3.1 Melakukan program remedi untuk siswa yang belum
tuntas belajar

20.3.2 Melakukan program pengayaan untuk siswa yang
mencapai ketuntasan minimal











Tidak ada komentar: