DAFTAR BERITA

Selasa, 07 Februari 2012

KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI GURU KELAS SD


KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifNomor
Butir
SoalC2C3C4C5C6KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG BAHASA INDONESIA1Menguasai substansi
dan metodologi dasar
keilmuan bahasa
Indonesia yang
mendukung
1.1Memilih, menata, dan
merepresentasi materi
ajar bahasa Indonesia SD
berdasarkan
pemahaman tentang
1.1.1Menganalisis karakteristik perkembangan
bahasa anak usia SDvv11.1.2Memilih materi ajar aspek membaca di
kelas rendah SD.
v21.1.3Memilih materi ajar aspek menulis di
kelas tinggi SD.
v31.2Merencanakan,
melaksanakan,
mengorganisasi, dan
1.2.1Memilih berbagai metode pembelajaran
menulis permulaan yang dapat
mengembangkan kemampuan dan
v41.2.2Merancang berbagai kegiatan menulis di
kelas tinggi yang dapat meningkatkan
kemampuan menulis dan berpikir siswa.
v51.2.3Memperjelas perencanaan dan
pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam
pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
v6


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C61.3Menampilkan
keterampilam berbahasa
(mendengarkan,
berbicara, membaca,
1.3.1Merumuskan hakikat (pengertian, tujuan,
jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis.
vv7, 81.3.2Menemukan isi atau pesan pokok wacana
lisan monolog dan dialog dalam kehidupan
sehari-hari, seperti berita, pidato.
vv9, 101.3.3Menemukan isi atau pesan pokok dalam
wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi.
vv11, 121.3.4Membandingkan berbagai jenis wacana
bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).
v131.3.5Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan
surat.
vv14, 151.4Mengkreasikan apresiasi
sastra Indonesia yang
1.4.1Menganalisis unsur intrinksik dan
ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra
vv16, 171.4.2Menyusun langkah-langkah membuat
parafrase puisi ke prosa.
v181.4.3Menilai prosav19


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C61.4.4Mengapresiasi drama.v20


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C6KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG PKn2Memiliki kompetensi
pedagogik
pembelajaran PKn2.1Penilaian proses belajar
PKn.
2.1.1Merumuskan proses belajar PKn tentang
konsep kejujuranv212.1.2Membuat tes proses pembelajaran tentang
sikap nasionalismev222.2Menilai berbagai norma
dalam kehidupan.
2.2.1Membuat contoh sangsi pelanggaran
norma yang berlaku di sekolahv23, 242.3Merumuskan prinsip-
prinsip demokrasi dan
ktik dki di
2.3.1Menelaah prinsip-prinsip demokrasi. v25, 262.3.2Mengkategorikan Peraturan perundang-
undangan di tingkat pusat dan daerah.
v27, 28,
292.4Mempertahankan
Pancasila sebagai dasar
negara.
2.4.1Mengemukakan sejarah terbentuknya
Pancasila sebagai pandangan hidup dan
sejarah Pancasila sebagai dasar negara.
v30, 312.4.2Menyimpulkan nilai-nilai Pancasila,sebagai
idiologi negara.
v32, 33


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C62.5Merumuskan nilai-nilai
nasionalisme.
2.5.1Menganalisis pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
v342.5.2Menelaah bentuk-bentuk manifestasi
nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
v352.6Membagankan sistem
pemerintahan
kabupaten, kota,
provinsi, dan pusat.
2.6.1Menelaah setiap lembaga-lembaga
pemerintahan di tingkat desa,
kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.
v36, 372.6.2Menelaah sistem pemilu dan pilkada yang
ada di Indonesia.
v38, 392.7Merumuskan prinsip
dan praktik politik luar
negeri Indonesia2.7.1Menelaah prinsip politik luar negeri dan
dalam negeri ASEAN.
v40


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C6KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG MATEMATIKA3Menguasai
kompetensi
pedagogik
pembelajaran
matematika SD/MI3.1Menguasai prinsip, teori
dan strategi
pembelajaran serta
teknik asesmen yang
tepat pada
pembelajaran
matematika3.1.1Merancang aktivitas pembelajaran
berdasarkan prinsip dan teori
pembelajaran matematikaÖ413.1.2Merancang pembelajaran matematika yang
menggunakan gradasi mulai representasi
kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa
dapat mengkonstruksi pengetahuan
Ö423.1.3Memilih media pembelajaran yang tepat
untuk pembelajaran operasi bilangan bulatÖ433.1.4Memilih media pembelajaran yang tepat
untuk pembelajaran operasi bilangan
pecahanÖ443.1.5Mengombinasikan beragam strategi
pembelajaran matematika untuk mencapai
tj blj
Ö453.1.6Memilih media pembelajaran yang tepat
untuk pembelajaran geometri dan
pengukuranÖ464Menguasai konsep
dan metode keilmuan
matematika yang
4.1Menguasai konsep
bilangan, operasi,
algoritma, dan sifat-sifat
4.1.1Menganalisis dan menerapkan urutan
operasi pada bilangan bulatÖ47


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C64.1.2Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sifat distribusi bilangan bulatÖ484.2Menguasai konsep
bilangan, operasi,
algoritma dan sifatsifat
4.2.1Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat
urutan bilangan pecahanÖ494.2.2Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan pecahanÖ504.2.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan/rasioÖ514.3Menguasai konsep
relasi, fungsi dan
penalaran dalam
ttik4.2.1Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pola bilanganÖ524.2.2Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan persamaan yang memuat
variabel.
Ö534.4Menguasi konsep dan
prinsip dalam geometri
dan pengukuran4.3.1Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat
segiempatÖ544.3.2Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat
kesejajaran garis-garisÖ55


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C64.3.3Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan waktu, jarak, dan kecepatanÖ56


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C64.5Menguasai konsep
probabilitas dan
4.4.1Menyajikan data dalam bentuk diagramÖ594.4.2Memecahkan masalah berkaiatan dengan
rara-rata
Ö60KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG IPA5Menguasai
kompetensi
pedagogik
pembelajaran IPA
SD/MI5.1Merancang
pembelajaran IPA sesuai
dengan karakteristik
peserta didik dan materi5.1.2Merumuskan tujuan pembelajaran (proses,
produk, dan sikap) sifat benda padat, cair
dan gas sesuai dengan karakteristik peserta
didik dan materi ajarv615.1.3Merancang kegiatan pembelajaran IPA
melalui penyelidikan ilmiah agar siswa
dapat mengkonstruksi pengetahuan IPAv625.1.4Mengkombinasikan beragam pendekatan/
strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA
untuk mencapai tujuan pembelajaran
(produk, proses, dan sikap ilmiahv63


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C65.1.5Menggabungkan beragam asessmen dalam
mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA
(produk, proses, dan sikap ilmiah)
v646Menguasai struktur,
konsep, dan metode
keilmuan IPA SD / MI6.2Menafsirkan struktur,
fungsi dan sistem
pengangkutan pada
tumbuhan6.2.1Menganalisis proses-proses fotosintesis
pada tumbuhanv656.2.2Menyimpulkan macam-macam
pengangkutan pada tumbuhanv666.2.3Menggambarkan hubungan manusia,
lingkungan dan pemeliharaannyav676.3Menafsirkan organ,
fungsi, dan sistem pada
sistem tubuh hewan dan
manusia6.3.1Menganalisis gangguan-gangguan
pencernaan makanan pada manusiav686.3.2Menganalisis kelainan dan gangguan pada
sistem pernapasan manusiav696.3.3Mengabstraksi ciri hewan invertebrata v706.4Membandingkan
besaran dan dan satuan6.4.1Memilih alat ukur sesuai dengan besaran
yang diukurv71


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C66.5Mengkategorikan materi
dan perubahannya6.5.1Mengkategorikan penyebab perubahan
sifat benda.
v726.6Memecahkan
permasalahan energi
dan perubahannya6.6.1Menganalisis sifat-sifat cahayav736.6.2Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan
kemagnetanv746.6.3Menganalisis jenis-jenis gaya dalam
kehidupan sehari-hariv756.6.4Memprediksi peristiwa pemuaian dalam
kehidupan sehari-hariv766.6.5Menganalisis peran kalor dalam mengubah
suhu benda.
v776.7Menganalisis fenomena-
fenomena bumi dan
alam semesta6.7.1Mengelompokkan planet-planet dalam tata
suryav786.7.2Menganalisis proses terjadinya tata suryav796.7.3Mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi.v80


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C6KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG IPS7Menguasai
kompetensi
profesional
pembelajar IPS7.1Menguasai lingkup dan
struktur IPS7.1.1Membandingkan fakta, konsep,
generalisasi dalam pembelajaran IPSvv81, 827.2Menguasai sejarah
kenampakan bentang
alam, gejala alam, dan
pemanfaatan SDA untuk
menciptakan kehidupan
yang sejahtera dan
harmonis dalam
kehidupan7.2.1Menganalisis sejarah kenampakan alam,
serta hubungannya dengan keragaman
sosial budayavv83, 847.2.2Merumuskan pemanfaatan dan
pemeliharaan SDA untuk menciptakan
kehidupan yang sejahtera dan harmonis
vv85, 867.2.3Mengaitkan penyebab terjadinya gejala-
gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana
alam serta usaha-usaha untuk
vv87, 887.2.4Memerinci ciri-ciri kehidupan yang
sejahtera dan harmonisv89


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C67.3Menganalisis proses
globalisasi dan kerja
sama ekonomi luar
Indonesia7.3.1Menganalisis peran bangsa Indonesia pada
era globalv90, 91


Nomor
Butir
SoalNo.Standar KompetensiKompetensi DasarIndikator EsensialJenjang KognitifC2C3C4C5C67.3.2Menentukan peran Indonesia dalam
kerjasama ekonomi internasionalv927.4Menganalisis berbagai
aktivitas ekonomi dan
peran uang dalam
perekonomian7.4.1Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi
dalam masyarakatv937.4.2Menentukan peran uang dalam
perekonomianv948Memiliki kompetensi
pedagogik
pembelajaran IPS8.1Mengembangkan
kurikulum mata
pelajaran IPS8.1.1Menyesuaikan materi pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran IPSv958.2Menyelenggarakan
pembelajaran IPS yang
mendidik8.2.1Merencanakan media pembelajaran sesuai
karakteristik peserta didik untuk mencapai
tujuan pembelajaran IPSvv96, 978.3Menyelenggarakan
penilaian proses dan

hasil belajar IPS8.3.1Memilih prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar IPSv988.3.2Memilih prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar IPSvv99,
100