DAFTAR BERITA

Rabu, 01 Juli 2015

Korban Jiwa Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan Capai 142



Jumlah korban tewas dari kecelakaan pesawat Hercules di Medan mencapai lebih dari 142 orang, Rabu (1/7), menunjukkan semakin banyaknya korban dari daerah tempat pesawat jatuh.



Humas RSUP Adam Malik Medan, Sairi Boru Saragih kepada Antara mengatakan informasi terkini sebanyak 142 korban tewas telah dievakuasi ke RSUP Adam Malik dari lokasi reruntuhan pesawat Hercules di Jalan Djamin Ginting Medan.




Sementara petugas tim DVI Polri dilaporkan telah berhasil mengidentifikasi 59 jenazah korban pesawat angkut militer yang jatuh di Medan pada Selasa sekitar pukul 12.00 WIB, yang juga menimpa beberapa kendaraan dan bangunan rumah toko. Suasana di halaman RSUP Adam Malik tampak diwarnai isak tangis dari para keluarga korban yang menunggu hasil identifikasi.




Pihak Angkatan Udara mengatakan ada 122 orang di pesawat termasuk personel militer dan keluarga mereka.


INFO TABAGSEL.com-Jatuhnya pesawat tersebut, yang telah dipakai sejak 1964, terjadi hanya dua menit setelah lepas landas dari pangkalan udara Soewondo di Medan. Para saksi mengatakan pesawat tampak meledak tak lama sebelum menghantam rumah-rumah dan sebuah hotel.

Asap hitam membubung dari puing-puing pesawat, dan warga yang berkerumun awalnya menghalangi layanan darurat.

“Kami telah menggunakan peralatan berat untuk membersihkan puing-puing pesawat,” ujar Romali, kepala Badan SAR Medan.

“Kami masih mengevakuasi jenazah dari puing-puing dan kami harap dapat menyelesaikan operasi malam ini.”

Daftar yang tersedia menunjukkan ada 50 orang di pesawat yang akan terbang dari Medan ke Kepulauan Natuna itu, menurut Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol. Eko Hadi Sutedjo, namun jumlah sebenarnya lebih dari itu. Pesawat sebelumnya terbang dari Jakarta dan berhenti di dua lokasi sebelum tiba di Medan.

Pilot dilaporkan memberitahukan menara pengawas bahwa pesawat akan kembali karena masalah mesin.

“Pesawat melintas beberapa kali di atas, sangat rendah,” ujar Elfrida Efi, resepsionis di Hotel Golden Eleven.

“Lalu ada api dan asap hitam. Ketiga kalinya melintas pesawat jatuh ke atap hotel dan langsung meledak,” ujarnya lewat telepon.

Tidak ada komentar: