DAFTAR BERITA

Senin, 29 Juni 2015

Daftar 12 PTS Miliki Izin di Padangsidempuan



INFO TABAGSEL.com-Memasuki tahun akademik 2015/2016, masyarakat diminta harus selektif dan jeli dalam memilih perguruan tinggi swasta (PTS) yang legal (sah), sehingga calon mahasiswa tidak dirugikan.
 

Menyikapi hal itu, Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumatera Utara Prof Dian Armanto MPd MA MSc PhD mengimbau masyarakat agar mewaspadai PTS yang tak berizin.
 
Menurut Dian Armanto, PTS yang dapat menyelenggarakan pendidikan adalah yang telah memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, memiliki data dosen dan mahasiswa yang terdaftar dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi yang dapat dilihat pada laman www.kopertis1.or.id atau www.forlap.dikti.go.id.
 
“Jadi jika ada lembaga yang menyelenggarakan perkuliahan di luar PTS yang namanya tidak terdaftar di PDPT, maka dipastikan PTS tersebut ilegal,” tegasnya. Dian juga mengingatkan untuk tidak masuk di PTS yang menyelenggarakan pendidikan kelas jauh karena hal itu melanggar ketentuan penyelenggaraan pendidikan tinggi.
 
Dijelaskannya, ijazah yang dikeluarkan PTS ilegal (tak punya ijin) tidak mempunyai civil effect untuk digunakan dalam pengangkatan calon pegawai negeri sipil dan pembinaan jenjang karir/ penyetaraan bagi pegawai negeri atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
 
Berdasarkan data dari www.forlap.dikti.go.id saat ini jumlah PTS yang terdaftar di lingkungan Kopertis Wilayah I Sumut per 23 Juni 2015 sebanyak 272. Dari jumlah tersebut tercatat 247 PTS yang aktif dan 25 non aktif.
 
Dari kedua kategori tersebut di antaranya 13 PTS masuk dalam daftar binaan.
Berikut nama-nama 12 PTS yang memiliki izin penyelenggaraan program studi dan yang aktif di Kota Padangsidimpuan:


  1. Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  2. Universitas Graha Nusantara
  3. STKIP Tapanuli Selatan
  4. Sekolah Tinggi Pertanian Benteng Huraba
  5. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y P Kampus
  6. STIKES Aufa Royhan
  7. STIKES Syuhada di Padangsidimpuan
  8. STIKES Darmais Padangsidimpuan
  9. Akademi Kebidanan Sentral
  10. Akademi Kebidanan Matorkis
  11. Akademi Kebidanan Mitra Syuhada Padangsidimpuan
  12. Akademi Kebidanan Darmais Padangsidimpuan

Tidak ada komentar: