DAFTAR BERITA

Rabu, 24 Juni 2015

Antisipasi Virus Flu Burung,Kandang Ayam Disemprot



 
Petugas dari Disnakan Kabupaten Paluta saat melakukan penyemprotan massal kandang ternak ayam milik warga.(Foto:Analisa/tohong p harahap)

INFO TABAGSEL.com-Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan penyemprotan secara massal kandang ternak ayam warga di wilayah Paluta dengan menggunakan disinfektan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya virus flu burung pada pergantian musim yang terjadi pada saat ini.

Pelaksanaannya dimulai dari Senin (22/6) hingga 30 Juni 2015 mendatang.Demikian disampaikan Kepala Disnakan Kabupaten Paluta, Mara Bangun Harahap, Selasa (23/6).

Dikatakan, pihaknya melakukan penyemrotan obat anti flu burung ini, untuk mengantisipasi penyebaran dari virus-virus avian influenza atau yang lebih dikenalnya dengan nama Flu Burung demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, makanya Disnakan melakukan penyemprotan ini.

Penyebaran virus Avian Influenza ini, lanjutnya, menyebar melalui burung-burung, kemudian virus menyebarkan melalui kotoran di segala tempat.

Karena pergantian dari musim ke musim begitu cepat dikhawatirkan virus itu akan cepat berkembang biak.

Menurutnya, penyemprotan ini dilakukan bukan karena adanya laporan dari warga atau ditemukannya ternak ayam warga yang terserang virus atau mati mendadak, namun penyemperotan ini dilakukan untuk langkah dini dalam mengantisipasi terjadinya penyakit flu burung pada pergantian musim yang terjadi saat ini. “Wilayah Paluta saat ini sudah memasuki musim kemarau, jadi pihak kita segera melakukan langkah untuk mengantisipasi timbulnya beberapa penyakit pada pergantian musim ini,” pungkasnya.

Tidak ada komentar: