DAFTAR BERITA

Rabu, 13 Mei 2015

Soal Seleksi PNS, Menteri Yuddy: Anak Presiden Saja Tak Ada Dispensasi

INFO TABAGSEL.com-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menegaskan setiap orang yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) mesti melewati tes seleksi. Hal ini juga berlaku untuk tenaga honorer kategori 1 (K1) dan ketegori 2 (K2).

"Semua pakai tes. Sekarang ini tak boleh ada pengangkatan pegawai pemerintah tanpa seleksi. Semua mesti menggunakan seleksi," kata Yuddy di kantor Kementerian PAN-RB, Jl Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/5/2015).

Dia memberikan jaminan jika proses seleksi untuk menjadi PNS cukup ketat. Seleksi ini untuk menjadi acuan jika calon PNS benar berkualitas sehingga lepas dari unsur kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN).

"Ya pasti (bebas dari KKN)," sebut politisi Hanura itu.

Yuddy pun coba mengingatkan kejadian putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu yang gagal lulus seleksi calon PNS. Artinya, kata dia, sistem seleksi yang bebas unsur KKN juga berlaku untuk orang lain. "Putri Pak Jokowi yang angkanya kurang 15 poin, tidak boleh diluluskan. Apalagi anak-anak lain? Anak presiden saja tak ada dispensasi," sebutnya.