DAFTAR BERITA

Jumat, 01 Mei 2015

Ribuan buruh mengawali aksi di Bundaran HI

 
Para pekerja memperingati Hari Buruh Internasional dengan melakukan unjuk rasa.(ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

INFO TABAGSEl.comRibuan buruh dari berbagai serikat pekerja memulai aksi untuk memperingati Hari Buruh Internasional di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Jumat pagi.

Pukul 09.00 WIB, para buruh yang antara lain berasal dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Nasional (SPN), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) sudah berkumpul di Bundaran HI.

Para buruh yang mengenakan pakaian seragam serikat pekerja datang ke kawasan Bundaran HI menggunakan puluhan bus dan membawa umbul-umbul.

Mereka membawa spanduk-spanduk yang antara lain berisi penolakan terhadap swastanisasi badan usaha milik negara, penjajahan gaya baru, upah murah, dan kenaikan harga serta tuntutan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat.

Dalam aksinya, para buruh juga melengkapi diri dengan puluhan sepeda motor dan beberapa mobil truk dan pikap. Mereka menutup jalur bus Transjakarta jurusan Kota-Blok M dan sebaliknya.

Selain berorasi, para buruh memutar lagu-lagu perjuangan menggunakan pengeras suara.

Puluhan polisi terlihat berjaga di pinggir jalan sambil memantau pergerakan buruh bersama warga yang datang untuk melihat peringatan May Day.