DAFTAR BERITA

Sabtu, 16 Mei 2015

Jepang Ingin Eratkan Hubungan dengan Sumut

INFO TABAGSEL.com-Pemerintah Jepang menegaskan tetap berkeinginan kuat untuk meningkatkan hubungan baik dan kerja sama dengan Provinsi Sumatera Utara dalam semua bidang mulai investasi hingga pendidikan.

“Hubungan baik antara Jepang dan Indonesia selama ini diupayakan terus ditingkatkan termasuk dengan Pemerintah Provinsi Sumut sebagai salah satu daerah besar dan potensial di Indonesia,” kata Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Kota Medan Hirofumi Morikawa di Medan, Jumat.

Dia mengatakan itu saat melakukan silaturrahim dengan Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho.

Menurut Hirofumi yang baru saja ditugaskan di Medan, sebagai pejabat baru dia berkomitmen untk meningkatkan hubungan baik yang selama ini sudah terbina dengan Indonesia dan Sumut khususnya.

Apalagi, kata dia, Pemerintah Jepang memang berkeinginan kuat untuk meningkatkan hubungan baik dengan pemerintahan berbagai negara termasuk Indonesia.

“Kerja sama investasi dan pendidikan serta kebudayaan adalah salah satu hal yang penting untuk ditingkatkan,” katanya.

Konjen Jepang itu berjanji akan membawa investor ke Sumut, sementara kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan dilakukan antara lain melalui program pertukaran pelajar.

Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho, mengaku gembira bisa bertemu dan berdialog dengan Konjen Jepang untuk Kota Medan.

Gatot juga memberi apresiasi dengan komitmen Konjen Jepang untuk mendatangkan investor lebih banyak, peningkatan kerja sama investasi, sektor pendidikan dan kebudayaan.

Gubernur menawarkan Jepang untuk menambah investasi di berbagai sektor termasuk energi yang masih sangat dibutuhkan. Adapun program penukaran pelajar, ujar Gatot juga tetap menjadi harapan mengingat Sumut memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang semakin handal untuk menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).