DAFTAR BERITA

Jumat, 03 April 2015

Pemprov Sumut Tebar 22.000 Benih Ikan di Padangsidimpuan dan Palas



INFO TABAGSEL.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) telah menebar sebanyak 22.000 ekor benih ikan Nila. Penebaran benih ikan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho di Lubuk Larangan
Sungai Aek Rukare Kota Padang Sidempuan dan Sungai Gelanggang, Kabupaten Padang Lawas, Jumat (3/4).

Ikan yang disebar, kata Gubsu, 20.000 ribu jenis ikan nila masing-masing di Sungai Aek Rukare Kota Padang Sidempuan dan Sungai Gelanggang Kabupaten Padang Lawas. Sementara 2.000 lagi adalah jenis ikan nila.

“Ini adalah program Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara yang mengangkat nilai kearifan lokal,” kata Gubsu yang didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara Zonny Waldi

Gubsu menerangkan mengapa benih ikan nila yang dipilih, karena jenis ikan yang berasal dari Sungai Nil ini dianggap mampu beradaptasi dan cocok dengan air sungai disini. Menurut Gubsu, kalaulah ini bisa.dikelola dengan baik maka ikan-ikan tersebut bisa tumbuh dan berkembangbiak dua kali lipat.

“Tentunya setelah panen setahun kemudian maka masyarakat sudah bisa merasakan manfaat dari kegiatan ini. Sekitar bulan Oktober tahun depan sudah bisa panen,” katanya.

Program ini, kata Gubsu, juga akan meningkatkan pola konsumsi ikan di Sumut. Gubsu mengatakan ikan mengandung Omega Tiga dan sangat baik untuk perkembangan anak-anak yang notabene adalah generasi bangsa.

Sebelum menaburkan benih-benih ikan, Gubsu menyempatkan berbincang dan bertanya dengan beberapa anak yang tinggal di kawasan itu. Saat itu Gubsu menanyakan cita-cita mereka.

Dari perbincangan itu, Gubsu mengatakan bahwa betapa pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kecerdasan seorang anak. Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu pada 2013 konsumsi ikan di Sumut mencapai 38,9 kilogram per kapita per tahun. Sementara Nasional menargetkan kinsumsi ikan 40,1 per kilogram per kapita per tahun pada 2014.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Parlagutan Lubis mengatakan Sungai Gelnggang selama 15 tahun terakhir berpindah-pindah. Pihaknya mengatakan sangat berterimakasih kepada Pemprobsu telah menaburkan benih ikan yang bisa mamakmurkan masyarakat setempat nantinya. “Saya juga meminta agar pemerintah juga membantu menormalisasikan sungai dengan mereboisasi DAS,” harapnya.(dna/mdn)