DAFTAR BERITA

Rabu, 18 Maret 2015

Bappeda Paluta Sosialisasi RPJMD Tahun 2013-2018

INFO TABAGSEL.com- Bappeda Paluta melaksanaakan sosialisasi Peraturan Daerah (perda) nomor 21 tahun 2014 tentang RPJMD Tahun 2013-2018 di Aula Kantor Bappeda Paluta, Desa Batu Tambun, Kecamatan Padang Bolak, Senin (16/3).

Sosialisasi dengan tema 'Bersama Membangun Padang Lawas Utara Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat' ini dibuka Plt Sekda Paluta Tongku Palit Hasibuan dan menghadirkan narasumber dari Bappeda Sumut Tarsudi dan pakar akademisi Prof. Syahrin Harahap.

Syahrin Harahap mengupas tentang energi sosial budaya dalam mendukung pembangunan Kabupaten Paluta. Dalam pemaparan singkatnya dijelaskan, secara terang kecendrungan sosial dan regional dan membangun kesiapan masyarakat menghadapinya.

Selanjutnya, juga membahas efektivitas pemerintahan desa dan mewujudkan strategi (one village one product). Bersama saling bahu membahu antara pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah pembangunan dalam mewujudan kemajuan daerah.

Sementara itu Kepala Bappeda Paluta Haholongan Siregar melalui Sekretaris Pattis Siregar menyebutkan, perlu adanya dokumen perencanaan pembangunan yang terarah, terpadu, terintegrasi dam memenuhi seluruh aspek pembangunan. Sehingga RPJMD untuk merumuskan gambaran umum kondisi daerah sebagai dasar perumusan permasalahan, isu strategis daerah dan prioritas penanganan pembangunan daerah lima tahun ke depan.

Selain itu untuk menerjemahkan visi dan misi kepala daerah ke dalam tujuan dan sasaran pembangunan daerah tahun 2013-2018 yang disertai dengan program prioritas untuk masing-masing SKPD dengan berpedoman pada RPJPD 2005-2025.

Terpisah, salah satu peserta sosialisasi, Darwin Siregar mengaku, tertarik dengan kupasan yang ingin mewujudkan Paluta cerdas.

Untuk mewujudkan itu tentunya harus dikaji ulang tentang kesiapan dalam menghadapinya. Kesiapan itu seperti SDM guru dan sarana pendidikan yang dibutuhkan demi peningkatkan mutu pendidikan.

"Kita tertarik dengan paparan yang disampaikan narasumber, apa yang menjadi visi misi bupati dalam mewujudkan Paluta cerdas harus dibarengi dengan kesiapan masyarakat itu sendiri," pungkas Darwin Siregar usai mengikuti sosialisasi tersebut.

Adapun peserta sosialisasi di antaranya, pimpinan dan anggota DPRD, pimpinan SKPD, Sekretaris dan Kasubbag/kasi se-Paluta, Kwarcab Gerakan Pramuka Paluta, pimpinan BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat, LSM, insan pers serta undangan lainnya. (Analisa)