DAFTAR BERITA

Rabu, 11 Maret 2015

Arab Saudi tarik duta besarnya dari Swedia

Arab Saudi dituduh Swedia mencegah Menlu Margot Wallstrom berbicara di Liga Arab.

INFO TABAGSEL.com-Arab Saudi telah menarik duta besarnya di Swedia yang makin meningkatkan ketegangan antara kedua negara.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengumumkan penarikan duta besar yang dilakukan Arab Saudi pada Rabu 11 Maret.

Juru bicara kementrian, Erik Boman, mengatakan alasan penarikan adalah 'kemarahan' pemerintah Riyadh atas kritik Swedia terkait catatan hak asasi manusia di Arab Saudi.

"Kritik dan pernyataan Swedia yang dibuat tentang hak asasi dan demokrasi."

Penarikan duta besar Arab Saudi ini ditempuh sehari setelah Swedia menghentikan kerja sama pertahanan dengan negara itu yang sudah berlangsung lama.

Bagaimanapun Stockholm menyatakan tidak ada rencana untuk menarik duta besarnya dari Arab Saudi dan menegaskan bahwa 'hubungan diplomatik tidak putus'.

Ketegangan diplomatis antara Arab Saudi dan Swedia berawal ketika Swedia menuduh Riyadh mencegah Menteri Luar Negeri, Margot Wallstrom, berbicara di pertemuan Liga Arab, Senin 9 Maret, di Kairo.

Pemerintah Stockholm saat ini dipimpin oleh Partai Sosial Demorat, yang mulai berkuasa Oktober tahun lalu, dengan kebijakan mengambil peran yang lebih aktif di dunia internasional dan memusatkan kembali kebijakan luar negeri pada masalah hak asasi.

Bulan Februari, Wallstrom antara lain mengatakan parlemen Arab Saudi melanggar hak asasi perempuan dan mengkritik penahanan serta hukuman atas penulis blog Raif Badawi.