DAFTAR BERITA

Jumat, 12 Desember 2014

Pemerintah Butuh Rp270 Triliun Akses Air Minum



INFO TABAGSEL.com-Pemerintah membutuhkan dana alokasi anggaran yang besar hingga mencapai Rp270 triliun untuk mencapai layanan akses air minum hingga 100 persen pada 2019 sesuai target yang dicanangkan.

“Dari jumlah tersebut, pemerintah hanya mampu menyediakan sebanyak Rp90 triliun, sedangkan sisanya diharapkan dari pihak swasta melalui sistem Kerja Sama Pemerintah Swasta (KPS),” kata Ketua Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tamin M. Zakaria Amin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Tamin mengungkapkan, untuk lima tahun ke depan yaitu 2O15-2O19, BPPSPAM mempunyai fokus kegiatan mengawasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dengan kategori kurang sehat dan PDAM dengan kategori sakit untuk beralih menjadi PDAM dengan kategori sehat.

BPPSPAM, lanjutnya, juga mengawal PDAM dengan kategori sehat untuk tumbuh dan meningkatkan cakupan pelayanan air minum.

Sebagamana diberitakan, kinerja sebanyak 30 PDAM dinyatakan meningkat karena pendampingan yang dilakukan BPPSPAM selama periode 2014. “Ada 30 PDAM yang meningkat kinerjanya sepanjang tahun ini,” kata Tamin.

Ia menjelaskan, 30 PDAM yang meningkat kinerjanya, kebanyakan merupakan PDAM Kurang Sehat dan Sakit, yang kinerjanya meningkat menjadi Sehat.

Menurut Tamin, terjadinya peningkatan ini disebabkan beberapa hal antara lain pendampingan yang terus menerus yang dilakukan BPPSPAM.

Selain itu, lanjutnya, adanya dukungan dari kepala daerah dan direksi PDAM dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada. “Kami menghimbau kepada kepala daerah memberikan dukungan politik dalam pengembangan SPAM. Kalau ada dukungan kepala daerah, 60 persen masalah selesai,” katanya.

Ia juga mengutarakan harapannya agar Direktur PDAM mempunyai jiwa kewirausahaan karena sebenarnya peluang banyak sekali tinggal bagaimana menangkap peluang itu.

Agar dapat meningkatkan kinerjanya, ujar dia, PDAM juga sudah seharusnya melakukan investasi guna dapat tumbuh dan berkembang. “Kami juga berharap direksi selalu meningkat sumber daya manusianya, oleh karena pelayanan air minum adalah ‘local service’ (pelayanan lokal), sehingga dibutuhkan SDM yang baik,” katanya. Sementara terkait langkah yang akan dilakukan tahun depan, menurut Tamin BPPSPAM akan fokus pada upaya untuk mencapai PDAM yang memiliki kinerja Sehat 100 persen pada 2019. Untuk mencapai target tersebut BPPSPAM terus melakukan berbagai upaya diantaranya mendorong PDAM untuk meningkatkan cakupan pelayanannya dan mendorong penyelesaian utang PDAM.