DAFTAR BERITA

Senin, 10 November 2014

Pemko Sidimpuan Berharap Raih WTP



INFO TABAGSEL.com-Seketaris Daerah Kota (Sekdako) Zulfeddy Simamora membuka pelatihan pengembangan tenaga pemeriksaan dan aparatur pengawasan di aula Inspektorat, Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pal IV, Pijorkoling, Kota Padangsidimpuan, Senin (10/11).

Walikota P.Sidimpuan Andar Amin Harahap dalam sambutan tertulis dibacakan Sekdakota Zulfeddi Simamora mengharapkan, seluruh peserta serius mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga memiliki kualitas yang dapat diandalkan khususnya dalam bidang pemeriksaan dan pengawasan aparatur pemerintahan.

"Apa yang diperoleh selama pelatihan dapat diimplementasikan saat melakukan pemeriksaan dan pengawasan di seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkta Daerah) sehingga Pemko P.Sidimpuan memperoleh predikat pengelolaan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) Tahun 2013 lalu,"katanya.

Kepala Inspektur Kota P. Sidimpuan Ikhpan Lubis mengatakan, pihaknya kekurangan banyak pegawai dalam melakukan tugas sebagai pengawas dan pemeriksa keuangan daerah. "Kami berharap pemerintah bisa menambah jumlah pegawai inspektorat yang saat ini hanya berjumlah 30 orang demi efektivitas dan efesiensi tugas pengawasan," harapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksanan Kegiatan yang juga Sekretaris Inspektorat Pemko P.Sidimpuan Amnesti Lubis melaporkan, kegiatan diikuti 30 orang pegawai Inspektorat Pemko P.Sidimpuan. Kegiatan digelar selama lima hari mulai 10 hingga 14 November 2014.

Materi pelatihan katanya, bimbingan teknis Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP). Bimbingan teknis review laporan keuangan, bimbingan teknis kerja audit, dan tentang jabatan fungsional auditor dan angka kredit.

"Tujuan dan sasarannya untuk meningkatkan kualitas aparatur pengawasan intern pemerintah khususnya berkaitan dengan tata cara pengawasan sebagai penjabaran dari Peraturan Pemerintah Nomor :79 Tahun 2005 Tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah serta kesepahaman dan persepsi yang sama di lingkungan aparat pengawas intern pemerintah terkait tugas-tugas pengawasan,"terangnya. Narasumber pada kegiatan, tiga orang dari BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan) Provinsi Sumatera Utara. Turut hadir, Asisten I AR Marjoni, Asisten III Khairul Alamsyah Lubis, Staf Ahli Walikota Abdul Rosad Lubis, Kepala BKD Kamaluddin, Kepala Bappeda Iswan Nagabe Lubis dan para Kepala SKPD.