DAFTAR BERITA

Jumat, 21 November 2014

Gubsu Tutup HAI di Padangsidimpuan



INFO TABAGSEL-com-Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengingatkan kepada seluruh pemerintah daerah di Sumut, untuk terus memperhatikan program pendidikan keaksaraan baik dalam konteks keaksaraan dasar maupun dalam konteks lebih luas seperti pemberdayaan dan keswadayaan baik secara sosial, ekonomi bahkan politik.



Hal itu diungkapkan Gubsu saat penutupan Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-49 tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014 yang di selenggarakan di lapangan Olahraga SMA-3 Padangsidimpuan dan Lapangan Olahraga Sekolah Pertanian Tapsel Kamis (20/11/2014).

 “Alhamdulillah tingkat buta aksara di Sumut terus menurun. Target kita semua orang dewasa melek huruf,” ujar Gubsu.

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si menyampaikan program wajib belajar dan pengentasan buta aksara di Kota Padangsidimpuan merupakan bentuk kongkrit menyahuti program pemerintah pusat.

Pencanangan bebas buta aksara fokus kepada usia dewasa 15 tahun di Kota Padangsidimpuan dapat dilihat dari menurunnya jumlah penyandang buta aksara di Padangsidimpuan dari tahun ketahun, “ melalui kegiatan ini kita sadar akan pentingnya aksara dalam membangun keadaban dan keunggulan berkelanjutan, “ ujar walikota.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Drs. Masri, M.Si menyampaikan, pemberantasan buta aksara merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ketertinggalan penduduk di bidang pendidikan, sebagai suatu gerakan yang dalam pelaksanaannya harus ada semangat kebersamaan untuk maju dengan menumbuh kembangkan dan memberikan kesempatan berpartisipasi seluas-luasnya dalam pembangunan terutama kepada masyarakat buta aksara.

“ Keberaksaraan yang rendah merupakan penghambat untuk mengakses informasi pengetahuan dan ketrampilan sehingga kurang terlatih beradaptasi dan mengatasi berrbagai masalah termasuk masalah ekonomi, sosial dan budaya, “ terang Masri


Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi didampingi Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada juara dari berbagai perlombaan yang diselenggarakan panitia pada peringatan HAI ke-49 tahun 2014.

Selain dihadiri Gubsu juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani, sejumlah Bupati dan Walikota se-Sumut,Kasrem,Dandim,Kapolres Kota Psp/Kab Tapsel, Ketua Tim penggerak PKK Kota Padangsidimpuan, Ketua DPRD Padangsidimpuan, unsur Muspida serta sejumlah pimpinan SKPD Pemprovsu.