DAFTAR BERITA

Jumat, 17 Oktober 2014

Hadiri Pelantikan Jolowi,Menlu AS Kerry bertolak ke Indonesia

INFO TABAGSEL.com-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry besok (Sabtu, 18/10) akan bertolak menuju Jakarta untuk menghadiri pengambilan sumpah presiden terpilih Indonesia Joko Widodo yang akan berlangsung Senin (20/10).

Setelah menghadiri pelantikan Jokowi, Kerry melanjutkan perjalanan ke Jerman, kata pengumuman Departemen Luar Negeri AS, Kamis.

Selama berada di Jakarta, "Menlu juga akan mengadakan beberapa pertemuan bilateral dengan para mitra asing," kata Psaki dalam pernyataannya.

Kerry akan memimpin satu delegasi terdiri beberapa pejabat AS, termasuk Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Blake dan Daniel Russel, pejabat tinggi Departemen Luar Negeri yang ditugasi mengawasi urusan Asia.

Dari Indonesia, Kerry akan melakukan perjalanan ke Jerman untuk menghadiri peringatan menandai 25 tahun jatuhnya Tembok Berlin.

Di Berlin, dia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier untuk membahas "masalah-masalah regional dan internasional," kata Psaki.

Diplomat tertinggi AS yang selalu bepergian ke seluruh penjuru bumi itu baru saja kembali ke Washington pada Kamis dari perjalanan ke Kairo, Paris dan Wina. Dia terakhir mengunjungi Indonesia pada bulan Februari.

Joko Widodo, mantan eksportir mebel yang terpilih pada Juli, populer melalui politik lokal yang menjadi batu loncatan untuk menjadi Presiden Indonesia.

Dia adalah pemimpin pertama negara itu dari luar lingkaran kecil mantan militer dan oligarki yang telah memerintah Indonesia sejak kejatuhan Suharto pada 1998.

Tidak ada komentar: