DAFTAR BERITA

Jumat, 12 September 2014

Test Awal Kekompakan Koalisi Merah Putih



INFO TABAGSEL.com-Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (RUU Pilkada) disinyalir sengaja akan digolkan di DPR sebagai 'test case' ke kompakan koalisi merah putih.

Koalisi merah putih adalah koalisi yang terbentuk pada saat pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2014 dengan anggota Partai Gerindra, Golkar, PPP, PKS, PAN, dan Demokrat.

"Ini test awal apakah Koalisi Merah Putih itu solid ataukah tidak. RUU Pilkada dijadikan alasan untuk mensolidkan. Awalnya PKS, PAN, Golkar menolak pemilihan tidak langsung. Tetapi setelah Pilpres ini mereka berganti arah, mendukung. Ini akan aneh," ujar Anwar Nubowo, direktur eksekutif Indostrategi, saat diskusi di Media Center Bawaslu, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Sebab kedua adalah ketidakpercayaan diri Koalisi Merah Putih menghadapi Pemilukada karena adanya Jokowi effect atau PDI Perjuangan effect. Anwar menyebut tsunami Jokowi menjadi tren kepala daerah yang akan dipilih masyarakat.

Sialnya, calon seperti Jokowi tidak dijumpai di Koalisi Merah Putih. Untuk itu, satu-satunya menghadapi pemilukada adalah dengan cara mengembalikannya ke DPRD.

"Kedua ada ketidakpedean Koalisi Merah Putih untuk bertarung pada Pilkada langsung karena Jokowi-JK, PDIP pemenang pemilu punya resource yang kuat untuk menyapu bersih Pilkada dalam lima tahun yang akan datang," kata Anwar.

RUU Pilkada rencananya akan disahkan bulan ini di DPR.

Tidak ada komentar: