DAFTAR BERITA

Kamis, 04 September 2014

Peringatan Hari Pangan Sedunia di Paluta



INFO TABAGSEL.com-Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-34 tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2014 diwarnai dengan rangkaian perlombaan memasak dan pameran tingkat SKPD dan Kecamatan se-Paluta.

Kegiatan yang disponsori Badan Ketahanan Pangan (Ketapang) ini berlangsung sukses dan meriah digelar di Alun-alun Kota Gunung Tua, Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Selasa (2/9).

Turut hadir dalam acara itu Bupati Drs Bachrum Harahap diwakili Wakil Bupati H Riskon Hasibuan, Plt Sekda Tongku Palit Hasibuan, Ketua DPRD Paluta sementara Mukhlis Harahap SHi, kepala SKPD Pemkab Paluta, camat se-Paluta, MUI Paluta dan undangan lainnya.

Wabup H Riskon Hasibuan mengatakan untuk mencapai target ketahanan pangan di Kabupaten Paluta salah satu kuncinya selalu melakukan koordinasi antara sesama stakeholder yang berkaitan dengan kedaulatan pangan dengan cara melakukan pembinaan terhadap penyuluh.

Sebab kata Wabup, kunci keberhasilan ketahanan pangan itu terletak di tangan penyuluh, baik itu penyuluh pertanian, penyuluh pertanian maupun penyuluh peternakan.

Senada dikatakan Ketua DPRD sementara Mukhlis Harahap. Menurutnya ketahanan pangan adalah prioritas utama menuju masyarakat yang sehat. Selain itu, Paluta adalah salah satu kabupaten yang mempunyai lahan pertanian yang luas, sehingga dirinya meminta kepada petani untuk lebih serius dalam menggeluti usaha tani tersebut.

Sementara, Ketua panitia HPS ke-34 Abdul Majid Siregar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan dalam rangka untuk memperingati hari pangan sedunia yang ke-34 di tingkat kabupaten, dimana acaranya juga di hiasi berbagai macam perlombaan dan pembagian 10 handtractor kepada kelompok tani se-Paluta.

"Tema HPS tahun ini mengambil tema mari tumbuhkembangkan sumber daya lokal guna menciptakan kedaulatan dan kemandirian pangan," ujar Abdul Madjid yang juga Kaban Ketapang Paluta di sela-sela kegiatan, Selasa (2/9).

Dipenghujung acara, panitia juga mengumumkan para pemenang dari perlombaan cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), dimana keluar sebagai pemenangnya yaitu juara harapan I Kecamatan Padang Bolak Julu, juara III Kecamatan Portibi, juara II Kecamatan Batang Onang dan Juara I Kecamatan Dolok.

Selanjutnya, acara juga di akhiri dengan pemberian handtractor (traktor tangan) kepada 10 kelompok tani se-Paluta. (ong)

Tidak ada komentar: