DAFTAR BERITA

Sabtu, 20 September 2014

Indonesia tuan rumah Asian Games 2018


INFO TABAGSEL.com-Badan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia (OCA), Jumat (19/09), menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games tahun 2018.

Pesta olahraga antarbangsa Asia itu sempat mengalami masalah tempat penyelenggaraan setelah Vietnam yang sebelumnya ditunjuk ternyata mengundurkan diri karena masalah dana.

"Hari ini badan eksekutif telah menyetujui tahun 2018 nanti Asian Games akan berlangsung di Jakarta, Indonesia," kata Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, seperti dilaporkan AFP.

Sidang pleno OCA akan berlangsung Sabtu yang agendanya juga akan mengesahkan penunjukan tersebut.

Namun Sheikh Amad menegaskan pertemuan khusus OCA sebelumnya telah memberikan dia "wewenang untuk memutuskan dan menemukan tuan rumah pengganti Vietnam".

Pertemuan eksekutif OCA di Incheon, Jumat, itu berlangsung menjelang dibukanya Asia Games ke-17.

Asian Games Incheon 2014 diikuti sekitar 13 ribu atlet dan ofisial dari 45 negara.

Vietnam semula mendapat hak sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 tahun 2019, namun mengundurkan dari karena krisis ekonomi.

Indonesia pun menjadi favorit sebagai pengganti, sementara kandidat lainnya kurang serius.

OCA semula menjadwalkan event itu tahun 2019 untuk menghindari benturan dengan Olimpiade. Olimpiade Musim dingin berlangsung di Korea Selatan tahun 2018 dan Olimpiade Musim Panas di Tokyo tahun 2020.

Namun pihak Indonesia menyampaikan kepada OCA bahwa jika menjadi tuan rumah Asia Games, maka waktu penyelenggaraannya harus setahun lebih awal dari jadwal semula, yakni tahun 2018, karena tahun 2019 ada pemilihan presiden.

Tidak ada komentar: