DAFTAR BERITA

Senin, 09 Juni 2014

Debat capres ajak rakyat rasional memilih



INFO TABAGSEL.com-Debat perdana calon presiden dan wakil presiden yang akan dilakukan Senin (09/06) malam diharapkan bisa mengajak warga untuk memilih secara rasional, kata pengamat.

Tema debat antara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla kali ini ialah mengenai pembangunan demokrasi, tata kelola pemerintahan yang bersih, dan kepastian hukum.

Debat pertama dari lima acara serupa yang telah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan disiarkan di sejumlah stasiun televisi secara langsung pukul 19.30 WIB.

Direktur Program Transparansi Internasional Indonesia (TII), Ibrahim Zuhdi Fahmi Badoh mengatakan debat merupakan cara bagi dua kandidat untuk tampil dengan wawasan kebangsaan.

"Perwajahan yang muncul akhir-akhir ini (dari kampanye hitam) sudah memunculkan konflik di beberapa tempat."

"Budaya debat ini menarik, untuk mendorong rasionalitas pemilih," sambungnya.
Dicermati


Jadwal debat dua kandidat



09 Juni - Debat Capres dan Cawapres (pembangunan demokrasi, pemerintahan bersih dan kepastian hukum)

15 Juni - Debat Capres (pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial)
22 Juni - Debat Capres (politik internal dan ketahanan nasional)
29 Juni - Debat Cawapres (pembangunan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan)
05 Juli - Debat Capres dan Cawapres (pangan, energi, lingkungan)

Sumber: KPU

Sejumlah warga yang ditemui  mengaku cukup tertarik untuk menyaksikan debat capres dan cawapres kali ini.

"Pastinya tertarik untuk mengetahui sisi positif dan negatif capres yang kita pilih. (Saya memilih) dengan banyak faktor, debat bisa menjadi referensi tetapi yang utama adalah apa yang telah dia kerjakan," kata Sulis, seorang warga Jakarta.

Hala senada diutarakan Reyfandi, warga Jakarta lainnya: "Masyarakat bisa melihat bagaimana cara calon presiden berbicara di depan masyarakat dan kita bisa tahu visi misi mereka."



Program antikorupsi dalam birokrasi akan disorot dalam debat capres.
Anti korupsi

Salah satu tema yang dinantikan malam ini adalah bagaimana kedua kandidat capres menjelaskan program pemberantasan korupsi.

Ibrahim Zuhdi dari TII menilai masih ada sejumlah hal yang belum jelas mengenai program antikorupsi kedua pasang kandidat, terutama mengenai skala prioritas dan target pencapaian.

"Secara substansial beberapa poin penting sudah masuk di dua pasang kandidat. Namun, secara faktual, program Jokowi-JK lebih detail jika dibandingkan dengan Prabowo Hatta," katanya.

"Prioritas saya rasa adalah bagaimana (kedua kandidat) bisa menyelesaikan masalah ini secara sistematis dan apakah strategi nasional pemberantasan korupsi yang sudah ada sekarang tetap dipertahankan atau tidak?"

Pemaparan program yang jelas dengan target yang terukur menurut Ibrahim bisa menjadi acuan yang baik sehingga suatu saat pemilih bisa menagih janji-janji yang dua kandidat lontarkan.

Tidak ada komentar: