DAFTAR BERITA

Senin, 09 Juni 2014

Debat Capres, KPU: Hanya Moderator Boleh Bertanya


INFO TABAGSEL.com-Calon Presiden nomor urut dua Joko Widodo dan wakilnya, Jusif Kalla tiba di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan sekitar pukul 19.15. Saat akan memasuki Balai Sarbini, Jokowi diteriaki 'Gubernur, Gubernur, Gubernur DKI' oleh pendukung lawannya, Prabow Subianto.

Adapun Prabowo Subianto dan wakilnya, Hatta Rajasa tiba lebih dahulu di Balai Sarbini, sekitar pukul 19.06 didampingi oleh tim kampanyenya.

Setelah Jokowi dan JK masuk ke dalam, teriakan pendukung Prabowo semakin keras 'Prabowo Presiden, Jokowi Gubernur'. Yel-yel balasan dari kubu Jokowi pun tak terdengar.

Kedua pasangan calon datang untuk melaksanakan debat capres dan cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum yang akan dimulai pukul 20.00.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik, mengatakan debat akan berlangsung selama 90 menit ditambah iklan 30 menit. "Debat akan dipimpin oleh moderator, dia mengajukan pertanyaan dan pasangan calon menjawab," ujar Husni.

Debat yang akan dimulai pada pukul 20.00 ini bertema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum akan disiarkan langsung oleh SCTV, Indosiar, dan BeritaSatu.

Berikut ini tema dan jadwal debat capres dan cawapres:
1. Debat capres-cawapres: Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum (Disiarkan SCTV, Indosiar, dan BeritaSatu pada 9 Juni 2014)
2. Debat capres: Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial (Disiarkan Metro TV pada 15 Juni 2014)
3. Debat capres: Politik Internal dan Ketahanan Nasional (Disiarkan TV One dan ANTV pada 22 Juni 2014)
4. Debat cawapres: Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK (Disiarkan RCTI dan MNCTV pada 29 Juni 2014)
5. Debat capres-cawapres: Pangan, Energi, dan Lingkungan (Disiarkan TVRI dan Kompas TV pada 5 Juli 2014)


Hanya Moderator Boleh Bertanya

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, KPU tak gunakan metode panelis dalam debat calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) yang akan dimulai hari ini. Alasannya, metode moderator saja dinilai lebih efektif dan mengefisienkan waktu yang ada.

"Untuk metode moderator atau host, pemanfaatan waktu yang tersedia akan lebih efisien dibandingkan dengan panelis. Karena durasinya cuma 90 menit," ujarnya di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Senin (9/6).

Ditambahkan, meskipun dengan sistem moderator yang digunakan namun Husni memastikan debat nanti tetap akan mengelaborasi konsep dan program masing-masing pasangan.

"Kalau dengan panelis, khawarir pergantian antarpanelis butuh waktu lagi. Sementara waktunya sedikit. Oleh karenanya kita gunakan moderator dan sudah disepakati calon," imbuhnya.

Husni menambahkan meskipun menggunakan moderator, namun panelis juga dihadirkan untuk beri support kepada moderator, sementara moderator akan langsung berikan pertanyaan antar kandidat.

"Masing-masing tema debat nanti berbeda. Tetapi akan mengundang beberapa ahli, di bidang politik, hukum, dan sosiologi kemasyarakatan. Kami undang Ramlan Surbakti, Saldi Isra, Siti Zuhro, dan sebagainya yang membantu menyusun konsep debat," ucapnya.

Lebih lanjut Husni mengharapkan, kedua pasangan calon dalam debat nanti siap dengan materi yang akan mereka gagas, dan mampu merespons dengan spontan menjawab pertanyaan dengan moderator.

"Kami berharap debat ini bisa terselenggara dengan baik, masyarakat bisa tangkap gagasan calon," ucapnya.

Seperti diketahui, KPU mengagendakan debat capres-cawapres sebanyak lima kali dalam periode waktu 9 Juni hingga 5 Juli. Metode pelaksanaan debat disepakati pelaksanaan dilakukan mulai dari antar-pasangan, antar-capres, antar-capres lagi, antar-cawapres dan diakhiri dengan debat antar-pasangan.

KPU telah menyiapkan lima tema yang akan dipresentasikan oleh masing-masing pasangan calon, yaitu Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih dan Kepastian Hukum; Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial; Politik Internasional dan Ketahanan Nasional; Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; serta Pangan, Energi dan Lingkungan.

Pelaksanaan debat akan disiarkan secara langsung dan bergantian melalui satu stasiun televisi milik Pemerintah TVRI dan 10 stasiun televisi swasta, yaitu SCTV, Indosiar, BeritaSatu TV, Metro TV, BloombergTV, TV One, ANTV, RCTI, MNC TV, dan Kompas TV.

Untuk debat pertama kali ini akan disiarkan secara langsung oleh BeritaSatu TV, Indosiar, serta SCTV.

Debat capres-cawapres menjadi bagian dari tahapan pelaksanaan kampanye Pilpres yang berlangsung selama 32 hari mulai Rabu (4/6) hingga tiga hari sebelum masa tenang atau 5 Juli mendatang.

Sementara pelaksanaan Pilpres 2014, dijadwalkan berlangsung pada 9 Juli, diikuti oleh dua pasangan calon yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Tidak ada komentar: