DAFTAR BERITA

Kamis, 22 Mei 2014

Jokowi-JK Tes Kesehatan



INFO TABAGSEL.com-Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Jokowi-JK tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto sekitar pukul 07.38 WIB untuk melakukan tes kesehatan sebagai prasyarat untuk menjadi capres dan cawapres.

Jokowi-JK datang menggunakan mobil Kijang Innova warna putih. Dari depan gerbang RSPAD keduanya turun dan berjalan kaki menuju gedung medical check up.


Keduanya terlihat kompak mengenakan kemeja lengan panjang putih, celana panjang hitam dan sepatu kets. Meski banyak awak media yang memanggil-manggil untuk meminta pernyataan, Jokowi-JK hanya tersenyum melambaikan tangan dan berjalan bergegas masuk.



Kepala RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad Brigadir Jenderal TNI dr. Douglas S Umboh mengatakan tim dokter dan pendukungnya sudah menyiapkan diri sejak pukul 06.00 WIB.



"Kami sudah siap melakukan pemeriksaan. Tadi sebelumnya kami juga membaca lafal sumpah dokter untuk mengingatkan kembali dalam menjalankan tugas harus transparan, jujur, adil, dan sesuai persyaratan yang di susun IDI," kata dokter dr. Douglas di RSPAD Gatot Soebroto.


Alur pemeriksaan yang akan dijalani Jokowi-JK dimulai dengan pemberian arahan, pengisian formulir lalu keduanya akan berganti pakaian. Saat sudah mengenakan pakaian tes kesehtaan, Jokowi-JK dipersilakan menyapa awak media di depan gedung.


Jokowi-JK mengenakan jubah tes dan celana panjang berwarna biru saat keluar menemui media. Tanpa mengatakan sepatah kata pun Jokowi-JK melambaikan tangan pada wartawan.


Selanjutnya dilanjutkan dengan pemeriksaan tes kesehatan yang terdiri dari lima tahap yakni:


1. Anamnesis yaitu tes analisa riwayat kesehatan sebelumnya.

2. Pemeriksaan kejiwaan dengan menjawab pertanyaan tea dan wawancara.
3. Pemerikaaan jasmani yang meliputi penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru-paru, bedah, urologi, ortopedi, neurologi, mata, THT, gigi dan mulut.
4. Tes penunjang
- penunjang wajib: USG, abdomen, retrocardiography yang dilakukan dengan treadmill, dan MRI.
5. Pemeriksaan laboratorium urin, hati, dan ginjal.



Pemeriksaan dilakukan selama 7 hingga jam.

Tidak ada komentar: