DAFTAR BERITA

Senin, 25 November 2013

Jepang kecam zona pertahanan udara Cina

INFO TABAGSEL.com-Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan Cina mengambil langkah berbahaya dengan menciptakan kawasan pertahanan udara di atas Laut Cina Selatan.

Tindakan sepihak  Cina itu, menurut Abe, tidak punya alasan keabsahan apa pun untuk Jepang. 

 

Zona pertahanan udara yang ditetapkan Cina mencakup ruang udara di atas pulau-pulau yang masih menjadi sengketa antara Cina dan  Jepang.

Setiap pesawat terbang yang memasuki kawasan harus mendapat izin dari Beijing.

Cina sudah mengungkapkan protes atas keberatan Cina dan Amerika Serikat terkait wilayah pertahanan udara itu dengan mengirim surat protes ke kedutaan besar kedua negara.

Menteri Pertahananan Amerika Serikat, Chuck Hagel, mengatakan langkah Cina sebagai upaya menciptakan ketidakstabilan status quo di kawasan.

Di depan parlemen, Abe mengatakan kawasan pertahanan udara 'bisa mengundang terjadinya hal yang tidak diperkirakan dan saat ini merupakan hal yang amat berbahaya.

"Kami meminta Cina mencabut semua langkah yang bisa melanggar kebebasan penerbangan di ruang angkasa internasional," tegasnya.

Jepang dan Cina terlibat sengketa kepemilikan kepulauan yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu oleh pemerintah China.

Tidak ada komentar: