DAFTAR BERITA

Sabtu, 23 November 2013

DPRD Sumut Setujui PAPBD 2013 Rp9,032 Triliun

INFO TABAGSEL.com-Seluruh fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Utara menyetujui perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2013 untuk menjadi peraturan daerah sebesar Rp9,032 triliun.

Ketika membacakan laporan dalam rapat paripurna di Medan, Jumat, anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumut Hamamisul Bahsan mengatakan, jumlah belanja daerah itu diproyeksikan meningkat dari APBD murni yakni Rp8,866 triliun.

Dengan perbandingan tersebut, berarti terdapat pertambahan sebesar Rp165,495 miliar atau 1,87 persen proyeksi belanja daerah dalam PAPBD 2013.

Sedangkan anggaran pendapatan daerah dalam PAPBD 2013 diproyeksi sebesar Rp9,118 triliun atau meningkat 7,5 persen dari jumlah dalam APBD murni yakni Rp8,841 triliun.

Banggar DPRD Sumut mencatat, pertambahan anggaran belanja daerah tersebut terjadi pada kelompok belanja tidak langsung yang umumnya untuk kepentingan aparatur Pemprov Sumut.

Sedangkan untuk kelompok belanja langsung yang berhubungan dengan program pembangunan, DPRD Sumut mencatat adanya penurunan dari jumlah yang diproyeksikan sebelumnya.

Sebagai catatan dan saran, legislatif mengharapkan Pemprov Sumut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan agar masyarakat tidak mampu lebih merasa diperhatikan.

Setelah penyampaikan laporan Banggar itu, 10 fraksi yang ada di DPRD Sumut menyampaikan pandangan akhir yang berisi persetujan dan menerima nota keuangan PAPBD 2013.

Namun sejumlah fraksi memberikan berbagai catatan dan saran untuk diperhatikan dalam penggunaan anggaran yang masuk PAPBD 2013 tersebut.

Setelah seluruh fraksi menyampaikan pandangan akhir yang menerima nota keuangan tersebut, Gubernur Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Ketua DPRD Sumut Chaidir Ritonga menandatangani ranperda PAPBD 2013.

Dalam sambutanya, Gubernur mengungkapkan apresiasinya atas saran dan masukan yang dinilai cukup konstruktif yang bertujuan agar penggunaan anggaran lebih baik dan tepat sasaran.

Pihaknya juga akan memperhatikan berbagai masukan tersebut, terutama tentang pencairan bantuan sosial dalam pembangunan rumah ibadah yang banyak diperbincangkan.

“Itu agar segera dikoordinasikan di lapangan,” katanya.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Sumut Chaidir Ritonga mengingatkan seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Sumut untuk dapat meningkatkan kinerjanya dalam pemanfaatan anggaran yang disetujui. “Tingkatkan kinerja karena masa penggunaan APBD 2013 tinggal sebentar lagi,” kata politisi Partai Golkar itu

Tidak ada komentar: