DAFTAR BERITA

Sabtu, 12 Oktober 2013

Presiden SBY Terima Kunjungan Presiden Korea


INFO TABAGSEL.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (12/10) pukul 15.00 WIB, menerima kunjungan kehormatan Presiden Republik Korea Park Geun-hye di Istana Merdeka, Jakarta. Sebelum kunjungan kehormatan ini, kedua Kepala Negara sudah terlebih dahulu bertemu dalam KTT APEC di Bali dan KTT ASEAN di Brunei Darussalam beberapa waktu lalu.

Kedatangan Presiden Park disambut langsung Presiden SBY di sayap kanan Istana. Kemudian bersama-sama menuju podium kehormatan untuk melangsungkan Upacara Kenegaraan yang digelar di halaman depan Istana Merdeka.


Upacara diawali dengan dikumandangkan lagu kebangsaan Republik Korea, disusul dengan lagu kebangsaan
Indonesia Raya. Dua puluh satu bunyi letusan meriam turut mengiringi diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara.

Usai upacara kenegaraan, kedua Kepala Negara bersama-sama masuk ke Ruang Kredensial Istana Merdeka untuk melakukan sesi foto bersama. Setelah itu, Presiden SBY dan Presiden Park langsung menuju Ruang Jepara untuk melangsungkan pertemuan 4 mata (
tete a tete).

Dalam sambutan singkatnya pada pertemuan 4 mata tersebut, Presiden SBY menyatakan keyakinannya bahwa kunjungan Presiden Park kali ini akan semakin meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.


"Saya yakin dan percaya dengan kunjungan Ibu Presiden, hubungan bilateral kita yang sudah baik, akan bertambah kuat dan bertambah baik," kata Presiden. "Dalam pertemuan bilateral nanti, kita bisa diskusikan apa saja yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemitraan dan kerja sama kita," SBY menambahkan.


Sementara itu, Presiden Park mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Presiden SBY dan masyarakat Indonesia. "Saya mengucapkan selamat atas kesuksesan penyelenggaraan APEC di Bali," ujar Park.


Setelah pertemuan selesai, kedua pemimpin negara tersebut langsung bergabung dengan para delegasi di Ruang Resepsi untuk menggelar pertemuan bilateral, membahas tentang berbagai kerja sama yang perlu dilakukan kedua negara guna meningkatkan hubungan bilateral.


Delegasi yang turut mendampingi Presiden Park antara lain Menlu Yun Byung-se, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Yoo Jin Ryong, Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Yoo Sang-jick, dan Dubes Republik Korea untuk RI Kim Young-sun.


Sementara itu, Presiden SBY didampingi para menteri KIB II antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menhub EE. Mangindaan, Mensos Salim Segaf Al-Jufri, Menhut Zulkifli Hassan, Menteri Lingkungan Hidup Balthazar Kambuaya, dan Seskab Dipo Alam.

Tidak ada komentar: