DAFTAR BERITA

Selasa, 01 Oktober 2013

Khidmad, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya


INFO TABAGSEL.com-Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti 1 Oktober 2013, kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10), yang dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berlangsung khidmad.

Upacara dihadiri oleh Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ny Herawati Boediono, jajaran kabinet, pimpinan lembaga tinggi negara, pejabat Kepolisian/TNI, duta besar negara sahabat, dan ratusan pelajar.
Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini melibatkan Perwira Upacara Brigjen TNI Toto Rinanto, dan Komandan Upacara Kolonel Infrantri Eko Margiono. Bertindak sebagai pembaca Naskah Pancasila adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman, pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Sidharto Danusubroto, pembaca dan penandatanganan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie, dan pembaca doa Menteri Agama Suryadharma Ali.

Sedang peserta upacara terbagi dua kelompok. Pertama, TNI dan POLRI yang terdiri dari Protokol TNI AD, AL, AU, dan POLRI (masing-masing 1 pleton); Taruna AKMIL, AAL, AAU, dan AKPOL (masing-masing 1 pleton); satu pleton terdiri dari Kowad, Kowal, Wara, dan Polwan; satu unit Korsik Mabes TNI dan POLRI. Kedua, Non-TNI dan POLRI yakni terdiri dari satu kompi pelajar terdiri dari SD Negeri 11 Lubang Buaya, SMP Negeri 81, dan SMA Negeri 113; satu pleton Pramuka Kwartir DKI Jakarta (SMA Negeri 42); satu pleton Mahasiswa dari Universitas Negeri Jakarta; dan satu pleton organisasi kepemudaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI Jakarta.

Lingkungan Istana

Di lingkungan Istana, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga berlangsung di lingkungan Istana Kepresidenan. Upacara yang berlangsung di halaman Kementerian Sekretariat Negara ini diikuti jajaran pegawai Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Kemenko Kesra, dan instansi lainnya di sekitar Istana Presiden.

Bertindak selaku inspektur upacara Sekretaris Menteri Koordinator bidang Kesra Indroyono Soesilo.

Upacara dihadiri oleh para pejabat eselon I, II, III dan IV Sekretariat Negara (Setneg), Sekretariat Kabinet (Setkab), Sekretariat Presiden (Setpres), Sekretariat Militer (Setmil), UKP4, Sekretariat Wantimpres, dan Staf Khusus Presiden.

Tidak ada komentar: