DAFTAR BERITA

Selasa, 01 Oktober 2013

Rekrutmen CPNS Kemlu 2013 Gelar TKD dengan CAT

INFO TABAGSEL.com-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu, bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemlu. Secara khusus Menpan menyambut para pelamar dan memberikan pengarahan kepada pelamar CPNS Kemlu. “Para pelamar patut berbangga karena menjadi peserta dalam bagian proses reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pengembangan kualitas SDM aparatur”, ujar Menpan. “Para pelamar yang akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS Kemlu agar mempersiapkan diri secara serius”, imbuhnya lagi, Senin, (30/09/2013).



Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Sutrisno didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Budi Bowoleksono secara resmi membuka pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar bagi pelamar CPNS Kemlu pada pagi hari 30 September 2013. Menurut rencana Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan hingga 8 September 2013.




Kepala BKN, dalam kesempatannya mengapresiasi atas dukungan Kementerian Luar Negeri, terhadap upaya nasional untuk memperoleh PNS yang berkualitas melalui penyelenggaraan TKD dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).




“Kementerian Luar Negeri senantiasa mendukung reformasi birokrasi, terutama yang diarahkan untuk meningkatan kualitas SDM aparatur, yang antara lain ditunjukkan dengan penyelenggaraan Tes Kompetensi Dasar dengan menggunakan sistem CAT”, ujar Budi Bowoleksono, Sekretaris Jenderal Kemlu dalam wawancara terpisah. “Hal ini mengingat bahwa Kemlu dan Perwakilan RI di luar negeri sebagai garda terdepan dalam misi diplomasi memiliki kebutuhan SDM berkualitas yang sangat besar guna menjalankan misi politik luar negeri dan diplomasi”, tambahnya.



Untuk pertama kalinya dalam sejarah rekrutmen CPNS nasional, para peserta cukup mengisi jawaban langsung ke komputer yang disediakan panitia. Dalam hal ini, Kemlu menyediakan fasilitas ruang ujian TKD dengan kapasitas 200 komputer dengan empat sesi ujian setiap harinya, di mana tiap sesi ujian berdurasi 90 menit. Pasca ujian, para peserta dapat mengetahui nilainya di layar monitor masing-masing. Di samping itu, para peserta juga dapat mengetahui nilai ujian dan rankingnya pada setiap akhir sesi di layar monitor yang berada di luar tempat ujian. Perlu ditekankan bahwa sistem CAT ini memungkinkan bukan saja pemantauan hasil ujian secara langsung (real time) namun juga untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas proses rekrutmen sesuai dengan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik (good governance).




Terdapat 19.410 pelamar yang melakukan registrasi secara daring (on-line) untuk mengisi posisi formasi 71 Pejabat Diplomatik dan Konsuler (PDK), 60 Penata Kerumahtanggaan Perwakilan (PKKRT) dan 27 Petugas Komunikasi (PK). Dari jumlah tersebut, tercatat terdapat 8.708 pelamar yang mengirimkan berkas lamaran, yang terbagi atas 6.248 pelamar PDK, 1.565 pelamar PKKRT dan 895 pelamar PK.


Setelah melakukan pemeriksaan berkas yang menelan waktu sekitar 14 hari, Kemlu menetapkan sejumlah 6.650 pelamar dinyatakan lulus untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu Tes Kemampuan Dasar. Adapun jumlah tersebut terbagi atas 4.874 pelamar PDK, 1.226 pelamar PKKRT, dan 550 pelamar PK.

Tidak ada komentar: