DAFTAR BERITA

Selasa, 10 September 2013

Temui Presiden SBY, Harrison Ford Bertanya Soal Konservasi Hutan


INFO TABAGSEL.com-Aktor pemeran film “Indiana Jones” Harrison Ford mewawancarai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/8). Wawancara ini terkait dengan kegiatan aktor dalam pengambilan gambar film dokumenter mengenai perubahan iklim “Years of Living Dangerously”.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Harrison Ford mewawancarai Presiden SBY karena Pemerintah Indonesia dinilai telah memberi sumbangan besar dalam perubahan ikllim global.

“Saya senang bertemu dengan Anda Mr Harsison Ford. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda atas usaha yang telah dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan Indonesia dan juga dunia," kata Presiden SBY menyambut kedatangan Harison Ford.


Harrison Ford datang ke Indonesia untuk menjalani syuting di Taman Nasional Tesso Nilo di Riau. Ford tengah melakukan syuting film dokumenter tentang lingkungan di Indonesia yang berjudul “Years of Living Dangerously”.


Harrison Ford, kata Julian, menanyakan kepada Presiden SBY tentang kebijakan kehutanan, khususnya dalam konservasi hutan. Presiden SBY menjelaskan bahwa pemerintahnya sangat bersungguh-sungguh dalam menjalankan program pelestarian alam, termasuk melakukan konservasi hutan.


Menurut Presiden SBY, sebagai negara yang memiliki hutan tropis terluas ketiga di dunia, Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian. Presiden SBY menilai hutan merupakan masa depan perekonomian, lingkungan hidup dan masyarakat. Selain itu, hutan juga sangat penting untuk perubahan iklim.


"Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk terus mengurangi emisi karbon, memelihara hutan, memerangi ilegal loging, mencegah kebakaran hutan, melakukan moratorium pada hutan primer dan lahan gambut serta menanam satu miliar pohon setiap tahun," kata Presiden SBY kepada Harrison Ford.

Presiden SBY juga menyampaikan kepada Harrison Ford bahwa pemerintah bersikap tegas terhadap kejahatan lingkungan, seperti illegal logging. Presiden SBY juga mengingatkan warga Indonesia menjaga lingkungan baik laut, hutan dan udara.

Kepada Presiden SBY, Harrison Ford mengharapkan perannya dalam perubahan iklim global.

Harrison Ford berada di Indonesia dalam rangka pembuatan film dokumenter tentang perubahan iklim dan konservasi hutan yang berjudul “Years of Living Dangerously” yang diproduksi bersama James Cameron dan Arnold Schwarzenegger melalui perusahaan “The Years Project”. Film yang bakal tayang perdana pada April 2014 ini bercerita mengenai penanganan dampak perubahan iklim global, dengan mengambil contoh dua negara berkembang yang dianggap paling maju dalam penanganan perubahan iklim dari sektor kehutanan yaitu Indonesia dan Brazil.


Sebelum mewawancarai Presiden, Ford yang datang ke Jakarta pada 1 September, telah mewawancarai Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Dia juga mengunjungi Pusat Rehabilitasi Orang Utan Nyaru Menteng di Kalimantan Tengah dan Taman Nasional Tesso Nilo di Riau. (WID/FJ/ES)

Tidak ada komentar: