DAFTAR BERITA

Minggu, 07 Juli 2013

Presiden Saksikan Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional


INFO TABAGSEL.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono mengunjungi dan menyapa peserta Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional (LCSAN) 2013 di Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat (7/7).

Lomba yang diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) merupakan ajang bagi pelajar SD dan SMP se-Indonesia untuk menampilkan kreativitas berkesenian secara kompetitif dan spontan, serta mendorong pengembangan karakter generasi muda yang seimbang antara logika, etika, dan estetika khususnya seni lukis, cipta puisi, cipta lagu, desain motif batik, dan membatik pada kain Mori.

Penyelenggaraan LCSAN sendiri telah memasuki tahun ke-8. Lomba ini pertama kali diadakan pada tahun 2006 di Taman Bunga Nusantara, Cipanas Bogor, selanjutnya acara berturut-turut diselenggarakan di Istana Kepresidenan Bogor (2007), Istana Kepresidenan Cipanas (2008), Istana Kepresidan Bogor (2009), Istana Kepresidenan Tampaksiring Bali (2010), Istana Kepresidenan Bogor (2011), dan yang terakhir pada tahun 2012 di Istana Kepresidenan Cipanas.

Saat meninjau tenda cipta lagu, Presiden berkesempatan mendengarkan hasil karya salah satu peserta bernama Rana, asal Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, yang menyanyikan lagu “Paru Dunia” yang berkisah tentang kebakaran hutan di Provinsi Riau yang sudah mulai bisa diatasi setelah adanya Instruksi Presiden untuk penanganan asap di Sumatera. Salah satu juri lomba ini adalah Purwacaraka.

"Sekarang saya sudah bisa menjalankan aktivitas dan melihat matahari lagi," kata Rana mengenai kebakaran hutan di wilayah tempat tinggalnya.

Setelah menyaksikan dan berbicara dengan sejumlah peserta lomba, Presiden SBY dan Ibu Ani memberikan kesempatan untuk berofoto bersama kepada para peserta, yang diikuti antusiasme anak-anak untuk bersalaman dengan Presiden dan Ibu Negara. "Saya bangga sama kalian," ujar SBY kepada peserta lomba.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II terlihat mendampingi Presiden SBY dan Ibu Negara, antara lain Mensesneg Sudi Silalahi, Mendikbud Muhammad Nuh, dan Menparekraf Marie Elka Pangestu. Selain itu tampak pula pasangan putra Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan, serta Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa.

Tidak ada komentar: