DAFTAR BERITA

Kamis, 11 Juli 2013

Pakkat Santapan Khas Berbuka di Palas

Seorang pedagang sedang memasak pakkat untuk dijual sebagai santapan berbuka puasa.(Foto:Metrosiantar)


INFO TABAGSEL.com-Pakkat (pucuk rotan) menjadi santapan khas berbuka yang paling dicari-cari masyarakat Palas dalam Ramadan saat ini. Pakkat termasuk lauk paling disukai warga Palas yang sudah turun temurun.

Seperti penuturan Tongku Hasibuan warga Binanga Kecamatan Barumun Tengah, Kamis (11/7). Dimana saat hari pekan di Binanga, penjual pakkat musiman selalu dibanjiri oleh pembeli. Bahkan harga pakkat pun ikut naik, akibat makanan musiman ini sangat digandrungi warga di Palas.

“Lihat sajalah kalau hari pekan, selalu banyak pembeli pakkat, karena memang rasanya yang cocok untuk lidah warga Palas,” jelasnya.

Dimana untuk pakkat yang sudah dimasak atau dibakar dijual seharga Rp6000 per biji, sedangkan pakkat yang masih mentah bervariasi antara Rp3000 hingga Rp5000 per biji.

Dari keterangan penjual pakkat di Pasar Binanga, Holil (34), pakkat tersebut diperolehnya dari daerah Rantau Kabupaten Labuhan Batu. Dimana di daerah tersebut masih banyak ditemukan tumbuhan pakkat yang tumbuh di rawa-rawa hutan di wilayah itu.

“Kami dapat pakkat ini dari daerah itu, tinggal di wilayah itulah yang banyak sekarang ini,” ucapnya.

Dimana, katanya, dirinya selalu menjual pakkat musiman setiap bulan puasa dan rata-ata per hari, laku terjual 5000 batang hingga 6000 batang. “Memang menguntungkan penjual pakkat di bulan Ramadan, tapi sekarang juga sudah banyak penjual pakkat,” tukasnya.(Metrosiantar)

Tidak ada komentar: