DAFTAR BERITA

Rabu, 10 April 2013

Gubsu Buka MTQ Tingkat Kabupaten Paluta


INFO TABAGSEL.com-Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-6 Tingkat kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Rabu (10/4) di Halaman Masjid Raya Gunung Tua. Pembukaan MTQ ditandai dengan menaikkan bendera MTQ serta pemukulan beduk diserta seruan azhan.

Walau hujan menguyur tempat itu, namun antusias warga untuk melihat langsung pembukaan MTQ tersebut begitu tinggi. Puluhan Ribu warga turut memadati halaman dan masjid raya Gunung tua untuk menyaksikan perhelatan akbar MTQ Tingkat kabupaten Paluta dihadiri Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST, Kakanwil Kementerian agama Sumut Abdul Rahim, Bupati dan wakil Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap, Forum Komunikasi Pimpinan daerah Kabupaten Paluta dan seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama kabupaten Paluta.


Sebelumnya, pada siang harinya, telah dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti seluruh kafilah se-kecamatan Padanglawas Utara.


Menurut Gubsu, kegiatan MTQ merupakan wadah tempat berkumpul dan bersilaturahim bagi masyarakat Islam, apalagi dampak positifnya mampu membina generasi muda didalam memahami ilmu Al-Qur'an.


"Hari mulai larut malam, tetapi bagi pecinta Al-Qur'an, bagi orang yang selalu merindukan nilai-nilai Qur'ani semakin malam semakin larut semakin syahdu karena kita semua tahu turunnya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad adalah pada malam hari dan memang di malam hari ini saat yang tepat untuk merenungkan tentang nilai-nilai yang diajarkan Al-Qur'an kepada kita," katanya saat memberi sambutan disela-sela membuka MTQ Kabupaten Paluta.


Terkhusus bagi adik-adik kami remaja saya ingin mengingatkan kepada kita bahwa sesungguhnya Al-Qur'an terus akan menjadi pentunjuk kepada jalan yang lurus. Investasi terbaik, lanjut Gubsu, adalah pendidikan bagi putra-putri kita dan salah satunya seperti yang diajarkan rasul mengingatkan dan mengajarkan pertamakali kepada anak yakni Al-Qur'an.


"Sebelum diajarkan yang lainya ajarkanlah anak-anakmu membaca dan mengamalkan Al-Qur'an. Ini menginspirasi seseorang menuju pribadi yang baik, berguna yang isya Allah menjadi pribadi yang sukses," ujarnya.


Untuk itu, Gubsu berharap dengan pelaksanaan melaksnakan MTQ yang ke-6 tingkat kabupaten Paluta ini akan menjadi daya tarik awal kepada masyarakat Gunung Tua dan kabupaten Paluta umumnya untuk berbondong bondong menikmati sajian yang sangat lezat dari Alllah SWT yakni Al-Qur'an.


"Bukan hanya bermusabaqah dalam membaca al-Qur'an tapi yang lebih penting bermusabaqah untuk mengamalkan nilai nilai Al-Qur'an dengan begitu negeri ini akan damai, tentram dan sejahtera," ujarnya pula.


Melalui MTQ ini, lanjutnya, akan muncul, qori dan qoriah terbaik sebagai aset daerah yang dapat dibanggakan untuk menghadapi lomba tingkat provinsi maupun tingkat nasional maka pembinan terhadap mereka perlu dilakukan secara berkelanjutan.


Sementara itu, Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap mengatakan kegiatan MTQ setiap tahun rutin dilakukan. Dan dia tak lupa akan janjinya untuk membangun sekolah tilawatil qur'an untuk melakukan pembinan terhadap generasi masa akan datang.


"Insya Allah sekolah itu telah diresmikan ini merupakan komitmen pemda memajukan qori dan qoriah. Harapan kami khususnya pada anak-anak qori dan qoria dapat meningkatkan bacaan Al-Qur'an," harapnya.


Sebagaiman kita ketahui, telah kita bangun sekolah tilawatil Qur'an, untuk itu kami mohon dan berharap pengunaan sekolah akan kita operasionalnya tinggal melengkapi sarana dan prasana serta tenaga pengajar.


"Pelaksnan MTQ ini kami berharap dewan hakim untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Harapan kita semoga pelaksana MTQ ini dapat berjalan lancar," ujarnya pula.


Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Paluta Muklis Harahap mengatakan pelaksanaan MTQ diharapkan dapat menjadi cermin didalam memacu prestasi bagi qori dan qoriah. "MTQ bertujuan memilih qori-qoriah hafizh mufassir dan peserta terbaik dario setiap cabang. Sehingga qori-qoriah terbaik dapat menjadi utusan kabupaten Paluta untuk ajang MTQ tingkat Provinsi Sumut," ujarnya.


Diharapkan dengan kegiatan ini memberikan damfak positif dalam rangka penguatan ukhuawah islamiayah peningkatan syiar agama dan kesatuan sesama umat beragama.


Kakanwil kementerian Agama Sumut Abdul Rahim dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Paluta yang telah melaksanakan MTQ.

"Tentunya harapan saya dari event ini kiranya MTQ memberikan motivasi kepada masyarakat khusunya kabupaten Paluta untuk bisa kembali menggali mempelajari Al-Qur'an dan sekaligus mempelajarinya," harapnya.

Semoga, lanjutnya, kegiatan ini memberikan makna kekuatan kepada kita kembali mempelajari huruf dan bacaan Al-Qur'an dan sekaligus mengamalkan kehidupan sehari hari.


Acara pembukan juga dimeriahkan oleh penampilan putra-putri Kabupaten Paluta dalam tarian konfigurasi yang memperlihatkan atraksi-atraksi menari dengan membentuk tulisan pelaksanan MTQ ke- 6 Kabupaten Paluta.

Tidak ada komentar: