DAFTAR BERITA

Sabtu, 02 Februari 2013

Tinggalkan Liberia, SBY Menuju Nigeria

Presiden SBY dan Ibu Ani ketika  tiba di Monrovia, Liberia, disambut Presiden Ellen Johnson Sirleaf, Kamis (31/1) waktu setempat,Sabtu ini SBY tinggalkan negeri itu. (foto: rusman/presidensby.info)

INFO TABAGSEL.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono beserta delegasi bertolak menuju Abuja, Nigeria, setelah menyelesaikan kunjungan kerja di Monrovia, Liberia. Pesawat Khusus Kepresidenan Airbus 330-300 milik Garuda Indonesia lepas landas dari Bandar Udara Internasional Roberts pada Sabtu (2/2) pukul 09.30 waktu setempat atau 16.30 WIB. Perjalanan ke Abuja, Nigeria akan ditempuh selama lebih kurang 3 jam 15 menit.

Selama di Monrovia, Presiden SBY sebagai ketua bersama memimpim pertemuan ketiga Panel Tingkat Tinggi untuk Agenda Pembangunan Pasca-2015. Sebelumnya, Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, Kamis (31/1) lalu. Dalam pertemuan bilateral tersebut disepakati pembentukan komisi bersama untuk meningkatkan kerja sama kedua negara. MoU ini telah ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri Liberia Augustine Ngafuan.

Di Nigeria, Presiden SBY akan melakukan kunjungan kenegaraan. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Nigeria dua kali mengunjungi Indonesia, dan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi, politik dan keamanan, serta sosial-budaya.

Kunjungan Presiden ke Abuja, Nigeria, akan berlangsung satu hari. Senin (4/2) pagi waktu setempat, Presiden dijadwalkan melanjutkan lawatan ke Jeddah, Arab Saudi. Di sana Presiden akan menghadiri dan menyampaikan sambutan pada forum temu bisnis Indonesia dan Arab Saudi. Memanfaatkan keberadaan di Arab Saudi, SBY dan Ibu Ani akan melaksanakan ibadah umrah di Mekkah.

Turut dalam rombongan, antara lain, Mensesneg Sudi Silalahi, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutarjo, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Seskab Dipo Alam, Kepala UKP4 Kuntoro Mangkusubroto, Kepala BKPM Muhammad Chatib Basri, dan Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulistiyo. (lin/yor)

Tidak ada komentar: