DAFTAR BERITA

Senin, 25 Februari 2013

Presiden Calonkan Agus Martowardojo Jadi Gubernur BI

Agus Martowardojo 

INFO TABAGSEL.com-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengirimkan surat pencalonan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia kepada pimpinan DPR-RI pada Jumat (22/2) malam. Pencalonan Agus, yang saat ini menjabat Menteri Keuangan, setelah menerima masukan, pandangan, dan pertimbangan dari banyak pihak. Diantaranya, Wapres Boediono dan Menko Perekonomian Hatta Radjasa.

Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah menyampaikan hal ini kepada redaksi, Senin (25/2) sore. "Ya, Presiden telah mengusulkan dan mengirimkan surat pencalonan Pak Agus Martowardojo kepada pimpinan DPR," kata Firmanzah.

Menurut Firmanzah, ada empat alasan mengapa Presiden SBY mengajukan nama Menkeu Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur BI. Pertama, Agus dinilai memiliki pengalaman yang cukup panjang di industri perbankan dan keuangan Indonesia. "Pak Agus Martowardojo memiliki pengalaman sebagai bankir, baik di bank swasta maupun pemerintah. Jadi prestasinya juga cukup baik," ujar kata Firmanzah.

Pengalaman Agus sebagai bankir diperlukan bagi seorang gubernur bank sentral karena kebijakan penetapan suku bunga acuan dan nilai tukar Rupiah itu juga akan berpengaruh terhadap industri perbankan dan keuangan.

Kedua, pengalaman Agus sebagai Menkeu dinilai sangat baik dalam mengawal fiskal dan APBN. Menurut Firmanzah, sampai saat ini defisit anggaranan dan prosorsi utang negara terkelola dengan baik. "Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang memiliki kinerja yang sangat baik untuk kedua sektor tersebut, yaitu defisit anggaran dan total utang terhadap GDP," Firmanzah menjelaskan.

Alasan ketiga mengapa Presiden mencalonkan Agus adalah karena yang bersangkutan memiliki hubungan dan mampu berkoordinasi secara baik dengan lembaga-lembaga di luar Kementerian Keuangan. Seperti Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), kemudian juga OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hal ini diperlukan sebagai salah satu awal untuk menstabilisasi keuangan Indonesia.

"Selain itu, Pak Agus juga memiliki hubungan yang sangat baik juga dengan lembaga-lembaga internasional, seperti di forum-forum G20, di Bank Dunia, dan IMF. Ini diperlukan untuk policy coordination," Firmanzah menambahkan.

Dan alasan terakhir adalah profesionalitas, kredibilitas, dan integritas yang dimiliki Agus Martowardojo sudah tidak diragukan lagi baik selama menjadi bankir maupun sebagai Menteri Keuangan.

Tidak ada komentar: