DAFTAR BERITA

Rabu, 16 Januari 2013

Pasar Gunung Tua Terbakar

Pasar Gunung Tua Terbakar.Kebakaran itu Sedikitnya menghanguskan Dua rumah toko (ruko)Selasa (15/1) dinihari(foto,Analisa/tohong p harahap)

INFO TABAGSEL.com-Pasar Gunung Tua Terbakar.Kebakaran itu Sedikitnya menghanguskan Dua rumah toko (ruko) milik Panusunan Harahap (40) dan Bahrum Harahap (40) di tengah pusat pasar Gunung Tua, Lingkungan IV, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) , Selasa (15/1) dini hari.
Dalam peristiwa itu, masyarakat nyaris mengamuk dan kesal akibat lambannya penanganan petugas pemadam kebakaran. Belum diketahui penyebab kebakaran, namun kuat dugaan api akibat arus pendek listrik dari salah satu ruko.Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Amatan Analisa di lokasi kejadian, api mulai berkobar sekira pukul 01.20 Wib, hingga api semakin membesar dan membakar dua ruko beserta barang-barang di dalamnya. Meski terjadi tengah malam, kebakaran tersebut membuat ratusan warga Gunung Tua dan sekitarnya berkerumun mendatangi lokasi kejadian. Sejumlah warga sekitar langsung berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Dua mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian.

Api cepat membesar karena bangunan dua ruko itu berisi bahan akanan dan imitasi maupun permainan anak-anak yang mudah terbakar. Untuk mencegah meluasnya api, dinding bangunan di samping dua ruko tersebut dirubuhkan.

Kekesalan warga semakin bertambah karena persiapan petugas tidak maksimal. Masih ada petugas damkar yang masih bingung dan lamban dalam menyusun pipa air di mobil serta air yang dibawa ke lokasi kebakaran sedikit sehingga tidak mampu menjinakkan kobaran api. Api berhasil dipadamkan sekitar 2 jam kemudian.

Kapolsek Padang Bolak AKP JW Sijabat dikonfirmasi Analisa mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui, serta masih dalam penyelidikan.

Sesalkan

Sekretaris Asosiasi Jurnalis Muda Independen Paluta Yassir Harahap, menyanyangkan lambannya penanganan petugas pemadam kebakaran.

Menurutnya tim Damkar Paluta dalam menjinakan api tidak profesional. Selain itu juga persediaan air tidak maksimal. "Jika diamati, masih ada petugas Damkar yang masih bingung dan lamban dalam menyusun pipa air di mobil damkar. (
ong.Analisa)

Tidak ada komentar: