DAFTAR BERITA

Jumat, 25 Januari 2013

KPU Umumkan Kekayaan Cagub Sumut


INFO TABAGSEL.com-Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara akan mengumumkan jumlah harta kekayaan lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 15 Februari 2013.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Irham Buana Nasution di Medan, Jumat, mengatakan pengumuman itu akan dilakukan setelah ada verifikasi dan klarifikasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas jumlah harta kekayaan yang dilaporkan.

Berdasarkan komunikasi yang dilakukan selama ini, tim dari KPK akan melakukan klarifikasi dan verifikasi terhadap harta kekayaan lima pasangan cagub dan cawagub Sumut tersebut pada 14-15 Februari.

Secara teknis, proses klarifikasi dan verifikasi mengenai jumlah harta kekayaan itu tergantung dari kebijakan tim yang akan diturunkan KPK.

Anggota KPU dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumut akan mendampingi tim dari KPK tersebut yang akan mendatangi tempat tinggal seluruh pasangan cagub dan cawagub.

Setelah mendapatkan hasil klarifikasi dan verifikasi, baru KPK mengumumkannya agar masyarakat mengetahui jumlah kekayaan lima pasangan calon tersebut.

“Rencananya, sebelum masa kampanye sudah diumumkan,” katanya.

Selain tim verifikasi, kata dia, KPK juga akan menurunkan empat direktur di bagian pencegahan pada akhir Januari 2013 untuk memberikan edukasi tentang komitmen antikorupsi dan penggunaan dana kampanye.

Dalam kegiatan itu akan dilakukan juga deklarasi antikorupsi dan penandatanganan pakta intergitas seluruh pasangan calon untuk tidak melakukan korupsi jika mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Sumut.

Pilkada Sumut akan diikuti lima pasangan yakni mantan Dirut Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu yang berpasangan dengan Wakil Bupati Serdang Bedagai Soekirman (nomor urut 1).

Berikutnya, anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Effendi Simbolon yang berpasangan dengan mantan anggota KPU Jumiran Abdi (nomor urut 2).

Setelah itu, mantan Kajati Sumut yang juga anggota DPR RI dari Partai Golkar Chairuman Harahap yang berpasangan Fadly Nurzal yang juga Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan Sumut (nomor urut 3).

Selanjutnya, Bupati Deli Serdang Amri Tambunan yang berpasangan dengan mantan Sekretaris Daerah Pemprov Sumut RE Nainggolan (nomor urut 4).

Untuk pasangan nomor urut 5 adalah Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho yang berpasangan dengan Bupati Serdang Bedagai HT Erry Nuradi.
 (ANTARA)

Tidak ada komentar: