DAFTAR BERITA

Jumat, 18 Januari 2013

Banjir Rendam Barumun, Padang Lawas

INFO TABAGSEL.com-Banjir yang melanda Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara menyebabkan dua rumah, satu musala, dan kendaraan bermotor hanyut. Tidak ada korban dalam kejadian ini.

Banjir itu terjadi pada Kamis (17/1/2013) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB, di Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun. Salah seorang warga, Ashari menyatakan, arus sungai Aek Godang yang cukup besar menyapu rumah warga yang berada di pinggiran sungai.

“Ada satu musala dan dua rumah yang hanyut. Rumah yang satu masih dapat diselamatkan puing-puingnya sebagian, tetapi yang satu rumah lagi hanyut semua,” kata Ashari saat dihubungi, Kamis (17/1/2013) malam.

Kedua rumah yang hanyut itu milik Fadli (50) dan Aswin Lubis (26). Banjir ini juga menghanyutkan beca bermotor dan sepeda motor milik Fadli. Beca bermotor itu sudah berhasil dievakuasi dari sungai, namun sepeda motor masih belum ditemukan.

Terkait bencana ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Lawas, Arpan Nasution menyatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi kejadian. Sejumlah langkah penanggulangan telah dilakukan, termasuk membantu penanganan korban.

“Rumah yang hanyut itu, rumah kayu. Posisinya memang cukup dekat dengan sungai,” kata Arpan

Disebutkan Arpan, selain merusak rumah warga, banjir itu juga merusak satu unit jembatan penghubung di desa itu. Jembatan beton tersebut merupakan akses warga ke lokasi pertanian dan juga pemakaman umum.

Selain di Padang Lawas, banjir juga terjadi di Desa Prapat Janji, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan. Luapan air Sungai Silau merendam puluhan rumah warga.

detikNews

Tidak ada komentar: