DAFTAR BERITA

Rabu, 12 September 2012

33 Tim SMP Terbuka Ikuti Lomojari Bidang Akademik 2012



INFO TABAGSEL.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, khususnya Direktorat Pembinaan SMP, tahun ini kembali menyelenggarakan Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) bidang akademik. Sebanyak 33 tim SMP Terbuka yang berasal dari 32 provinsi di Indonesia, ditambah satu tim dari SMP Terbuka Kinabalu Sabah, Malaysia, berpartisipasi dalam kompetisi ini.
Mata pelajaran yang dilombakan adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi), Seni Budaya/Keterampilan, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Ilmu Pengetahuan tentang peristiwa aktual nasional yang berasal dari pemberitaan media massa.
Lomojari bidang akademik 2012 secara resmi dibuka oleh Direktur Pembinaan SMP, Didik Suhardi, di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, (10/9). Dalam sambutannya, Didik mengatakan Kemdikbud akan terus berupaya meningkatkan kualitas SMPT, baik secara nasional maupun hingga tingkat internasional. Ia juga berpesan kepada peserta Lomojari, untuk memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang ada dalam kompetisi ini. “Dalam pertandingan, ada yang kalah, ada yang menang. Karena itu persiapkan sebaik-baiknya,” ujarnya.
Lomojari bidang akademik merupakan ajang unjuk kemampuan akademis peserta didik SMPT. Para peserta didik yang mengikuti ajang ini diharapkan dapat belajar lebih giat lagi secara mandiri, sehingga mampu menunjang usaha peningkatan mutu pendidikan.
Kompetisi akan berlangsung pada 10-14 September 2012 di Wisma PKBI, Jakarta Selatan. Pesertanya merupakan peserta didik kelas VII dan VIII SMP Terbuka tahun ajaran 2012/2013, dan merupakan pemenang pertama Lomojari tingkat provinsi, yang terdiri dari tiga peserta didik, dan dua pendamping, sehingga totalnya mencapai 165 orang. Usai babak final dan acara penutupan, para peserta akan mengikuti malam keakraban dan berekreasi ke taman hiburan di Jakarta.