DAFTAR BERITA

Kamis, 19 Juli 2012

Harga Karet dan Sawit di Gunung Tua Merangkak Naik

Harga Karet dan sawit Merangkak naik

INFO TABAGSEL.com-Harga tandan buah sawit (TBS) di tingkat agen pengumpul di wilayah Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak dan sekitarnya Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dalam sepekan terakhir ini sudah berangsur membaik mencapai harga Rp 1070 per kg, dari harga sebelumnya Rp1000 per kg. Sementara harga karet juga ikut naik dari Rp10 ribu naik menjadi Rp 10.500 per kg. Kenaikan harga kedua komoditi ini, disambut gembira para petani karena pendapatan mereka bisa kembali meningkat dari hasil penjualan. Haris (29), petani, Desa Hutalombang, Kecamatan Padang Bolak kepada Analisa, Selasa (10/7) mengungkapkan, naiknya harga sawit berangsur naik sepekan terakhir dan membuatnya bernafas lega.

"Alhamdulillah, harga sawit berangsur-angsur naik. Kendati belum seperti yang diharapkan, bagi petani kondisi ini cukup menggembirakan," katanya. Menurutnya, meski naiknya belum signifikan, namun kenaikan harga ini telah membawa angin segar bagi para petani. Dia berharap, harga sawit kembali normal agar para petani bisa memperbaiki ekonomi dan membutuhi kehidupan dalam menyambut lebaran maupun bulan Ramadan.

Senada juga diungkapkan, Rahmat Siregar (48). Kenaikan sebesar Rp500 per kg ini, memang belum menguntungkan petani. Namun setidaknya, dengan perlahan naiknya harga karet itu, ada harapan harga karet akan bisa kembali lagi normal ke harga sebelumnya yang pernah mencapai di atas Rp 18.000 perkg.(Analisa)

Tidak ada komentar: