Ambon (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono mengatakan, semarak Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIV yang berlangsung sukses menunjukkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan beradap.

"MTQ kali ini tidak hanya merupakan berkat bagi masyarakat Ambon tapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dari sini ditunjukkan kebersamaan warga bahu membahu, disini ditunjukkan kita bangsa yang besar dan beradap," kata Wapres saat menutup MTQ XXIV di Ambon, Jumat malam.

Wapres Boediono menutup secara resmi MTQ XXIV di Kota Ambon yang berlangsung sejak 8--15 Juni 2012 ditandai dengan penekanan sirene.

Wapres hadir di Kota Ambon didampingi Ibu Herawati serta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II seperti Menteri Agama Surya Dharma Ali dan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, MTQ nasional ini adalah ajang saling mengenal dan diharapkan memberikan kesan indah bagi seluruh peserta untuk dibawa pulang betapa ramahnya masyarakat Ambon.

"Yang jadi juara jangan larut dalam kegembiraan dan yang belum berhasil jangan jatuh dalam keputusasaan," kata Wapres.

Pada MTQ ke XXIV, DKI Jakarta menjadi juara umum disusul Provinsi Banten diposisi kedua dan Provinsi Kepulauan Riau pada posisi ketiga.

Selanjutnya posisi keempat diraih Jawa Barat, disusul Sumatera Barat pada posisi kelima, Nusa Tenggara Barat mendapat juara keenam, dilanjutkan Jawa Timur ditempat ketujuh, Riau, Kalimantan Selatan, dan Maluku di posisi sepuluh besar.