Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat malam membuka Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-24 di Ambon.

Pembukaan MTQ yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, dihadiri oleh Kafilah dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Pembukaan MTQ berlangsung di tengah guyuran hujan yang memang sudah beberapa hari terjadi di Ambon.

Presiden dan Ibu Negara membuka perhelatan tahunan itu pukul 19.30 WIT.

Pembukaan MTQ Nasional di Ambon berlangsung dalam pengamanan yang ketat. Aparat keamanan melakukan sistem pengamanan dengan menerapkan zona steril untuk memasuki lapangan merdeka.

Zona steril diberlakukan dengan cara mengharuskan seluruh undangan untuk melewati pos pemeriksaan yang dilengkapi dengan metal detektor. Seluruh benda cair dan benda yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan harus ditinggalkan di Pos Keamanan. Petugas pengamanan memeriksa seluruh undangan yang hendak masuk dan barang bawaannya dengan santun dan teliti.

Namun sayangnya penerapan pengamanan berlapis yang sudah cukup baik itu di beberapa titik kurang didukung komunikasi antar lini yang memadai.

Sebagai contoh, sejumlah wartawan yang telah melewati pos pemeriksaan untuk sterilisasi masih harus tertahan ketika hendak memasuki lapangan merdeka.

Salah satu petugas pengaman sampai harus berkomunikasi untuk memastikan apakah wartawan diperbolehkan masuk ke area lapangan merdeka padahal wartawan sudah melalui pemeriksaan tubuh (body check-red) dan juga barang bawaan seperti tas dan perlengkapan lainnya.

MTQ di Ambon akan berlangsung hingga 19 Juni 2012 mendatang.
(ANTARA)