DAFTAR BERITA

Senin, 09 April 2012

Bupati Paluta: Kemitraan antara IBI-KB dan Kesehatan harus Ditingkatkan

Paluta, (Analisa). Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia Keluarga Berencana Kesehatan (IBI KB Kes) bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan KB dan kesehatan. Oleh karena itu, dalam upaya percepatan revitalisasi Program KB IBI KES di Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) diharapkan agar kemitraan antara IBI-KB dan kesehatan serta mitra kerja yang lain terus ditingkatkan sehingga masyarakat lebih memahami program KB.
"Atasnama Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara saya berharap agar kemitraan antara IBI-KB dan kesehatan serta mitra kerja yang lain terus ditingkatkan sehingga masyarakat lebih memahami program KB. Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat, maka pada akhirnya akan meningkatkan kesadaran mereka dengan sukarela akan ikut program KB," kata Bupati Paluta Drs H. Bachrum Harahap diwakili Asisten III Pemkab Paluta, Drs Hailullah Harahap, saat membuka pencanangan bakti sosial IBI-KB-Kesehatan tahun 2012 tingkat Paluta yang di pusatkan di Aula Dinas Kesehatan, Jalan Perwira Lingkungan II, Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padangbolak, Kamis (5/4).

Dikatakannya, pelaksanaan IBI KB Kes dilaksanakan serentak disetiap kabupaten/kota yang dimulai 1 Maret sampai dengan 30 Juni setiap tahun. Dimana tanggung jawab menyukseskan program KB bukan hanya dipundak BKKBN atau Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan, akan tetapi merupakan tanggungjawab bersama yaitu, pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan swasta. "Mari kita bangun jejaring kemitraan sampai ke lini paling bawah dengan memperkuat kelembagaan dan memberdayakan institusi masyarakat pedesaan seperti PPKBD/Sub PPKBD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, unsur pemuda dan unsur lainnya," pinta Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengharapkan agar petugas kesehatan termasuk tenaga Bidan PTT di desa di seluruh wilayah Paluta agar dapat berperan membantu petugas KB Lini Lapangan (PLKB) untuk memberikan penyuluhan KIE tentang KB kepada masyarakat.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan, H Darwin Harahap, mengungkapkan agar tenaga Bidan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan, edukasi dan profesionalismenya kepada masyarakat dalam upaya menekan angka pertumbuhan penduduk di Indonesia khususnya di wilayah Paluta.

Ke depan juga pelayanan bidan dan tenaga kesehatan makin ditingkatkan dalam upaya menjangkau sampai ke daerah-daerah yang terpencil. Dengan demikian maka program Keluarga Berencana (KB) yang dicanangkan pemerintah dapat terlaksaana dengan baik.

Turut hadir dalam pencanangan ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Paluta, H Darwin Harahap, Plt Kepala Badan Keluarga Berencana dan pemberdayaan perempuan Paluta, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Paluta, dr Irwan, Perwakilan PD-IBI Paluta, Para Pejabat dilingkungan Dinkes Paluta maupun Badan Keluarga Berencana dan pemberdayaan perempuan Paluta, Kapus se- Paluta, para bidan dan undangan lainnya. (ong)
Berita terkait lainnya 

Tidak ada komentar: