DAFTAR BERITA

Senin, 27 Februari 2012

Mengintip Keluarga Sukses "Bintang Dari Bumi Dalihan Natolu"


Keluarga Sukses dari Padangsidimpuan ini patut diacungi jempol.Bomer pasaribu,Panusunan Pasaribu,Gus Irawan Pasaribu Syahrul M Pasaribu adalah Nama-nama yang sudah dikenal luas sebagai orang sukses. Mereka sangat kompak dan saling memberi dukungan.Siapa Orang tua mereka?  Dia adalah pedagang beras asal Padang Sidimpuan memiliki tujuh putera puteri buah cintanya dengan Hj Halimah Pakpahan.
Hasan Pinayungan kini telah tiada, menyusul istrinya yang juga telah meninggal dunia Pebruari 2007, namun mereka meninggalkkan putera-puteri yang cukup berkualitas dan membanggakan. Keluarga ini akan terus mengabdi untuk bangsa dengan mengutamakan kekompakan dan saling memberi dukungan penuh.
“Jika ditanya apakah waktu kami kecil-kecil pernah berantem kakak beradik ya pastilah pernah, namanya juga keluarga besar. Tapi setelah itu kembali berbaikan,” kata Gus Irawan Pasaribu, putera ke enam yang juga menjabat Direktur Utama PT Bank Sumut dan juga Ketua Umum KONI Sumut.
Gus berbicara akrab dengan wartawan di sela-sela acara syukuran abang tertuanya, Prof DR Bomer Pasaribu yang menjabat Duta Besar Denmark dan Republik Lituania. Acara digelar di kediaman H Panusunan Pasaribu, merupakan abang Gus Irawan nomor dua, Sabtu (25/02) di Jalan Sei Belutu Medan.
Trade record keluarga ini baik dalam birokrat ataupun dalam dunia politisi di Sumatera Utara memang tak perlu diragukan. Prof DR Bomer Pasaribu SE SH MS, mempunyai segudang prestasi, sebelum dipercaya Presiden RI menjadi Dubes di Denmark,  diantaranya pernah menjabat sebagai menteri di Kabinet Abdul Rahman Wahid, ia juga politisi kawakan dari Partai Golongan Karya.
H Panusunan Pasaribu MM pernah menduduki posisi jabatan strategis di Pemerintahan Propinsi Sumut, terakhir mantan Kadispenda Sumut ini menjabat sebagai Ketua Yayasan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).
Sedangkan H Ibrahim Pasaribu, seorang pelaut dan kini berdomisili di Jakarta. H Syahrul M Pasaribu saat ini sebagai Bupati Tapanuli Selatan, Hj Lisnawati Pasaribu, S Ag seorang Pegawai Negeri Sipil di Padangsidimpuan dan si bungsu Drs Jon Sujani Pasaribu menduduki jabatan strategis di BNI yang sekarang ini calon Direksi Utama BNI Syariah Jakarta.
Siap Maju
Berbicara tentang santer pencalonannya dalam Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) 2013, Gus Irawan tak membantah ikut mencalonkan diri. “Saya siap maju karena memang telah mendapat dukungan keluarga, tentunya juga jika masyarakat menginginkan saya,” kata Gus tegas.
Menurut Gus niatnya ikut dalam bursa pencalonan Pilgubsu, sudah beberapa kali diperbincangkan dalam pertemuan keluarga.  “Keluarga besar saya sangat mendukung, apalagi mereka juga melihatbanyak masyarakat yang juga mendukung niat tersebut. Untuk apalah jika hanya keluarga yang mendukung tapi tidak didukung masyarakat,” tukasnya lagi.
Sampai dengan saat ini, menurutnya sudah ada beberapa Partai Politik yang akan memberi dukungan terhadap Gus Irawan. Namun kata Gus saat ini rencana pencalonannya belum pada tingkat dukung mendukung partai politik.
Berbicara visi misinya untuk maju pada pertarungan Pilgubsu, Gus menyampaikan selain ingin mencerdaskan masyarakat dalam bidang perpolitikan, sebagai orang ekonomi dia akan mengukur segala sesuatunya dari sisi ekonomi.
“Saya orang ekonomi dan mempunyai pendidikan ekonomi. Untuk menindaklanjuti dukungan masyarakat ini saya harus memiliki visi misi dalam bidang ekonomi, misalnya mengenai kemiskinan bagaimana bisa selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama,” paparnya.
Apalagi menurut Gus segala persoalan akan bisa teratasi jika masyarakatnya sudah lebih sejahtera. Selain itu sebagai insan olahraga Gus juga lebih mengedepankan sikap sportifitas dalam menghadapi setiap persoalan.
Dia mengucapkan terima kasih dan merasa tersanjung akan dukungan masyarakat yang menginginkannya maju dalam pertarungan Pilgubsu 2013 nanti.
Sementara itu, Bomer Pasaribu dan Syahrul Pasaribu selaku abang kandung Gus Irawan Pasaribu mendukung adiknya untuk maju dalam Pilgubsu yang akan datang.
“Kalau memang adik saya (Gus Irawan) itu ingin maju ya kita akan mendukungnya,” kata Bomer.
Pernyataan yang sama juga disampaikan Syahrul, namun kata Syahrul semuanya harus dibicarakan dalam keluarganya. “Namun yang terpenting masyarakat juga mendukung,” ujarnya.
Sementara acara syukuran Prof Bomer Pasaribu berlangsung sederhana namun meriah dihadiri sejumlah undangan. Diantara undangan tampak Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumut Abdul Wahab Dalimunthe dan Khairuman Harahap, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Walikota Medan Rahudman Harahap, mantan Walikota Medan Ramli Lubis MM, Walikota Sibolga, HM Syarfi Hutauruk, sejumlah anggota DPRD Sumut dan Medan, serta para insan pers di antaranya Supandi Kusuma, Teruna Jasa Said dan Ketua PWI Sumut M Syahrir.
Keluarga ini memperkenalkan seluruh keluarga besarnya, serta menceritakan bagaimana orangtua mereka mendidik dan membesarkan ke tujuh putera-puterinya dalam kesederhanaan namun dengan disiplin yang kuat.
Untuk tetap memperkuat silaturrahmi di keluarga ini mereka mendirikan Yayasan H Hasan Pinayungan yang memang diambil dari nama sang ayah, berpusat di Kota Padang Sidimpuan