KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL
GURU MATA PELAJARAN IPA SMP/MTs
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
1. Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek fisik,
moral, spiritual, sosial,
kultural, emosional, dan
intelektual.
1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-
emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial-budaya.
Menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat berdasarkan tahapan
perkembangan intelektual siswa
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu.
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu.
Menyeleksi metode pembelajaran yang sesuai dengan pengetahuan
awal peserta didik
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu.
Menentukan langkah kegiatan pembelajaran untuk mengatasi
kesulitas yang dihadapi siswa
2. Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik.
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran yang mendidik terkait
dengan mata pelajaran yang diampu.
Menjelaskan teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang
diampu.
Menentukan model pembelajaran yang cocok untuk mencapai tujuan
pembelajaran IPA tertentu
menentukan langkah-langkah pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran
3. Mengembangkan kurikulum
yang terkait dengan mata
pelajaran yang diampu.
3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum.
Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
diampu.
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang
terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan
pembelajaran.
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan
karakteristik peserta didik.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen
penilaian.
Menentukan jenis tes yang tepat sesuai indikator dan tujuan yang
akan diukur
4. Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan
pembelajaran yang mendidik.
Menjelaskan aspek-aspek dalam merancang program pembelajaran
4.2 Mengembangkan komponen-komponen
rancangan pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang
lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,
laboratorium, maupun lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan
memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan.
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan
kegiatan praktikum IPA tertentu
4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber
belajar yang relevan dengan karakteristik
peserta didik dan mata pelajaran yang diampu
untuk mencapai tujuan pembelajaran secara
utuh.
4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam
pembelajaran yang diampu sesuai dengan
situasi yang berkembang.
5. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
untuk kepentingan
pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
Memilih tipe file yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA
tertentu
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
6. Memfasilitasi pengembangan
potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai
potensi yang dimiliki.
6.1. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mendorong peserta didik mencapai
prestasi secara optimal
6.2. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik,
termasuk kreativitasnya.
Menumbuhkan kreativitas siswa
7. Berkomunikasi secara efektif,
empatik, dan santun dengan
peserta didik.
7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi
yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan,
tulisan, dan/atau bentuk lain.
Keterampilan mengajukan pertanyaan
7.2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik dengan bahasa
yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan
yang mendidik yang terbangun secara siklikal
dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta
didik untuk ambil bagian dalam permainan
melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada
peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons
peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d)
reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan
seterusnya
Mengindetifikasi fungsi pertanyaan
Menentukan jenis pertanyaan
8. Menyelenggarakan penilaian
dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
8.1. Memahami prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran yang diampu.
Mengindentifikasi jenis tes yang sesuai
8.2. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil
belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
yang diampu
8.3. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
8.4. Mengembangkan instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
8.5. Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil
belajar secara berkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen.
8.6. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil
belajar untuk berbagai tujuan
8.7. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
Membuat butir soal butir soal
Menentukan jenis evaluasi
9. Memanfaatkan hasil penilaian
dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.
9.1. Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Menentukan siswa yang tidak mencapai KKM
9.2. Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial
dan pengayaan.
9.3. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan
evaluasi kepada pemangku kepentingan
Menarik kesimpulan dari data tentang belajar tuntas
9.4. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
10. Melakukan tindakan reflektif
untuk peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan
10.2.Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan
dan pengembangan pembelajaran dalam mata
pelajaran yang diampu.
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dalam
mata pelajaran yang diampu.
Mengurutkan langkah PTK
Membuat rumusan judul PTK
Membuat rumusan masalah dalam PTK
Kompetensi: Profesional
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
20. Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
20.1
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,
dan teori-teori IPA serta penerapannya
secara fleksibel.
Membandingkan suatu besaran dengan besaran pokok
Menentukan nilai suhu pada termometer tertentu dari data nilai suhu
termometer standar
Menghitung volume akhir zat setelah mengalami perubahan
temperatur
Menarik kesimpulan tentang sifat fisika bahan kimia dari tabel data
sifat bahan kimia yang disajikan
Membuat grafik yang sesuai dari suatu data gerak lurus yang
disajikan dalam tabel
Mengelompokkan zat ke dalam molekul unsur dan molekul senyawa
Membuat grafik yang sesuai dari sajian data tekanan dan volume
gas
Menentukan besarnya hambatan listrik suatu komponen dari data
hasil percobaan
Menghitung besarnya perubahan energi dari data yang disajikan
dengan tepat
Menentukan urutan organisasi kehidupan dari tingkat sel sampai
organisme
Menentukan rumus kimia sederhana
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak
lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
20. Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
20.2
Memahami proses berpikir IPA dalam
mempelajari proses dan gejala alam
Menarik kesimpulan dari data hasil penelitian
Mengevaluasi sistem regulasi manusia
20.3
Menggunakan bahasa simbolik dalam
mendeskripsikan proses dan gejala alam.
Menyimpulkan data yang ditampilkan dalam tabel
20.4
Memahami hubungan antar berbagai
cabang IPA, dan hubungan IPA dengan
matematika dan teknologi.
Mengkomunikasikan laju kecepatan fotosintesis
Menentukan penotif pada F2
20.5
Bernalar secara kualitatif maupun
kuantitatif tentang proses dan hukum alam
sederhana.
Menentukan jenis muatan listrik suatu benda berdasarkan interaksi
yang dialami benda tersebut dengan benda lain yang bemuatan
listrik
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi terhadap
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
ketersediaan bahan pangan
Menganalisis rantai makanan
menentukan grafik yang sesuai untuk menggambarkan sifat dan
wujud air
Menentukan besarnya tegangan listrik suatu hambatan dalam
rangkaian listrik
Menentukan besarnya gaya yang terukur oleh neraca pegas pada
suatu formasi beban tertentu
Menganalisis grafik gerak lurus berubah beraturan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
20.6
Menerapkan konsep, hukum, dan teori
IPAuntuk menjelaskan berbagai fenomena
alam.
Menjelaskan fenomena sehari-hari dengan menggunakan konsep
atom, ion, dan molekul
Menghitung besarnya tegangan tali dari formasi tiga balok yang
diketahui massa masing-masing balok, dan gaya penariknya
dengan menggunakan hukum II Newton
Membandingkan cepat rambat gelombang bunyi dalam medium
yang berbeda
Menggunakan hukum pemantulan cermin dalam perhitungan
Menghitung tegangan, kuat arus listrik, dan jumlah lilitan suatu trafo
berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik
Menggunakan Hukum II Kepler untuk memprediksi kecepatan edar
suatu planet
Memberikan contoh pembuahan tunggal
Menentukan golongan darah pada keturunan
Menentukan proses pertukaran gas pada sistem respirasi
Menentukan organism sesuai tingkat trofiknya
Menentukan gerak pada tumbuhan
Menentukan persamaan reaksi pernapasan
Menentukan istilah dalam teknik rekayasa genetika
Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan dalam
menentukan arah lintasan cahaya
20.7
Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA
dalam teknologi terutama yang dapat
ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Menghitung besarnya energi listrik yang harus dibayar berdasarkan
data pemakaian alat listrik selama sebulan
Menentukan contoh-contoh produk bioteknologi
20.8
Memahami lingkup dan kedalaman IPA
Menganalisis sistem peredaran darah
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
sekolah.
Menganalisis hubungan proses fotosintesis dan respirasi
Mengaitkan struktur dan fungsi tumbuhan
Menganalisis hubungan kerja otot bisep dan trisep serta
pergerakan tulang
Menganalisis kelainan pada proses pembentukan urin
Menentukan fungsi dari bagian bunga
Menentukan jenis sendi
Menentukan daerah rasa pada lidah
20.9
Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan
pengembangan IPA.
Mencari alternative pengganti bahan kimia buatan
20.10
Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori
pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar
di laboratorium IPA sekolah.
Membaca simbol senyawa kimia berbahaya
20.11
Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,
alat hitung, dan piranti lunak komputer
untuk meningkatkan pembelajaran IPA di
kelas, laboratorium.
Membaca hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong
secara tepat
Membaca hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer
sekrup secara tepat
20.12
Merancang eksperimen IPA untuk
keperluan pembelajaran atau penelitian
Merumuskan hipotesis dari percobaan faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan tumbuhan
20.13
Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara
yang benar.
Menjelaskan langkah-langkah cara membuat dan memperkuat
kemagnetan
Menentukan langkah dalam membuat preparat basah
20.14
Memahami sejarah perkembangan IPA dan
pikiran-pikiran yang mendasari
perkembangan tersebut.
Menemukan tokoh teori atom
21. Menguasai standar
kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan yang diampu.
21.1
Memahami standar kompetensi mata
pelajaran yang diampu
21.2
Memahami kompetensi dasar mata
pelajaran yang diampu
21.3
Memahami tujuan pembelajaran yang
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
diampu
22. Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu
secara kreatif.
22.1
Memilih materi pembelajaran yang
diampu sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik
22.2
Mengolah materi pelajaran yang diampu
secara kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
23. Mengembangkan
keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif.
23.1
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara terus-menerus.
23.2
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
peningkatan keprofesionalan.
23.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan.
23.4
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar
dari berbagai sumber.
24. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk
berkomunikasi dan
mengembangkan diri.
24.1
Memanfaatkan teknologi informasi
dankomunikasi dalam berkomunikasi.
24.2
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri.
GURU MATA PELAJARAN IPA SMP/MTs
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
1. Menguasai karakteristik
peserta didik dari aspek fisik,
moral, spiritual, sosial,
kultural, emosional, dan
intelektual.
1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-
emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial-budaya.
Menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat berdasarkan tahapan
perkembangan intelektual siswa
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu.
1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu.
Menyeleksi metode pembelajaran yang sesuai dengan pengetahuan
awal peserta didik
1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu.
Menentukan langkah kegiatan pembelajaran untuk mengatasi
kesulitas yang dihadapi siswa
2. Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik.
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-
prinsip pembelajaran yang mendidik terkait
dengan mata pelajaran yang diampu.
Menjelaskan teori konstruktivisme dalam pembelajaran IPA
2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran yang
diampu.
Menentukan model pembelajaran yang cocok untuk mencapai tujuan
pembelajaran IPA tertentu
menentukan langkah-langkah pembelajaran untuk mencapai tujuan
pembelajaran
3. Mengembangkan kurikulum
yang terkait dengan mata
pelajaran yang diampu.
3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum.
Menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
menjelaskan prinsip pengembangan kurikulum
3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang
diampu.
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang
terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan
pembelajaran.
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan
karakteristik peserta didik.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen
penilaian.
Menentukan jenis tes yang tepat sesuai indikator dan tujuan yang
akan diukur
4. Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik.
4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan
pembelajaran yang mendidik.
Menjelaskan aspek-aspek dalam merancang program pembelajaran
4.2 Mengembangkan komponen-komponen
rancangan pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang
lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,
laboratorium, maupun lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan
memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan.
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan
kegiatan praktikum IPA tertentu
4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber
belajar yang relevan dengan karakteristik
peserta didik dan mata pelajaran yang diampu
untuk mencapai tujuan pembelajaran secara
utuh.
4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam
pembelajaran yang diampu sesuai dengan
situasi yang berkembang.
5. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
untuk kepentingan
pembelajaran.
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
Memilih tipe file yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA
tertentu
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
6. Memfasilitasi pengembangan
potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai
potensi yang dimiliki.
6.1. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mendorong peserta didik mencapai
prestasi secara optimal
6.2. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik,
termasuk kreativitasnya.
Menumbuhkan kreativitas siswa
7. Berkomunikasi secara efektif,
empatik, dan santun dengan
peserta didik.
7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi
yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan,
tulisan, dan/atau bentuk lain.
Keterampilan mengajukan pertanyaan
7.2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik dengan bahasa
yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan
yang mendidik yang terbangun secara siklikal
dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta
didik untuk ambil bagian dalam permainan
melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada
peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons
peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d)
reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan
seterusnya
Mengindetifikasi fungsi pertanyaan
Menentukan jenis pertanyaan
8. Menyelenggarakan penilaian
dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
8.1. Memahami prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran yang diampu.
Mengindentifikasi jenis tes yang sesuai
8.2. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil
belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
yang diampu
8.3. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
8.4. Mengembangkan instrumen penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar
Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi
Dasar)
Indikator Esensial
8.5. Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil
belajar secara berkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen.
8.6. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil
belajar untuk berbagai tujuan
8.7. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
Membuat butir soal butir soal
Menentukan jenis evaluasi
9. Memanfaatkan hasil penilaian
dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.
9.1. Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Menentukan siswa yang tidak mencapai KKM
9.2. Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial
dan pengayaan.
9.3. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan
evaluasi kepada pemangku kepentingan
Menarik kesimpulan dari data tentang belajar tuntas
9.4. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
10. Melakukan tindakan reflektif
untuk peningkatan kualitas
pembelajaran.
10.1.Melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan
10.2.Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan
dan pengembangan pembelajaran dalam mata
pelajaran yang diampu.
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran dalam
mata pelajaran yang diampu.
Mengurutkan langkah PTK
Membuat rumusan judul PTK
Membuat rumusan masalah dalam PTK
Kompetensi: Profesional
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
20. Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
20.1
Memahami konsep-konsep, hukum-hukum,
dan teori-teori IPA serta penerapannya
secara fleksibel.
Membandingkan suatu besaran dengan besaran pokok
Menentukan nilai suhu pada termometer tertentu dari data nilai suhu
termometer standar
Menghitung volume akhir zat setelah mengalami perubahan
temperatur
Menarik kesimpulan tentang sifat fisika bahan kimia dari tabel data
sifat bahan kimia yang disajikan
Membuat grafik yang sesuai dari suatu data gerak lurus yang
disajikan dalam tabel
Mengelompokkan zat ke dalam molekul unsur dan molekul senyawa
Membuat grafik yang sesuai dari sajian data tekanan dan volume
gas
Menentukan besarnya hambatan listrik suatu komponen dari data
hasil percobaan
Menghitung besarnya perubahan energi dari data yang disajikan
dengan tepat
Menentukan urutan organisasi kehidupan dari tingkat sel sampai
organisme
Menentukan rumus kimia sederhana
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak
lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
20. Menguasai materi, struktur,
konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
20.2
Memahami proses berpikir IPA dalam
mempelajari proses dan gejala alam
Menarik kesimpulan dari data hasil penelitian
Mengevaluasi sistem regulasi manusia
20.3
Menggunakan bahasa simbolik dalam
mendeskripsikan proses dan gejala alam.
Menyimpulkan data yang ditampilkan dalam tabel
20.4
Memahami hubungan antar berbagai
cabang IPA, dan hubungan IPA dengan
matematika dan teknologi.
Mengkomunikasikan laju kecepatan fotosintesis
Menentukan penotif pada F2
20.5
Bernalar secara kualitatif maupun
kuantitatif tentang proses dan hukum alam
sederhana.
Menentukan jenis muatan listrik suatu benda berdasarkan interaksi
yang dialami benda tersebut dengan benda lain yang bemuatan
listrik
Memprediksi pengaruh kepadatan populasi terhadap
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
ketersediaan bahan pangan
Menganalisis rantai makanan
menentukan grafik yang sesuai untuk menggambarkan sifat dan
wujud air
Menentukan besarnya tegangan listrik suatu hambatan dalam
rangkaian listrik
Menentukan besarnya gaya yang terukur oleh neraca pegas pada
suatu formasi beban tertentu
Menganalisis grafik gerak lurus berubah beraturan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
20.6
Menerapkan konsep, hukum, dan teori
IPAuntuk menjelaskan berbagai fenomena
alam.
Menjelaskan fenomena sehari-hari dengan menggunakan konsep
atom, ion, dan molekul
Menghitung besarnya tegangan tali dari formasi tiga balok yang
diketahui massa masing-masing balok, dan gaya penariknya
dengan menggunakan hukum II Newton
Membandingkan cepat rambat gelombang bunyi dalam medium
yang berbeda
Menggunakan hukum pemantulan cermin dalam perhitungan
Menghitung tegangan, kuat arus listrik, dan jumlah lilitan suatu trafo
berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik
Menggunakan Hukum II Kepler untuk memprediksi kecepatan edar
suatu planet
Memberikan contoh pembuahan tunggal
Menentukan golongan darah pada keturunan
Menentukan proses pertukaran gas pada sistem respirasi
Menentukan organism sesuai tingkat trofiknya
Menentukan gerak pada tumbuhan
Menentukan persamaan reaksi pernapasan
Menentukan istilah dalam teknik rekayasa genetika
Menggunakan hukum pemantulan dan pembiasan dalam
menentukan arah lintasan cahaya
20.7
Menjelaskan penerapan hukum-hukum IPA
dalam teknologi terutama yang dapat
ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Menghitung besarnya energi listrik yang harus dibayar berdasarkan
data pemakaian alat listrik selama sebulan
Menentukan contoh-contoh produk bioteknologi
20.8
Memahami lingkup dan kedalaman IPA
Menganalisis sistem peredaran darah
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
sekolah.
Menganalisis hubungan proses fotosintesis dan respirasi
Mengaitkan struktur dan fungsi tumbuhan
Menganalisis hubungan kerja otot bisep dan trisep serta
pergerakan tulang
Menganalisis kelainan pada proses pembentukan urin
Menentukan fungsi dari bagian bunga
Menentukan jenis sendi
Menentukan daerah rasa pada lidah
20.9
Kreatif dan inovatif dalam penerapan dan
pengembangan IPA.
Mencari alternative pengganti bahan kimia buatan
20.10
Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori
pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar
di laboratorium IPA sekolah.
Membaca simbol senyawa kimia berbahaya
20.11
Menggunakan alat-alat ukur, alat peraga,
alat hitung, dan piranti lunak komputer
untuk meningkatkan pembelajaran IPA di
kelas, laboratorium.
Membaca hasil pengukuran dengan menggunakan jangka sorong
secara tepat
Membaca hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer
sekrup secara tepat
20.12
Merancang eksperimen IPA untuk
keperluan pembelajaran atau penelitian
Merumuskan hipotesis dari percobaan faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan tumbuhan
20.13
Melaksanakan eksperimen IPA dengan cara
yang benar.
Menjelaskan langkah-langkah cara membuat dan memperkuat
kemagnetan
Menentukan langkah dalam membuat preparat basah
20.14
Memahami sejarah perkembangan IPA dan
pikiran-pikiran yang mendasari
perkembangan tersebut.
Menemukan tokoh teori atom
21. Menguasai standar
kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran/bidang
pengembangan yang diampu.
21.1
Memahami standar kompetensi mata
pelajaran yang diampu
21.2
Memahami kompetensi dasar mata
pelajaran yang diampu
21.3
Memahami tujuan pembelajaran yang
Kompetensi Inti Guru
Kompetensi Guru Mapel Fisika
Indikator Esensial
diampu
22. Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu
secara kreatif.
22.1
Memilih materi pembelajaran yang
diampu sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik
22.2
Mengolah materi pelajaran yang diampu
secara kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
23. Mengembangkan
keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif.
23.1
Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara terus-menerus.
23.2
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
peningkatan keprofesionalan.
23.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan.
23.4
Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar
dari berbagai sumber.
24. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk
berkomunikasi dan
mengembangkan diri.
24.1
Memanfaatkan teknologi informasi
dankomunikasi dalam berkomunikasi.
24.2
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar