DAFTAR BERITA

Senin, 13 Februari 2012

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Awal Sejarah SMA


Kisi-Kisi
Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Tahun 2012
Mapel : Sejarah SMA
Satuan Pendidikan : SMA
KOMPETENSI PEDAGOGIK

Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1. Menguasai karak-teristik
peserta didikdari aspek fisik,
moral, spiritual, sosial,kultural,
emosional,dan intelektual.
1.1 Memahami karakteristik peserta
didik yang
berkaitandengan aspek fisik,
intelektual,sosial-emosional,
moral, spiritual, dan latar
belakang sosial-budaya.
1.1.1 Guru dapat mengidentifikasikarakteristik peserta didik yang
berkaitandengan aspek sosial-emosionalmata pelajaran
sejarah dengan benar
1.2 Mengidentifikasi potensi
peserta didik dalam mata
pelajaran sejarah
1.2.1 Guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik dalam
mata pelajaran Sejarah dengan benar
1.3 Mengidentifikasi bekalajarawal
peserta didik dalam
matapelajaran sejarah
13.1Guru dapat mengidentifikasi bekalajar awal peserta didik
dalam matapelajaran Sejarah dengan benar
1.4 Mengidentifikasi
kesulitanbelajar peserta didik
dalammata pelajaran sejarah.
1.4.1 Guru dapat mengidentifikasi kesulitan belajar peserta
didik dalam matapelajaran Sejarah dengan benar
2. Menguasai teori bel-ajar dan
prinsip-prinsip pembela-jaran
yang mendidik
2.1Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik
terkaitdengan mata pelajaran
2.1.1 Guru dapat menjelaskan teori-teori belajar mata
pelajaran Sejarah dengan benar
2.1.2 Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik mata pelajaran Sejarah dengan


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
sejarah benar
2.2Menerapkan berbagai
pendkatan, strategi, metode,
2.2.1 Guru dapat memilih pendekatan pembelajaran yang
mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar
danteknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif
2.2.2 Guru dapat memilihstrategi pembelajaran yang mendidik
mata pelajaran Sejarah dengan benar
dalammata pelajaran sejarah. 2.2.3 Guru dapat memilih metode pembelajaran yang
mendidik mata pelajaran Sejarah dengan benar
2.2.4 Guru dapat memilih teknik pembelajaran yang mendidik
mata pelajaran Sejarah dengan benar
2.2.5 Guru dapat memilih model pembelajaran yang mendidik
mata pelajaran Sejarah dengan benar
3. Mengembangkan kurikulum
yang terkait dengan
matapelajaran sejarah.
3.1Memahami prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum.
3.1.1 Guru dapat mengidentifikasiprinsip-prinsip
pengembangan kurikulum mata pelajaran Sejarah dengan
benar
3.2Menentukan tujuan
pembelajaran sejarah.
3.2.1 Guru dapat menyusun tujuan pembelajaran mata
pelajaran Sejarah dengan benar
3.3Menentukan
pengalamanbelajar yang sesuai
untuk men-capai tujuan
3.3.1 Guru dapat memilih pengalaman belajar yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran Sejarah dengan
benar
3.4.Memilih materi
pembelajaransejarah yang
terkaitdengan pengalaman
belajardan tujuan pembelajaran.
3.4.1 Guru dapat memilihmateri pembelajaran sesuai
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaranmata pelajaran
Sejarah dengan benar


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
3.5Menata materi
pembelajaransecara benar sesuai
denganpendekatan yang dipilih
dankarakteristik peserta didik.
3.5.1 Guru dapat menyusun materi pembelajaransecara benar
sesuai denganpendekatan yang dipilih dankarakteristik
peserta didik dalam matapelajaran Sejarahdengan benar
3.6Mengembangkan indikator
daninstrumen penilaian.
3.5.1Guru dapat menyusun indikator berdasarkan SK/KD
matapelajaran Sejarahdengan benar
3.5.1Guru dapat menyusun instrumen berdasarkan SK/KD
matapelajaran Sejarahdengan benar
4. Menyelenggarakan
pembelajaran yangmendidik.
4.1Memahami prinsipprinsipperancangan
pembelajaranyang mendidik.
4.1.1 Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsipperancangan
pembelajaran (RPP) yang mendidik berdasarkan Permen
Diknas No. 41/2007 tentang standar Proses dengan benar
.
4.2Mengembangkan komponenkomponen
rancangan pembelajaran.
4.2.1 Guru dapat mengidentifikasi komponen rancangan
pembelajaran (RPP) yang mendidik berdasarkan Permen
Diknas No. 41/2007 tentang standar Proses dengan benar
4.3Menyusun rancangan
pembelajaran yang lengkap,
baikuntuk kegiatan di dalam kelas,
laboratorium, maupun lapangan.
4.3.1 Guru dapat menyusun rancangan pembelajaran (RPP) yang
mendidik berdasarkan Permen Diknas No. 41/2007 tentang
standar Proses untuk kegiatan di dalam kelas matapelajaran
Sejarahdengan benar
4.3.2 Guru dapat menyusun rancangan pembelajaran (RPP) yang
mendidik berdasarkan Permen Diknas No. 41/2007 tentang
standar Proses untuk kegiatan di lapangan matapelajaran
Sejarahdengan benar
4.4Melaksanakan 4.4.1 Guru dapat melaksanakan pembelajaran mata pelajaran


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
pembelajaranyang mendidik di
kelas, di la-boratorium, dan di
lapangan dengan memperhatikan
standar keamanan yang dipersyaratkan.
Sejarah di dalam kelas sesuai dengan rancangan
pembelajaran (RPP) yang mendidik berdasarkan Permen
Diknas No. 41/2007 tentang standar Proses dengan benar
4.4.2 Guru dapat melaksanakan pembelajaran mata pelajaran
Sejarah di lapangan sesuai dengan rancangan pembelajaran
(RPP) yang mendidik berdasarkan Permen Diknas No.
41/2007 tentang standar Proses dengan benar
4.5Menggunakan media
pembelajaran dan sumber
belajaryang relevan dengan karakteristik
peserta didik dan
matapelajaran sejarah
untukmencapai tujuan
pembelajaransecara utuh.
4.5.1 Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang
relevan dengan karakteristik peserta didik untuk mata
pelajaran Sejarah dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaransecara utuh dengan benar
4.5.2 Guru dapat menggunakan sumber belajar yang relevan
dengan karakteristik peserta didik untuk mata pelajaran
Sejarah dalam rangka mencapai tujuan pembelajaransecara
utuh dengan benar
4.6Mengambil keputusan transaksional
dalam
pembelajaransejarah sesuai
dengansituasi yang berkembang.
4.6.1 Guru dapat memutuskan pembelajaran mata pelajaran
Sejarah sesuai situasi yang berkembang dengan benar
5. Memanfaatkan tek-nologi
informasi dankomunikasi
untukkepentingan pembelajaran.
5.1Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi
dalampembelajaran sejarah.
5.1.1 Guru dapat memanfaatkan TI K dalam pembelajaran mata
pelajaran Sejarah dengan benar


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
6. Memfasilitasi pe-ngembangan
potensi peserta didikuntuk
mengaktualisasikan
berbagaipotensi yang dimiliki.
6.1Menyediakan berbagai
kegiatan pembelajaran
untukmendorong peserta didik
mencapai prestasi secara optimal.
6.1.1 Guru dapat memilih berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
6.2Menyediakan berbagai
kegiatan pembelajaran
untukmengaktualisasikan
potensipeserta didik, termasuk
krea-tivitasnya.
6.2.1 Guru dapat memilih berbagai kegiatan pembelajaran
untukmengaktualisasikan potensipeserta didik, termasuk
krea-tivitasnya dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
7. Berkomunikasi se-cara efektif,
empatik,dan santun
denganpeserta didik.
7.1Memahami berbagai
strategiberkomunikasi yang
efektif,empatik, dan santun,
secaralisan, tulisan, dan/atau
bentuklain.
7.1.1 Guru dapat memilih berbagai strategiberkomunikasi yang
efektif,empatik, dan santun, secaralisan dalam mata
pelajaran Sejarah dengan benar
7.1.2 Guru dapat memilih berbagai strategiberkomunikasi yang
efektif,empatik, dan santun, secaratulisan dalam mata
pelajaran Sejarah dengan benar
7.2Berkomunikasi secara
efektif,empatik, dan santun
denganpeserta didik dengan
bahasayang khas dalam
interaksikegiatan/permainan yang
mendidik yang terbangun secara
siklikal dari (a) penyiapankondisi
psikologis peserta didikuntuk
ambil bagian dalampermainan
melalui bujukan dan contoh, (b)
ajakan kepada peserta didik untuk
7.2.1 Guru dapat melaksanakan komunikasi yang efektif,empatik,
dan santundengan bahasayang khas dalam
interaksikegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun
secara siklikal dari (a) penyiapankondisi psikologis peserta
didikuntuk ambil bagian dalampermainan melalui bujukan
dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil
bagian,(c) respons peserta didikterhadap ajakan guru, dan
(d) reaksi guru terhadap responspeserta didik dalam mata
pelajaran Sejarah dengan benar


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
ambil bagian,(c) respons peserta
didikterhadap ajakan guru, dan (d)
reaksi guru terhadap
responspeserta didik, dan
seterusnya
8. Menyelenggarakan penilaian
dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
8.1Memahami prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi proses dan
hasil belajar sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran
yangdiampu.
8.1.1 Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik
dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
8.1.2 Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi hasil belajar sesuai dengan karakteristik dalam mata
pelajaran Sejarah dengan benar
8.2Menentukan aspekaspekproses
dan hasil belajar
yangpenting untuk dinilai dan dievaluasi
sesuai dengan karakteristik
mata pelajaran yangdiampu.
8.2.1 Guru dapat menentukan aspek-aspekproses pembelajaran
yangpenting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan
karakteristik dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
8.2.2 Guru dapat menentukan aspek-aspekhasil belajar
yangpenting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan
karakteristik dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
8.3Menentukan prosedur
penilaiandan evaluasi proses dan
hasilbelajar.
8.3.1 Guru dapat menentukan prosedur penilaian dan
evaluasiproses pembelajarandalam mata pelajaran Sejarah
dengan benar
8.3.2 Guru dapat menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
8.4Mengembangkan
instrumenpenilaian dan evaluasi
prosesdan hasil belajar
8.4.1 Guru dapat menyususn instrumenpenilaian dan evaluasi
proses pembelajaran dalam mata pelajaran Sejarah dengan
benar
8.4.1 Guru dapat menyususn instrumenpenilaian dan evaluasi


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
8.5Mengadministrasikan
penilaianproses dan hasil belajar
secaraberkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen.
8.5.1 Guru dapat mengadministrasikan penilaian dan evaluasi
proses pembelajaran secaraberkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen pada mata pelajaran
Sejarah dengan benar
8.5.2 Guru dapat mengadministrasikan penilaian dan evaluasi
hasil belajar secaraberkesinambungan dengan mengunakan
berbagai instrumen pada mata pelajaran Sejarah dengan
benar
8.6Menganalisis hasil
penilaianproses dan hasil belajar
untukberbagai tujuan.
8.6.1 Guru dapat mengolah hasil penilaian proses pembelajaran
untuk berbagai tujuan dalam mata pelajaran Sejarah dengan
benar
8.6.2 Guru dapat mengolah hasil penilaian dari hasil belajar
untuk berbagai tujuan dalam mata pelajaran Sejarah dengan
benar
8.7Melakukan evaluasi prosesdan
hasil belajar.
8.7.1 Guru dapat melakukan evaluasi proses pembelajaran
dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
8.7.2 Guru dapat melakukan evaluasi hasil belajar dalam mata
pelajaran Sejarah dengan benar
9. Memanfaatkan hasilpenilaian
dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.
9.1Menggunakan informasi
hasilpenilaian dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan belajar
9.1.1 Guru dapat menggunakan informasi hasilpenilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar dalam mata
pelajaran Sejarah berdasarkan KKM
9.2Menggunakan informasi 9.2.1 Guru dapat menggunakan informasi hasilpenilaian dan


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
hasilpenilaian dan evaluasi
untukmerancang program
evaluasi untuk merancang program remedial dalam mata
pelajaran Sejarah berdasarkan pedoman dari BNSP
remedialdan pengayaan. 9.2.2 Guru dapat menggunakan informasi hasilpenilaian dan
evaluasi untuk merancang program pengayaan dalam mata
pelajaran Sejarah berdasarkan pedoman dari BNSP
9.3Mengkomunikasikan
hasilpenilaian dan evaluasi
kepadapemangku kepentingan
9.3.1 Guru dapat mengkomunikasikan hasilpenilaian dan
evaluasi kepadapemangku kepentingan untuk mata
pelajaran Sejarah dengan benar
9.4Memanfaatkan informasi
hasilpenilaian dan evaluasi pembelajaran
untuk
9.4.1 Guru dapat menggunakan informasi hasilpenilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkankualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran Sejarah dengan benar
meningkatkankualitas
pembelajaran.
10. Melakukan tindak-an reflektif
untukpeningkatan kualitas
pembelajaran
10.1Melakukan refleksi
terhadappembelajaran yang
telahdilaksanakan
10.1.1 Guru dapat melakukan refleksi terhadappembelajaran
yang telahdilaksanakan dalam mata pelajaran Sejarah
dengan benar
10.2Memanfaatkan hasil
refleksiuntuk perbaikan dan
pengembangan pembelajaran
dalammata pelajaran sejarah
10.2.1 Guru dapat memanfaatkan hasil refleksiuntuk perbaikan
dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran
Sejarah dengan benar
10.3Melakukan penelitian
tindakankelas untuk
meningkatkankualitas
10.3.1 Guru dapat menyusun prososal PTK untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran mata pelajaran Sejarah dengan benar
10.3.2 Guru dapat melakukan PTK untuk meningkatkan kualitas


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar)
pembelajaran dalammata
pelajaran sejarah.
Indikator Esensial
pembelajaran mata pelajaran Sejarah dengan benar
10.3.3 Guru dapat menyusun laporan PTK untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran mata pelajaran Sejarah dengan benar


KOMPETENSI PROFESIONAL


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1. Memahami prinsip dasar ilmu
sejarah 1.1.Menjelaskan pengertian dan
ruang lingkup ilmu sejarah
1.1.1Di informasikan pengertian Sejarah, guru dapat menjelaskan
pengertian sejarah dengan benar.
1.1.2 Di informasikan tentang penyusunan sejarah periodisasi,
gurudpt menyusun periodisasi sejarah dengan benar.
1.1.3 Ditampilkan gambar peninggalan sejarah, guru dapat
mengklasifikasi minimal tiga periodisasi sejarah .
1.1.4 Diinformasikan tentang konsep dasar ilmu sejarah, guru
dapat menjelaskan ruang lingkup dalam ilmu sejarah dengan
benar.
1.2 Mendeskripsikan tradisi sejarah
dalam masyarakat Indonesia masa
pra-aksara dan masa aksara
1.2.1.Diinformasikan tentang tradisi sejarah dalam masyarakat,
guru dapat mengidentifikasi minimal 3 (tiga) jenis tradisi
sejarah dalam masyarakat Indonesia.
1.2.2. Dipaparkan cuplikan sebuah cerita, guru dapat
menggolongkan isi ceritasebagai tradisi sejarah dalam
masyarakat Indonesia.
1.3 Menggunakan prinsip-prinsip
dasar penelitian sejarah
1.3.1 Diinformasikan prinsip-prinsip penelitian sejarah, guru
dapat menyusun langkah-langkah penelitian sejarah dengan
benar.
1.3.2 Diinformasikan tentang keguaan ilmu sejarah, guru
menjelaskan kegunaan ilmu sejarah.
2. Menganalisis peradaban
Indonesia dan dunia
2.1. Menganalisis kehidupan awal
masyarakat Indonesia
2.1.1 Ditampilkan bagan jaman berdasar geologi, guru dapat
mendeskripsikanpembagian jaman pra aksara berdasarkan


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
pendekatan geologi.
2.1.2 Ditunjukkan gambarbenda peninggalan jaman pra
aksara,guru dapat mengidentifikasi ciri-cirikehidupan
manusia jaman pra aksara dengan benar.
2.1.3 Ditunjukkan fosil manusia purba masa pra aksara, guru
dapat mengidentifikasi ciri-ciri manusia purba sesuai
periodisasinya.
2.2 Mengidentifikasi peradaban
awal masyarakat di dunia yang
berpengaruh terhadap peradaban
2.2.1 Ditunjukkan gambar nekara, kapak lonjong, guru dapat
menjelaskan pengaruh kebudayaan Dongsong (Indocina)
dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
Indonesia 2.2.2 Diinformasikan tentang kebudayaan Bacson Hoabinh, guru
dapat mengidentifikasi minimal 1 hasil budaya Bacson
Hoabinh di Indonesia.
2.3 Menganalisis asal-usul dan
persebaran manusia di kepulauan
Indonesia
2.3.1Ditunjukkan peta migrasi manusia di dunia, guru dapat
mendeskripsikan migrasi manusiapada masa pra aksara.
3.Menganalisis perjalanan
bangsa Indonesia pada masa
negara-negara tradisional
3.1 Menganalisis pengaruh
perkembangan agama dan
kebudayaan Hindu-Buddha
terhadap masyarakat di berbagai
daerah di Indonesia
3.1.1 Diinformasikan tentang teori-teori masuknya Hindu Budha,
guru dapat menjelaskan minimal 1 (satu) teori tentang
masuknya Hindu-Budha ke Indonesia.
3.1.2 Diinformasikan pengaruh Hindu di Indonesia, guru dapat
mengidentifikasi pengaruh Hindu pada bangunan candi.
3.1.3 Ditampilkan gambar candi, dapat mengidentifikasi tiga ciriciri
candi Jawa Tengah dan Jawa Timur.
3.2Menganalisis
perkembangan kehidupan
3.2.1Diinformasikan tentang Sumpah Palapa Gajah Mada, guru
dapat menunjukkan dengan benar raja Majapahit pada


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
negara-negara kerajaan Hindu-
Buddha di Indonesia
waktu itu.
3.2.2 Diinformasikan kerajaan-kerajaan Hindu Budha di Indonesia,
guru dapat menyusun secara kronologisminimal 3 (tiga)
kerajaan tua.
3.2.3 Diinformasikan pengaruh Cina dan India di Indonesia, guru
dapat menjelaskan kedudukan strategis kerajaan Sriwijaya
dalam pelayaran dunia.
3.3 Menganalisis pengaruh
perkembangan agama dan
kebudayaan Islam terhadap
masyarakat di berbagai daerah di
Indonesia
3.3.1Dipaparkan teori-teori tentang masuknya Islam di Indonesia
dengan menggunakan peta, guru dapat menyebutkan tokoh
teori masuknya Islam ke Indonesia dengan benar.
3.3.2 Diinformasikan perkembangan Islam di Indonesia, guru
dapat mengidentifikasi 2 (dua)nama wali songodengan benar
sebagai tokoh penyebar Islam di Indonesia.
3.3.3Diinformasikan masjid kuno guru dapat mengidentifikasi
cirri-cirimasjid kuno di Indonesia.
3.4 Menganalisis
perkembangan kehidupan
negara-negara, kerajaankerajaan
Islam di
Indonesia
3.4.1 Diinformasikan tentang kerajaan-kerajaan Islam pada awal
berkembang Islam di Indonesia, guru dapat menjelaskan
kerajaan Islam pertama di Indonesia pada abad ke 12.
3.4.2 Diinformasikan tentang perkembangan kerajaan-kerajaan
Islam di Indonesia pada abad ke-14-16, guru dapat
menjelaskan latar belakang berdirinya kerajaan Demak.
3.5.Menganalisis proses interaksi
antara tradisi lokal, Hindu-Buddha,
dan Islam di Indonesia
3.5.1 Diinformasikan tentang Konsep sinkretisme tradisi local,
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, guru dapat
mengidentifikasi sinkritisme pada bangunan mesjid Demak
dengan benar.


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
3.5.2 Diinformasikan tentang Konsep sinkretisme tradisi local,
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia, guru dapat menjelaskan
cirri kubah masjid.
4.Menganalisis perkembangan
bangsa Indonesia sejak
masuknya pengaruh Barat
sampai dengan pendudukan
Jepang
4.1Menganalisis perkembangan
pengaruh Barat dan perubahan
ekonomi, demografi, dan
kehidupan sosial budaya
masyarakat di Indonesia pada masa
kolonial
4.1.1 Diinformasikan tentang latar belakang kedatangan bangsa
barat ke Indonesia, guru dapat menjelaskan minimal 2 alasan
kedatang bangsa barat ke Indonesia.
4.1.2 Diinformasikan tentang kebijakan VOC di Indonesia, guru
dapat menjelaskan minimal 2 hak octroi VOC selama di
Indonesia.
4.1.3 Dengan media bagan tentang struktur pemerintahan, guru
dapat menjelaskan pengaruh budaya barat pada struktur
pemerintahan di Indonesia.
4.1.4 Diinformasikan tentang Konsep Politik Etis pemerintah
colonial pada awal abad 20 , guru dapat menjelaskan 2
bidang sasaran politik etis di Indonesia.
4.1.5 Diinformasikan tentang kebijakan tanam paksa pada masa
kolonialisme Belanda di Indonesia, guru dapat menjelaskan
minimal 2 kebijakan tanam paksa di Indonesia.
4.2 Menganalisis hubungan antara
perkembangan paham-paham baru
dan transformasi sosial dengan
kesadaran dan pergerakan
kebangsaan
4.2.1 Diinformasikan tentang perkembangan pergerakan nasional
, guru dapat menemukan minimal 2 kriteria kesadaran
nasional.
4.2.2 Diinformasikan lata belakang munculnya pergerakan
nasional, guru dapat menjelaskan sebab eksternalnya
4.2.3 Diinformasikan tentang Indische Partij, guru dapat
menjelaskan minimal 2 tokoh tiga serangkai.
4.2.4 Diinformasikan tentang Indische Partij, guru dapat


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
menjelaskan perubahan nama IP.
4.2.5 Diinformasikan tentang konsep nilai pada peristiwa
pergerakan nasional Indonesia, guru dapat mengidentifikasi
minimal 2 nilai pada peristiwa pergerakan nasional di
Indonesia.
4.2.6 Diinformasikan pengertian nasionalisme Indonesia, guru
dapat menjelaskannya.
4.3 Menganalisis proses interaksi
Indonesia-Jepang dan dampak
pendudukan militer Jepang
terhadap kehidupan masyarakat di
Indonesia
4.3.1 Diinformasikan kebijakan PM Koyso, guru dapat
menjelaskan minimal 2 alasan pendudukan Jepang di
Indonesia.
4.3.2 Diinformasikan jaman pendudukan Jepang, guru dapat
mengidentifikasi organisasi yang dibentuk pada masa
pendudukan Jepang di Indonesia.
4.3.3 Diinformasikan reaksi bangsa Indonesia terhadap
pendudukan Jepang, guru dapat menyebutkan minimal 2
orang tokoh-tokoh pergerakan nasional pada masa
pendudukan Jepang.
4.3.4 Diinformasikan tentang peristiwa menjelang proklamasi,
guru dapat menjelaskan tokoh yang memanggil Sukarno-
Hatta ke Dalat.
4.3.5 Diinformasikan tentang peristiwa menjelang proklamasi,
guru dapat menjelaskan alasan Sukarno-Hatta dibawa ke
Rengasdengklok.
4.3.6 Diinformasikan berakhirnya PD II bagi bangsa Indonesia,
guru dapat menjelaskan proses proklamasi kemerdekaan
bangsa Indonesia.


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
4.3.7 Diinformasikan agresi militer Belanda I, guru dapat
menyebutkan dua negara yang membantu perjuangan
Indonesia.
4.3.8 Diinformasikan agresi militer Belanda I, guru dapat
menjelaskan tokoh KTN 1947.
4.3.9 Ditampilkan gambar pemimpin pertempuran di Surabaya,
guru dapat menyebutkan minimal 2 orang tokoh
pertempuran Surabaya dengan benar.
5. Menganalisis sejarah dunia
yang mempengaruhi sejarah
Bangsa Indonesia dari abad ke18
sampai dengan abad ke-20
5.1 Membedakan pengaruh
Revolusi Prancis, Revolusi Amerika,
dan Revolusi Rusia terhadap
perkembangan pergerakan
nasional Indonesia
5.1.1 Diinformasikan tentang peristiwa sejarah dunia yang
berpengaruh terhadap pergerakan nasional, guru dapat
mengidentifikasi pengaruh Revolusi Perancis, Revolusi
Amerika, Revolusi Rusia pada pergerakan nasional Indonesia.
5.1.2 Diinformasikan pengaruh Revolusi Perancis terhadap
rakyatnya.
5.2 Menganalisis pengaruh
revolusi industri di Eropa
terhadap perubahan sosial,
ekonomi, dan politik di
Indonesia
5.2.1 Diinformasikan tentang Revolusi Industri di Eropa, guru
dapat mengidentifikasi minimal 3 aspek perubahan yang
berpengaruh di Indonesia.
5.2.2 Diinformasikan tentang Revolusi Industri di Eropa, guru
dapat menjelaskan karakteristik Revolusi Industri di Inggris.
6. Menganalisis perjuangan
bangsa Indonesia sejak
proklamasi hingga lahirnya Orde
Baru
6.1 Menganalisis peristiwa
sekitar Proklamasi 17 Agustus
1945 dan pembentukan
pemerintahan Indonesia
6.1.1 Diinformasikan peristiwa proklamasi, guru dapat
menyebut minimal 2 orang tokoh-tokoh yang menyusun teks
proklamasi.
6.1.2 Diinformasikan tenteks proklamasi, guru dapat
mengidentifikasi teks proklamasi yang autentik.
6.1.3 Diinformasikan peristiwa sekitar proklamasi, guru dapat


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
mengidentifikasi minimal 2 peristiwa sekitar proklamasi
kemerdekaan.
6.2 Menganalisis
perkembangan ekonomikeuangan
dan politik pada masa
awal kemerdekaan sampai tahun
1950
6.2.1 Diinformasikan tentang masa Agresi Belanda, guru dapat
mengidentifikasi kesulitan bidang ekonomi, keuangan, dan
politik dengan benar.
6.2.2 Diinformasikan tentang masa Agresi Belanda, guru dapat
menjelaskan terbentuknya PDRI.
6.3 Menganalisis perjuangan
bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kemerdekaan
dari ancaman disintegrasi bangsa
terutama dalam bentuk pergolakan
dan pemberontakan (antara lain:
PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz,
RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI)
6.3.1 Diinformasikan sekitar perundingan KMB, guru dapat
menyebutkan tokoh bangsa Indonesia yang terlibat dalam
perundingan KMB dengan benar.
6.3.2 Diinformasikan tentang upaya bangsa Indonesia
mempertahankan kemerdekaan, guru dapat menjelaskan
minimal 3 ancaman disintegrasi bangsa sampai tahun1959.
6.3.3 Diinformasikan tentang upaya bangsa Indonesia
mempertahankan kemerdekaan, guru dapat menjelaskan
bentuk pemerintahan sesudah Dekrit Presiden.
6.4 Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta
perubahan masyarakat di
Indonesia dalam upaya mengisi
kemerdekaan
6.4.1 Diinformasikan tentang upaya bangsa Indonesia
mempertahankan kemerdekaan, guru dapat menjelaskan
bentuk pemerintahan sesudah Dekrit Presiden.
7. Menganalisis perjuangan
sejak Orde Baru sampai dengan
masa reformasi
7.1 Menganalisis perkembangan
pemerintahan Orde Baru
7.1.1 Ditampilkan gambar demontrasi mahaguru tahun 1966,guru
dapat menjelaskan minimal 2 alasan terjadinya peristiwa
demonstrasi mahaguru tahun 1966.


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
7.1.2 Diinformasikan tentang Tritura, guru dapat menyebutkan isi
Tritura dengan benar.
7.1.3 Diinformasikan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar),
guru dapat menjelaskan minimal 2 isi Supersemar dengan
benar.
8.2 Menganalisis proses
berakhirnya pemerintah Orde Baru
dan terjadinya reformasi
8.2.1 Diinformasikan situasi politik berakhirnya pemerintah Orde
Baru,guru dapat mengidentifikasi minimal 2 factor penyebab
runtuhnya Orde Baru.
8.2.2 Diinformasikan situasi politik berakhirnya pemerintah Orde
Baru,guru dapat mengidentifikasi , guru dapat menjelaskan
kapan Soeharto turun sbg presiden.
8.3 Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta
perubahan masyarakat di
Indonesia pada masa reformasi
8.3.1 Diinformasikan perkembangan politik masa Reformasi, guru
dapat menjelaskan penyebab utama terjadinya reformasi
tahun 1998.
9. Menganalisis perkembangan
sejarah dunia sejak Perang
Dunia II sampai dengan
perkembangan mutakhir
9.1 Menganalisis perkembangan
sejarah dunia dan posisi
Indonesia di tengah perubahan
politik dan ekonomi internasional
setelah Perang Dunia II sampai
dengan berakhirnya Perang Dingin
9.1.1 Diinformasikan tentang konsep perang dingin, guru dapat
menjelaskan Negara-negara yang terlibat perang dingin
dengan benar.
9.2 Menganalisis perkembangan
mutakhir sejarah dunia
9.2.1 Diinformasikan tentang perkembangan mutakhir sejarah
dunia, guru dapat menjelaskan pengaruh globalisasi pada
kehidupan masyarakat Indonesia.
20. Menguasai materi, struktur, 20.1 Memahami materi, struktur, 20.1.1 Diinformasikan tentang materi, strktur, konsep, dan pola,


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran
sejarah
guru dapat mengidentifikasinyadengan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran sejarah dengan benar.
20.1.2 Diinformasikan tentang ilmu bantu sejarah, guru dapat
mengidentifikan dengan benar.
20.2Memahami substansi sejarah
meliputi pengetahuan sejarah
20.2.1 Guru dapat mengidentifikasi substansi sejarah yang
menyangkut pengetahuan dengan benar.
20.2.2 Diinformasikan tentang karakteristik historiografi, guru
dapat mengidentifikan.
20.2.3 Guru dapat mengidentifikasi substansi sejarah yang
menyangkut nilai.
20.2.4 Guru dapat mengidentifikasi substansi sejarah yang
menyangkut keterampilan dengan benar.
20.3Menunjukkan manfaat mata 20.3.1Guru dapat menunjukkan tujuan penulisan sejarah lisan.
pelajaran 20.3.2Guru dapat menunjukkan subyektivitas sejarah.
21. Menguasai
standarkompetensi dan
kompetensi dasarmata
pelajaran yang diampu
21..1 Mendeskripsikan hakikat
norma-norma, kebiasaan, adat
istiadat, peraturan, yang berlaku
dalam masyarakat
21.1.2 Menjelaskan hakikat dan arti
penting sejarah bagi warganegara
21.1.3 Menerapkan normanorma,
kebiasaan, adat istiadat dan
peraturan yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
21.2.1Menjelaskan makna
proklamasi kemerdekaan
21.2.2 Mendeskripsikan suasana
kebatinan konstitusi pertama
22. Mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu
secara kreatif
22.1 Memilih materi
pembelajaran yang diampu sesuai
dengan tingkat perkembangan
peserta didik.
22.1.1 Guru dapat memilih materi pembelajaran sejarah sesuai
dengan tingkat perkembangan peserta didik dengan tepat.
22.2 Mengolah materi
pelajaranyang diampu secara
kreatif sesuai dengan tingkat
perkembangan peserta didik.
22.2.1 Guru dapat mengorganisasikan materi pelajaran sejarah
secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik dengan tepat.
23. Mengembangkan
keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif.
23.1Melakukan refleksi terhadap
kinerja sendiri secara terus
menerus.
23.1.1 Guru dapat melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara terus menerus dengan tepat.
23.2Memanfaatkan hasil refleksi
dalam rangka peningkatan
keprofesionalan
23.2.1 Guru dapat memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
peningkatan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan
tepat.
23.3Melakukan penelitian tindakan
kelas untuk peningkatan
keprofesionalan
23.3.1 Guru dapat melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan
tepat.
23.4Mengikuti kemajuan zaman
dengan belajar dari berbagai
sumber.
23.4.1 Guru dapat mengikuti kemajuan zaman dengan belajar
dari berbagai sumber dengan tepat.
24.Memanfaatkan teknologi
informasidan komunikasi untuk
24.1Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalam
24.1.1 Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi
kepada peserta didik dengan benar.


Kompetensi Inti Guru (Standar
Kompetensi) Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
mengembangkan diri. berkomunikasi. 24.1.2 Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi
kepada teman sejawat dengan benar.
24.2Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk
pengembangan diri.
24.2.1 Guru dapat memanfaatkan TIK program Microsoft Wordd
dalam pengembangan diri dengan tepat.
24.2.2 Guru dapat memanfaatkan TIK program Microsoft Power
Point dalam proses pembelajaran sejarah untuk
pengembangan diri dengan tepat.
24.2.3 Guru dapat memanfaatkan TIK program Microsoft Excel
dalam pengolahan proses dan hasil belajar sejarah untuk
pengembangan diri dengan tepat.


Tidak ada komentar: