DAFTAR BERITA

Senin, 13 Februari 2012

KISI-KISI UJI KOMPETENSI AWAL GEOGRAFI SMA/MA/SMK/MAK

FORMAT KISI-KISI UJI KOMPETENSI AWAL -KISI UJI KOMPETENSI AWAL
Mapel: : GEOGRAFI
Satuan Pendidikan : SMA/MA/SMK/MAK
Kompetensi : Pedagogik

Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1. Menguasai karakteristik
peserta
didikdari aspek fisik,
moral, spiritual,
sosial,kultural,
emosional,dan
intelektual.
1.1 Memahami karakteristik peserta
didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual,sosialemosional,
moral, spiritual, dan
latar belakang sosial-budaya.
1.1.1 Disajikan cara guru membelajarkan peserta didik, guru
dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek sosial-emosional mata pelajaran
Geografi dengan benar
1.2 Mengidentifikasi potensi peserta
didik dalam mata pelajaran yang
diampu.
1.2.1 Disajikan tabel karakteristik materi, guru dapat
mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata
pelajaran Geografi dengan benar
2. Menguasai teori belajar
dan prinsip-prinsip
pembela-jaran yang
mendidik
2.2Menerapkan berbagai
pendekatan, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif dalam mata pelajaran
yang diampu.
2.2.2 Guru dapat memilih pendekatan pembelajaran yang
mendidik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
Geografi dengan benar
2.2.5 Dideskripsikan langkah-langkah pembelajaran, guru
dapat memilih model pembelajaran yang mendidik sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran Geografi dengan
benar
3. Mengembangkan
kurikulum yang terkait
dengan matapelajaran
yang di-ampu.
3.2Menentukan tujuan pembelajaran
yang diampu.
3.2.1 Disajikan Kompetensi Dasar geografi, guru dapat
menyusun tujuan pembelajaran mata pelajaran Geografi
dengan benar
3.6 Mengembangkan indikator dan
instrumen penilaian.
3.5.1Guru dapat menyusun indikator berdasarkan SK/KD
matapelajaran Geografi dengan benar


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
4. Menyelenggarakan
pembelajaran
yangmendidik.
4.1Memahami prinsipprinsipperancangan
pembelajaranyang mendidik.
4.1.1 Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip perancangan
pembelajaran (RPP) yang mendidik berdasarkan Permen
Diknas No. 41/2007 tentang standar Proses dengan benar.
4.3Menyusun rancangan
pembelajaran yang lengkap,
baikuntuk kegiatan di dalam kelas,
laboratorium, maupun lapangan.
4.3.1 Guru dapat menyusun rancangan pembelajaran (RPP)
yang mendidik berdasarkan Permen Diknas No. 41/2007
tentang standar Proses untuk kegiatan di dalam kelas
mata pelajaran Geografi dengan benar
4.4Melaksanakan pembelajaranyang
mendidik di kelas, di la-boratorium,
dan di lapangan dengan
memperhatikan standar keamanan
yang diper-syaratkan.
4.4.1 Guru dapat melaksanakan pembelajaran mata pelajaran
Geografi di dalam kelas sesuai dengan rancangan
pembelajaran (RPP) yang mendidik berdasarkan Permen
Diknas No. 41/2007 tentang standar Proses dengan benar
4.5Menggunakan media
pembelajaran dan sumber
belajaryang relevan dengan karakteristik
peserta didik dan
matapelajaran yang diampu
untukmencapai tujuan
pembelajaransecara utuh.
4.5.2 Guru dapat menggunakan sumber belajar yang relevan
dengan karakteristik peserta didik untuk mata pelajaran
Geografi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran
secara utuh dengan benar
5. Memanfaatkan teknologi
informasi
dankomunikasi
untukkepentingan pembelajaran.
5.1Memanfaatkan teknologi informasi
dan komunikasi dalampembelajaran
yang diampu.
5.1.1 Guru dapat memanfaatkan TI K dalam pembelajaran mata
pelajaran Geografi dengan benar
7. Berkomunikasi se-cara
efektif, empatik,dan
santun denganpeserta
didik.
7.1Memahami berbagai
strategiberkomunikasi yang
efektif,empatik, dan santun,
secaralisan, tulisan, dan/atau
7.1.1 Guru dapat memilih berbagai strategi berkomunikasi yang
efektif, empatik, dan santun, secaralisan dalam mata
pelajaran Geografi dengan benar


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
bentuklain.
8. Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar.
8.1Memahami prinsip-prinsip
penilaian dan evaluasi proses dan
hasil belajar sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran
yangdiampu.
8.1.1 Guru dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik
dalam mata pelajaran Geografi dengan benar
8.2Menentukan aspek-aspekproses
dan hasil belajar yangpenting untuk
dinilai dan die-valuasi sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran
yangdiampu.
8.2.1 Guru dapat menentukan aspek-aspek proses
pembelajaran yang penting untuk dinilai dan divaluasi
sesuai dengan karakteristik dalam mata pelajaran Geografi
dengan benar
8.3Menentukan prosedur
penilaiandan evaluasi proses dan
hasilbelajar.
8.3.1 Guru dapat menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
proses pembelajarandalam mata pelajaran
Geografidengan benar
8.3.2 Guru dapat menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
hasil belajar dalam mata pelajaran Geografi dengan benar
8.4Mengembangkan
instrumenpenilaian dan evaluasi
prosesdan hasil belajar
8.4.1 Guru dapat menyususun instrumen penilaian dan
evaluasi proses pembelajaran dalam mata pelajaran
Geografi dengan benar
8.5Mengadministrasikan
penilaianproses dan hasil belajar
secaraberkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen.
8.5.1 Guru dapat mengadministrasikan penilaian dan evaluasi
proses pembelajaran secara berkesinambungan dengan
mengunakan berbagai instrumen pada mata pelajaran
Geografi dengan benar
8.6Menganalisis hasil penilaianproses
dan hasil belajar untukberbagai
tujuan.
8.6.1 Guru dapat mengolah hasil penilaian proses
pembelajaran untuk berbagai tujuan dalam mata pelajaran
Geografi dengan benar
8.7Melakukan evaluasi prosesdan 8.7.1 Guru dapat melakukan evaluasi proses pembelajaran


Kompetensi Inti Guru
(Standar Kompetensi) (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata pelajaran
(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
hasil belajar. dalam mata pelajaran Geografi dengan benar
8.7.2 Guru dapat melakukan evaluasi hasil belajar dalam mata
pelajaran Geografi dengan benar
9. Memanfaatkan
hasilpenilaian dan evaluasi
untuk kepen-tingan
9.1Menggunakan informasi
hasilpenilaian dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan belajar
9.1.1 Guru dapat menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar dalam
mata pelajaran Geografi berdasarkan KKM
pembelajaran. 9.2Menggunakan informasi
hasilpenilaian dan evaluasi
untukmerancang program
remedialdan pengayaan.
9.2.1 Guru dapat menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dalam mata
pelajaran Geografi berdasarkan pedoman dari BNSP
9.3Mengkomunikasikan hasilpenilaian
dan evaluasi kepadapemangku
kepentingan
9.3.1 Guru dapat mengkomunikasikan hasil penilaian dan
evaluasi kepada pemangku kepentingan untuk mata
pelajaran Geografi dengan benar
10.2Memanfaatkan hasil refleksiuntuk
perbaikan dan pengembangan
pembelajaran dalammata pelajaran
yang diampu
10.2.1 Guru dapat memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan
dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran
Geografi dengan benar
10.3Melakukan penelitian
tindakankelas untuk
meningkatkankualitas pembelajaran
dalammata pelajaran yang diampu.
10.3.1 Guru dapat menyusun prososal PTK untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran mata pelajaran Geografi dengan
benar

Kompetensi : Profesional

Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial

Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
1. Memahami
konsep,
1.1 Menjelaskan konsep
geografi
1.1.1 Disajikan contoh fenomena geosfer, guru dapat menentukan konsep dasar
yang terkait dengan fenomena tersebut
pendekatan,
prinsip, dan aspek
1.1.2 Disajikan contoh fenomena geosfer, guru dapat mengidentifikasi objek studi
geografi
geografi 1.2 Menjelaskan pendekatan
geografi
1.2.1 Disajikan contoh fenomena geosfer, guru dapat mengidentifikasi
pendekatan geografi yang tepat utk mengkaji peristiwa tersebut
1.3 Menjelaskan prinsip
geografi
1.3.1 Memberikan contoh fenomena geosfer yang terkait dengan prinsip-prinsip
geografi
2. Memahami
sejarah
pembentukan
2.1 Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
2.1.1 Dengan menyebutkan beberapa teori-teori terbentuknya tata surya, guru
dapat membandingkan teori-teori
bumi 2.2 Mendeskripsikan tata surya
dan jagad raya
2.2.1 Dideskripsikan tentang planet-planet yang terdapat dalam tatasurya, guru
dapat menjelaskan karakteristiknya
3. Menganalisis
3.1 Menganalisis dinamika dan
kecenderungan perubahan
3.1.1 Dideskripsikan karakteristik suatu batuan, guru dapat menunjukan jenis bantuan
tersebut.
unsur-unsur
geosfer
litosfer dan pedosfer serta
dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
3.1.2 Diberikan tabel nama-nama batuan, guru dapat mengklasifikasi jenis batuan
3.1.3 Disajikan contoh fenomena bentuk permukaan bumi, guru dapat
Menjelaskan proses terbentuknya fenomena tersebut
3.1.4 Dideskripsikan aktivitas vulkanik, guru dapat membedakan material-material
yang dihasilkan
3.1.5 Mengidentifikasi karakteristik bentuk gunung api berdasarkan tipe letusan
3.1.6 Disajikan informasi tentang bencana alam, guru dapat mendeskripsikan
mitigasi bencana alam.
3.1.7 Disajikan contoh bentukan permukaan bumi, guru dapat menyebutkan jenis
tenaga eksogen pembentuknya.


Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
3.1.8 Dideskripsikan karakteristik tenaga eksogen, guru dapat memberikan contoh
bentukan yang dihasilkan
3.1.9 Disajikan informasi mengenai tanah di suatu wilayah yang berbeda tingkat
kesuburannya, guru dapat menganalisis faktor penyebabnya
3.1.10
3.1.11 Mendeskripsikan contoh bukti-bukti pergerakan lempeng tektonik
3.1.12Berdasarkan lokasi geologis, guru dapat menganalisis daerah-daerah di
Indonesia yang rawan terhadap bencana alam
3.1.13Dideskripsikan kondisi Indonesia yang rawan bencana, guru dapat
merekomendasikan solusi penanggulangan bencana alam
3.1.14 Mengidentifikasi faktor2 yg mempengaruhi proses pelapukan
3.1.15 Menganalisis upaya mempertahankan kesuburan tanah
3.2 Menganalisis atmosfer dan
dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
3.2.1 Mengidentifikasi karakteristik lapisan atmosfer
3.2.2 menentukan fenomena yg terjadi pd suatu lapisan atmosfer
3.2.3 Dideskripsikan jenis-jenis hujan, guru dapat menentukan lokasi terjadinya.
3.2.4 Dideskripsikan kondisi fisik Indonesia, guru dapat menganalisis jenis hujan di
Indonesia
3.2.5 Disajikan gambar-gambar awan, guru dapat menentukan jenis-jenis awan
3.2.6 Menentukan berbagai jenis angin
3.2.7 Disajikan gambar ketinggian wilayah, guru dapat menentukan jenis vegetasi
yang sesuai berdasarkan Junghun
3.2.8 Disajikan data ketinggian tempat dan suhu di permukaan laut, guru dapat


Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
menghitung temperaturnya.
3.2.9 Disajikan beberapa jenis penggunaan lahan, guru mengevaluasi jenis
penggunaan lahan yang memberikan sumbangan terbesar terhadap terjadinya
pemanasan global.
3.3 Menganalisis hidrosfer dan
dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
3.3.1 Menganalisis faktor yg mempengaruhi infiltrasi
3.3.2 Disajikan fenomena morfologi wilayah, guru dapat menentukan pola aliran
sungai di wilayah itu.
3.3.3 Mengidentifikasi karakteristik morfologi dasar laut berdasarkan kedalamannya
1. Menganalisis
fenomena biosfer
dan antroposfeR
1.2 Menganalisis sebaran
hewan dan tumbuhan
1.2.1Mengidentifikasi unsur2 yg mempengaruhi persebaran flora & fauna
1.2.2Menjelaskan persamaan/perbedaan hewan di beberapa wilayah
1.2.3Disajikan contoh-contoh hewan, guru dapat mengidentifikasi jenis hewan
berdasarkan wilayah persebarannya ( bagian Barat, peralihann, dan timur)
1.4 Menganalisis aspek
kependudukan
1.4.1 Mendeskripsikan rasio jenis kelamin
1.4.2 Disajikan data penduduk berdasarkan umur, guru dapat menghitung angka
beban ketergantungan
1.4.3 Disajikan informasi atau gambar piramida penduduk, guru dapat
mendeskripsikan karakteristik piramida tersebut
1.4.4 Disajikan cara pengumpulan data penduduk, guru dapat mengidentifikasi
karakteristik cara pengumpulan data tersebut
1.4.5 mengidentifikasi faktor-faktor natalitas/mortalitas suatu wilayah
1.4.6 Dideskripsikan berbagai permasalahan penduduk di Indonesia, guru
merekomendasikn cara mengatasi permasalahan tersebut
1.4.7 Menjelaskan faktor-faktor terjadinya transisi demografis
2. Memahami
Sumber Daya
2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis
Sumber Daya Alam
2.2.1 Dideskripsikan klasifikasi sumber daya alam, guru dapat memberikan
contoh sumber daya alam tersebut


Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
Alam 2.3 Menjelaskan pemanfaatan
Sumber Daya Alam secara
arif
2.3.1 Dideskripsikan contoh pemanfaatan sumber daya alam, guru dapat
menjelaskan bahan dasar yang digunakan
3. Menganalisis
pemanfaatan dan
pelestarian
lingkungan hidup
3.1 Mendeskripsikan
pemanfaatan lingkungan
hidup dalam kaitannya
dengan pembangunan
berkelanjutan
3.1.1 Dideskripsikan kegiatan pemanfaatan lingkungan hidup, guru dapat
memberikan contoh perilaku kearifan lokal dalam rangka pembangunan
berkelanjutan
1. Mempraktikkan
keterampilan
dasar peta dan
pemetaan
1.1 Mendeskripsikan prinsipprinsip
dasar peta dan
pemetaan
1.1.1 Dideskripsikan objek pada peta, guru dapat menjelaskan jenis simbol yang
digunakan untuk menggambarkan objek pada peta
1.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar peta dan
1.2.1 Menghitung jarak sebenarnya dipermukaan bumi dgn memperhatikan skala
peta
pemetaan 1.2.2 Menentukan jenis proyeksi yang sesuai untuk menggambarkan suatu
wilayah di permukaan bumi
1.2.3 Menentukan cara mengukur azimuth pada sebuah titik di permukaan bumi
1.2.4 Dideskripsikan peta suatu wilayah, guru dapat menjelaskan cara
menggambarkan sebagian wilayah yang dipetakan pada peta tersebut
1.2.5 Disajikan peta kontur suatu wilayah, guru dapat menginterpretasi bentuk
muka bumi tersebut
1.3 Menganalisis lokasi industri
dan pertanian dengan
1.3.1 Dideskripsikan relokasi industri yang terjadi dari negara maju ke negara
berkembang, guru dapat menganalisis dampaknya
memanfaatan peta 1.3.2 Diberikan contoh industri tertentu, guru dapat menganalisis faktor-faktor
yang menentukan lokasi industri tersebut
2. Memahami
pemanfaatan citra
2.1 Menjelaskan pemanfaatan
citra penginderaan jauh
2.1.1 Dijelaskan berbagai macam jneis citra, guru dapat menjelaskan
pemanfaatannya dalam kehidupan
penginderaan jauh 2.1.2 Dideskripsikan unsur-unsur interpretasi citra, guru dapat menginterpretasi


Kompetensi Inti
Guru (Standar
Kompetensi)
Guru (Standar
Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata
pelajaran(Kompetensi Dasar) Indikator Esensial
dan Sistem
Informasi Geografis
(SIG)
suatu objek di muka bumi
2.1.3 Dijelaskan objek-objek di permukaan bumi, guru dapat menginterpretasi
jenis kenampakan tersebut melalui interpretasi citra
2.2 Menjelaskan pemanfaatan
Sistem Informasi Geografis
(SIG)
2.2.1 Disajikan beberapa peta tematik, guru dapat merencanakan pembangunan
suatu wilayah
3. Menganalisis
wilayah dan
3.1 Menganalisis pola
persebaran, spasial,
3.1.1 Disebutkan pola-pola pemukiman penduduk, guru dapat menganalisis
faktor –faktor yang mempengaruhi pola pemukiman tersebut
pewilayahan hubungan, serta interaksi
spasial antara desa dan
kota
3.1.2 Menganalisis faktor penyebab terjadinya urbanisasi di Indonesia
3.2 Menganalisis kaitan antara
konsep wilayah dan
pewilayahan dengan
perencanaan
pembangunan wilayah
3.2.1 Menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan bahwa suatu wilayah
dijadikan sebagai pusat pertumbuhan
3.2.2 Membedakan ciri negara maju dan berkembang
3.3 Menganalisis wilayah dan
pewilayahan negara maju
dan berkembang
3.3.1 Disajikan beberapa negara, guru dapat mengidentifikasi negara-negara
maju/berkembang


Tidak ada komentar: