DAFTAR BERITA

Sabtu, 21 Januari 2012

PTPN VII GELAR LOMBA KARYA TULIS


 PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VII (Persero) menggelar lomba karya tulis. Perlombaan ini dalam rangka HUT ke-16 PTPN VII. Sejak tahun 2009, PTPN VII setiap merayakan HUT menggelar lomba karya tulis. Pada perlombaan kali ini, panitia menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp 70 juta.

Kaur Humas PTPN VII Sandri R Kamil mengatakan, tujuan digelarnya perlombaan ini untuk mencari masukan dari masyarakat tetang peran fungsi dan kiprah PTPN VII. Selain itu, meningkatkan komunikasi sinergis antara PTPN VII (Persero) dan masyarakat.

Perlombaan ini digelar untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat atas atensi mereka kepada PTPN VII, dan mendorong minat dan bakat menulis dibidang perkebunan sebagai objek penulisan,” kata Sandri.

Tahun ini lomba penulisan dibagi menjadi enam (6) katagori dengan tema yang tetapkan. Tema tersebut bukan judul, karya tulis brupa kajian dengan judul dan uraian yang spesifik,” ujarnya.

Untuk katagori pelajar SMP dan sederajat, temanya yakni menulis surat kepada teman yang berada di daerah lain (selain Lampung, Sumsel, Bengkulu), yang menceritakan tentang aktivitas di kebun atau pabrik PTPN VII (Persero).

Katagori Pelajar SLTA dan sederajat, dengan tema kebun PTPN VII (Persero) sebagai contoh budidaya (transfer teknologi) perkebunan bagi masyarakat. Sedangkan untuk katagori Mahasiswa tema yang ditetapkan yakni Keseiapan PTPN VII (Persero) Menjadi Perusahaan Terbuka (Go Publik).

Sementara untuk katagori umum tema yang diusung yakni Mencari Format CSR yang Ideal. Dan untuk katagori Jurnasil (media cetak dan online) temanya bebas, berbasis liputan di wilayah PTPN VII (persero) dan tulisan hasil liputan tersebut sudah dimuat di media.

Sedangkan, untuk katagori pekerja PTPN VII tema yang diusung Menyuseskan tahun Capital Driven dengan Optmalisasi Sumberdaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti lomba ini, dapat mengirim karya tulisnya dalam bentuk hardcopy (naskah) yang disertai sofcopy dalam compct dist atau flasdish. Atau naskah dikirim langsung melalui Pos ke Panitia Lomba Penulisan PTPN VII dengan alamat:
Bagian Humas Kantor Direksi, Jalan Teuku Umar No. 300 Bandar Lampung.

Syarat panjang tulisan bagi katagori SMP dan SMA minimal 4.000 karakter dan maksimal 6.000 karakter. Sedangkan untuk katagori mahasiswa, jurnalis, umum, dan pekerja minimal 6.000 karakter dan maksimal 10.000 karakter. Diketik menggunakan Microsof Opffice jenis huruf Time News Roman 12 poin, spasi 1,5.

Peserta lomba tercatat sebagai penduduk provinsi Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu (dibuktikan dengan kartu identitas KTP/SIM). Dan bagi pekerja PTPN VII hanya diperkenankan mengikuti lomba pada katagori pekerja. Tuliasn merupkan karya orisinal dan belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba sejenis. Karya tulis yang ikutkan dalam lomba menjadi milik panitia. Panitia akan mencetak kumpulan karya pemenang menjadi buku.

"Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” papar Sandri.

Untuk pengiriman naskah, kata Sandri, diterima dari tanggal 15 Januari sampai tanggal 25 Februari 2012 (cap pos). Penjurian dilakukan pada 1-6 Maret dan pengumuman pemenang melalui media pada tanggal 7-8 Maret 2012. Dan penyerahan hadiah bersamaan dengan resepsi HUT ke-16 PTPN
VII pada tanggal 11 Maret 2012. (REL-HUMAS PTPN VII)

Tidak ada komentar: