DAFTAR BERITA

Sabtu, 02 Maret 2013

Survei Puskaptis-Indomatrik:Ganteng dan Gusman Bersaing


INFO TABAGSEL.com-Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur sumatera Utara nomor urut 5,Gatot Puji Nugroho -Tengku Erry Nuradi (Ganteng) dan Pasangan nomor urut 1, Gus Irawan Pasaribu - Soekirman (Gusman) akan bersaingketat dalam Pilkada sumut yang digelar 7 Maret mendatang.

Berdasarkan Hasil survei yang dilakukan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) dan Indomatrix, Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi memperoleh elektabilitas tertinggi yakni 33,49 persen.

Dari lima pasangan calon, dua pasangan calon di antaranya berpeluang menjadi jawara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Utara. Dua pasangan calon itu adalah, Gatot Puji Nugroho yang berpasangan dengan Tengku Erry Nuradi dan Gus Irawan Pasaribu yang berduet dengan Soekirman.Gus Irawan Pasaribu- Soekirman, yang meraih elektabilitas sebesar 26,48 persen berada diperingkat 2.

"Persaingan di Pilkada Sumut bakal berlangsung seru. Gus Irawan unggul di enam wilayah yakni Asahan, Karo, Labuhan Selatan, Langkat, Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah. Sedangkan Amriunggul di Nias Utara. Selebihnya 26 kabupaten/kota dikuasai oleh Gatot," Direktur Puskaptis, Husin Yazid

Sedangkan responden yang belum menentukan pilihannya, ungkap Husin, mencapai 12,98 persen. Menurutnya, kenapa Gatot masih unggul, karena responden yang disurvei menganggap Gatot-Tengku memiliki kinerja bagus dan mampu menciptakan lapangan kerja. Husin juga mengatakan, berbeda dengan Pilkada di Jawa Barat yang pemilihnya homogen, di Sumut pemilihnya cenderung heterogen yang beragam etnik, budaya dan agama.

"Inilah uniknya Pilkada Sumut yang pemilih tidak begitu mempersoalkan masalah perbedaan agama atau etnik. Jika pemilih yang belum menentukan pilihan memberikan suara pada 7 Maret mendatang, maka bisa saja Pilkada Sumut berpotensi 1 putaran dengan perolehan suara 30 persen plus 1," kata dia.


Survei yang dilakukan sejak 24-28 Februari lalu diadakan di 33 kabupaten/kota dengan 1.250 responden, margin error 2,8 persen dengan teknik multistage random sampling. Survei juga dilakukan dengan sistem tatap muka.

Tidak ada komentar: