DAFTAR BERITA

Rabu, 13 Februari 2013

Suswono: Impor Daging Sapi Sudah Sesuai Roadmap


INFO TABAGSEL.com- impor daging sapi tahun 2013 sudah ditetapkan pada Desember 2012. Sedangkan untuk 2014, didasarkan pada peta jalan (roadmap) yang diputuskan dalam rapat koordinasi di bawah Kementerian Koordinator Perekonomian. Jika diperlukan impor tambahan, akan dibahas lebih lanjut.

Menteri Pertanian Suswono menyampaikan hal tersebut dalam keterangan persnya, seusai diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Presiden, Rabu (13/2) siang.

Menurut Suswono, dalam audiensi tadi, Presiden SBY meminta keterangan dan penjelasan utuh terkait duduk permasalahan impor daging sapi yang melibatkan kementeriannya tersebut. "Surat tertulisnya sudah saya sampaikan dan secara lisan tadi kami sampaikan secara detailm” kata Suswono.

Dari segi kebijakan, lanjut Mentan, regulasi terkait swasemaba daging sapi 2014 sudah sangat jelas. "Roadmapjuga sudah ada dan tentu kita mengacu kepada roadmap yang sudah ditetapkan. Dari sisi kebijakan maupun regulasi, tidak ada yang menyimpang," Suswono menambahkan.

Dalam soal kuota impor, termasuk alokasinya, juga sudah ditetapkan. “Dari sisi kuota, diputuskan pada rapat Menko yang tentu saja data awalnya disampaikan oleh Kementerian Pertanian tentang berapa kemampuan produksi dalam negeri," Mentan menjelaskan.

Mengenai penjatahan importir, Suswono menjelaskan setiap importir harus sudah terdaftar di Kementerian Perdagangan. “Baru dari situ alokasi untuk industri, restoran, dan katering, dan sapi Bangkalan dibicarakan bersama oleh tiga kementerian dibawah koordinasi Kemenko Perekonomian, yaitu Kemenperin, Kemendag, dan Kemenpan," ujar Mentan.

Jika diperlukan impor tambahan, hal tersebut akan dibahas lebih lanjut. Kementan, ujar Suswono, sudah menulis surat kepada Menko Perekonomian pada 22 Januari lalu. Isinya, soal kesanggupan daerah sentra-sentra sapi untuk menyuplai kebutuhan daging bagi Jabotabek. Sehingga impor tambahan belum diperlukan.

"Kecuali nanti kalau daerah mangkir dari apa yang sudah disepakati. Bulan ini akan ada penandatanganan antara pemerintah DKI Jakarta dengan daerah-daerah sentra sapi,” kata Suswono.

Terkait dengan kasus suap impor daging sapi yang sekarang sedang diselidiki oleh KPK, Mentan menjelaskan bahwa proses hukum harus dihargai. Pada akhir keterangan persnya, Menteri Suswono mengatakan bahwa Presiden memintanya tetap bekerja seperti biasa.

Tidak ada komentar: