DAFTAR BERITA

Selasa, 19 Februari 2013

Ibu Negara Serahkan Kapal dan Rumah Pintar untuk Pulau Terdepan

INFO TABAGSEL.com-bu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Herawati Boediono menyerahkan Kapal Pintar, Mobil Pintar, Motor Pintar, dan meresmikan Rumah Pintar untuk berbagai daerah di Indonesia. Acara ini berlangsung di Markas Komando Lintas Laut Militer (Mako Kolinlamil) TNI-AL, Jakarta Utara, Selasa (19/2) pukul 09.00 WIB.


Total ada 3 unit Kapal Pintar, 4 unit Mobil Pintar, dan 1 unit Motor Pintar yang diserahkan. Semua atas kerja sama Bank BRI, BNI, dan Bank Mandiri. Sedangkan Rumah Pintar (Rumpin) yang diresmikan berjumlah 26 unit, bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Kemendikbud dan PT Indofood.

Dalam sambutannya, Ibu Ani menjelaskan penyerahan dan peresmian ini merupakan salah satu bentuk perwujudan program Indonesia Pintar. Program ini merupakan salah satu dari lima pilar visi dan misi SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu). Pilar lainya adalah Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif, dan Indonesia Peduli.

"Salam dari Bapak Presiden SBY, beliau memberikan apresiaisi yang tinggi kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian begitu besar pada anak-anak dan masyarakat Indonesia, utamanya mereka yang tinggal di pulau terdepan dan remote area di Indonesia," kata Ibu Negara.

Dengan penyerahan dan peresmian ini, lanjut Ibu Ani, akan melengkapi sarana pendidikan yang sudah ada. "Pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Dengan makin banyak paritsipasi dan kepedulian dari masyarakat, insya Allah upaya kita untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia dapat terwujud dengan lebih cepat lagi." ujar Ibu Ani.

Ke 26 Rumpin yang diresmikan tersebar di Manado, Medan, Aceh, Biak, Kupang, dan Solok. Ada 4 unit Rumpin di Riau, 6 Rumpin di Sumatera Selatan, 4 Rumpin di Kalimantan Barat, 1 Rumpin di Kalimantan Timur, dan 1 unit Rumpin di Sumatera Selatan.

Sedangkan untuk Kapal Pintar, untuk masyarakat Kepulauan Riau, Perairan Sumatera Selatan, dan Perairan Sorong. 4 unit Mobil Pintar kerja sama dengan Kemenhan akan disebar di Sabang, Marauke, Rote, dan Tahuna. Lalu, 1 unit Motor Pintar kerja sama dengan BNI akan dimanfaatkan di Miangas.

Ibu Ani kemudian menandatangani prasasti peresmian Rumah Pintar. Acara dimeriahkan dengan tari-tarian sejumlah daerah seperti Papua dan tari Saman dari Aceh. Sebelum meninggalkan tempat acara, Ibu Negara menguji coba Kapal Pintar dan meninjau Mobil dan Motor Pintar.

Hadir dalam acara ini Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Pendidikand dan Kebudayaan Mohammad Nuh, dan seluruh anggota SIKIB. Tampak pula isteri Gubernur DKI Jakarta Irina Joko Widodo

Tidak ada komentar: