DAFTAR BERITA

Minggu, 12 Mei 2013

Nawaz Sharif klaim partainya menangi pemilu Pakistan

Nawaz Sharif menyakini partainya akan muncul sebagai pemilik kursi terbanyak di parlemen


Meski belum ada pengumuman resmi, mantan PM Pakistan,Nawaz Sharif bersama pendukungnya dari Partai Liga Muslim mengklaim berhasil memperoleh suara terbanyak dalam pemilu parlemen Pakistan yang berlangsung hari Sabtu (11/05).

Sejumlah media yang memunculkan hasil pemilu Pakistan berdasar penghitungan di sebagian kawasan telah menunjukan partai pimpinan Sharif memimpin jauh.


Dan berdasar laporan itulah Sharif mengklaim kemenangannya.

"Kita harus bersyukur kepada Allah bahwa Dia telah memberikan kesempatan lagi kepada PML-N (Liga Muslim) untuk melayani anda dan Pakistan," kata Sharif dalam pidato di kantor pusat partainya.

"Saya mengajak semua partai untuk duduk satu meja bersama saya dan memecahkan persoalan di negara ini."

Laporan hasil penghitungan di sebagian wilayah menunujukan Liga Muslim mampu meraih 100 kursi dari 272 kursi yang ada di parlemen.

Kemenangan Sharif sejauh ini memang baru jelas terlihat di Provinsi Punjab yang jumlah penduduknnya mencapai 60 persen dari jumlah penduduk negara itu.

Untuk mengamankan posisinya dia harus mampu menguasai tiga provinsi lain yang jumlah penduduknya lebih kecil.

Wartawan BBC di Pakistan, Owen Bennett Jones mengatakan kalaupun nantinya Liga Muslim hanya mendapat 90 kursi maka dia masih akan mampu untuk menggalang sebuah koalisi di parlemen.
Kasus kekerasan

Pemilu kali ini bagi warga Pakistan harus mampu menjadi transisi dari pemerintahan satu ke pemerintahan lainnya.

Laporan menunjukan warga yang datang untuk memberikan suaranya jumlahnya cukup besar namun sayangnnya kasus kekerasan sepanjang hari kemarin masih terjadi di beberapa lokasi pemilihan.

Di Karachi, Taliban Pakistan mengatakan mereka telah menanam bom yang kemudian meledak dan menewaskan sebelas orang serta melukai 40 orang lainnya. 


Bom itu menurut laporan berada di luar kantor Partai Nasional Awami.

Serangan juga dilaporkan terjadi di Balochistan dan di barat laut Peshawar.

Dalam pemilu kemarin komisi pemilihan umum juga memperpanjang waktu pemungutan suara selama satu jam di seluruh wilayah.

Komisi pemilihan mengatakan mereka berharap pemilih yang memberikan suaranya bisa mencapai 60-80 persen. Dalam pemilu sebelumnya di tahun 2008 pemilih yang memberikan suaranya hanya 44 persen dari jumlah keseluruhan.

Tidak ada komentar: