DAFTAR BERITA

Selasa, 22 Januari 2013

Pilgubsu 2013,Polda Sumut Kerahkan 14.573 Personel

INFO TABAGSEL.com-Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengerahkan 14.573 personel untuk mengamankan proses pemungutan suara dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur setempat.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Raden Heru Prakoso di Medan, Selasa, mengatakan jumlah personel itu akan dibantu 2.700 prajurit TNI dan 52.886 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk mengamankan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang berjumlah 26.443 TPS.

Berdasarkan lokasi TPS dan potensi konflik, pihaknya mengkategorikan tiga pola pengamanan dalam pilkada Sumut yakni Rawan 1, Rawan 2, dan Aman.

Daerah yang dikategorikan Rawan 1 adalah TPS yang berada jauh dari kantor polisi sehingga sulit dijangkau dan diprediksi memiliki potensi konflik yang cukup besar.

Selain itu, masyarakat yang berada di sekitar TPS tersebut juga dinilai kurang kooperatif sehingga memperbesar potensi muncul konflik dan peristiwa yang tidak diinginkan.

Untuk lokasi Rawan 1 itu, pihaknya menerapkan pola 1:1:2 atau satu polisi menjaga satu TPS dibantu dua petugas Linmas dan pola 1:2:4 atau satu polisi menjaga dua TPS dibantu empat petugas Linmas.

Kemudian, daerah Rawan 2 yakni TPS yang lokasi tidak terlalu jauh dari kantor polisi tetapi pernah terjadi konflik dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk kategori tersebut, pihaknya menerapkan pola 1:3:6 atau satu polisi menjaga tiga TPS dibantu enam petugas Linmas atau pola 1:4:8 atau satu polisi menjaga empat TPS dibantu delapan petugas Linmas.

Sedangkan lokasi Aman adalah TPS yang berada dekat kantor polisi dan daerahnya cukup kondusif karena tidak pernah mengalami konflik.

Untuk kategori itu, pihaknya akan menerapkan pola 1:5:10 atau satu polisi menjaga lima TPS dibantu 10 petugas Linmas atau 1:6:12 atau satu polisi menjaga enam TPS dibantu 12 petugas Linmas.

Personel pengamanan tersebut juga akan dikerahkan dalam tahapan kampanye yang akan dimulai pada 18 Februari 2013.

Tidak ada komentar: